Aku Bisa Makan Sendiri!

by - 3:05 PM


Makan sendiri usia 1 tahun 3 bulan.

Anak² itu belajar dengan melihat lalu menirunya. Termasuk dalam hal makan. Dudukkan anak di depan kita saat kita makan, walaupun dia mangap bahkan ngences. Ketika dia akan mulai MPASI, insyaAllah dia akan excited. Alhamdulillah, pengalaman kedua  anakku sih begitu. Sesekali boleh pinjamkan sendok dan mangkok untuk dia mengenal alat makan lebih dulu.

Banyak yang sudah mengenal metode BLW (Baby Led Learning), yaitu bayi ketika mulai MPASI sudah memegang dan makan sendiri. Menurut saya sih metode ini cocok-cocokan ya.. Nah, buat kedua anak saya tidak pas untuk BLW ketika MPASI awal. Untuk materi seputar BLW bisa klik disini.

Alhamdulillah, perjalanan MPASI Aal mulai dari 6 bulan sampai 12 bulan berjalan lancar. Usia 1 tahun sudah bisa makan makanan keluarga yang tanpa blender lagi, sudah seperti makanan dewasa. Sebelum 1 tahun pun sudah mulai belajar makan sendiri.. Kadang dia menolak untuk disuapin, "Aay akan syendili.. (Aal makan sendiri..)", katanya.

Belajar pakai sumpit usia 1 tahun 7 bulan.

Menikmati spagetti.

Menikmati roti.

Tiap anak berbeda-beda.. Just enjoy every moment with our baby.. Cari tau dan coba, anak kita ini maunya gimana. Mau makan sendiri kah? Yuk BLW. Atau dicobain BLW tapi malah gagal fokus, ok disuapin dulu.. Yang penting kita sama² belajar untuk makan, untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh dam hidup kita. Tapi ingat! Harus dengan suasana yang menyenangkan, nyaman, dan hindari pemaksaan.. 😘😘

#Aal1Tahun

You May Also Like

0 comments