Memulai Game Melatih Kemandirian Anak

by - 5:21 PM

Target

Alhamdulillah, masuk tantangan 10 hari di game level 2 kuliah Bunda Sayang IIP. Materinya menarik, "Melatih Kemandirian Anak", silahkan lihat review materi disini.

Mempertimbangkan target untuk dilatih kemandiriannya dan saya pilih anak sholeh ganteng, baik hati, dia Muhammad Al Fatih (Aal) namanya, usia 3 tahun 8 bulan. Aal termasuk anak yang sudah mandiri di usianya menurut saya. Dia sudah bisa membereskan mainan setelah bermain, merapikan buku setelah dipakai, meletakkan handuk setelah mandi, meletakkan piring/gelas kotor ke westafel, membuka celana sendiri (kalau baju masih suka kesulitan dan masih dibantu), gosok gigi sendiri, pakai baju dan celana sendiri, makan sendiri (walau masih sering disuap karena dia harus penuhi gizi untuk pemulihan batuk alerginya), dll.

Untuk itu, list target kemandirian Aal yang belum tercapai dan ingin tercapai dalam waktu sebulan ini adalah:
1. Membuka baju dan mandi sendiri
2. Menyisir rambut sendiri
3. Menuang air minum sendiri
4. Merapihkan tempat tidur

Selain melatih anak yang mandiri, mamaks juga harus konsisten nih dalam melatih. hehe. Bismillah, semangat!

Hari ini adalah hari pertama dari minggu pertama pelatihan. Ketika akan mandi pagi, dia sudah mulai inisiatif membuka bajunya sendiri. Lengan kiri berhasil dia lepas, lengan kanan masih kesangkut dan minta bantuan. Hehe. Saya kasih tau cara melepasnya dengan mudah dan dia lanjutkan melepaskan bagian leher baju kaosnya. Tantangannya adalah...karena dia masih setengah sadar dari bangun tidurnya.. Jadi kadang dia kurang sabar kalau tangannya nyangkut. Tidak apa2 nak, besok2 kita coba lagi yah... 😘

Mandi sendiri, entah ini terlalu cepat atau gimana, tapi Aal sangat menikmati ini. Bahkan dia tidak membolehkan saya membantunya.. "Biar Aal...biar Aal...", hehee. Saya dampingi saja dia mandi sendiri, dan saya siram2. Dia pikir bermain air, padahal saya membantu membilas sabun di rambut dan badannya yang belum bisa dia tuntaskan sendiri. Ya dia fun, tidak merasa saya bantu..

Nikmati proses, sabar dan dampingi anak belajar mandiri dengan suka cita.. InsyaAllah bisa.. 😊

#harike1
#Tantangan10Hari
#Level2
#KuliahBunSayIIP
#MelatihKemandirian

Salam,
Juli Yastuti.

You May Also Like

0 comments