Berkenalan Dengan Perpustakaan Umum Masjid Jabal Arafah

by - 4:38 PM

Di depan pintu masuk perpustakaan.
Gara-gara postingan di blog Mam Erli tentang krucilsnya mbrasak ke Perpustakaan Umum Masjid Jabal Arafah, saya pun jadi pengen. Sebenarnya sudah lama ingin sekali bawa anak-anak mengenal perpustakaan dan sudah lama juga tau adanya Perpustakaan Umum Masjid Jabal Arafah, cuma memang belum kesampaian untuk berkunjung. Alhamdulillah, hari itu kesampaian juga kesana bersama tetangga seperjuangan beserta anak-anaknya.

Lokasi perpustakaan di dalam Masjid Jabal Arafah di bagian luar tempat sholat, tepat di atas kolam ikan. Meskipun perpustakaan ini sudah diresmikan sejak tahun 2013, ternyata masih banyak teman-teman yang belum tahu tentang keberadaan perpustakaan umum ini. Tempatnya nyaman dan bersih. Memasuki ruangan perpustakaan, kita mengisi buku kunjungan lebih dulu untuk meninggalkan jejak. Tersedia juga lemari khusus untuk meletakkan barang-barang yang ingin dititipkan (bukan barang berharga).

Lemari penitipan barang.

Menghadap ruang jaga pustakawan.

Rak buku tersusun rapi.

Anak-anak semangat dan celingukan mencari rak buku bacaan khusus anak-anak. Sejak mereka bayi, kami memang membiasakan anak-anak berkegiatan dengan buku, ikhtiar kami agar mereka suka dan cinta sama buku. Selama ini mereka seringnya hanya ke toko buku saja, kadang Aal suka sebel karena banyak buku yang masih disegel alias diplastikin, padahal dia mau buka dan lihat isinya. Hehehe.

Quote favorit saya.

Ketika Aal bertanya, "Apa itu perpustakaan?" lalu saya menjawab dengan sederhana, "perpustakaan adalah tempat yang di dalamnya banyak koleksi buku-buku yang bisa kita lihat dan kita baca."

Rak buku anak-anak atau Kids Row terletak di pojokan ruangan, dilengkapi dengan kursi membaca untuk anak-anak juga. Anak-anak semangat ngubek rak dan mencari buku yang ingin mereka lihat dan baca. Senang sekali melihat mereka antusias dengan buku-buku.

Kids Row di pojokan ruangan.

Aal dan Maryam memburu buku.

Anak-anak antusias membaca buku, Maryam cuma bolak balik saja, hehee.

Bukunya bagus-bagus, rasanya banyak juga yang ingin saya bawa pulang, hehe. Topik bukunya variatif, ada yang tentang sains, ensiklopedia, sejarah, dan tentunya tentang Islami untuk anak-anak. Pasti anak-anak pada betah disini..

Tidak hanya untuk anak-anak, koleksi buku-buku untuk yang dewasa juga banyak sekali. Ada tentang Islami, psikologi, parenting, teknologi, ekonomi, hobi, bahasa, dan banyaaak lagi. Di Perpustakaan Umum Masjid Jabal Arafah juga dilengkapi oleh beberapa unit komputer PC dengan akses internet yang bisa dipakai oleh pengunjung. Lengkap, yah..

Tempat duduk santai sambil membaca.

Ada sofa juga untuk membaca sambil bersandar.

Fasilitas komputer PC dengan akses internet untuk digunakan pengunjung perpustakaan.

Aturan penggunaan komputer.

Perpustakaan Umum Masjid Jabal Arafah buka setiap hari, mulai pagi jam 09.00 WIB sampai malam jam 20.00 WIB. Yuk ajak anak, sahabat dan keluarga mengunjungi perpustakaan umum.


Perpustakaan Masjid Jabal Arafah

Lokasi: Jl. Imam Bonjol no. 1 - Nagoya, Lubuk Baja Kota, Lubuk Baja, Batam, Kepri 29444
Email: info@masjidjabalarafah.com

Juli Yastuti

You May Also Like

8 comments

  1. Aku kemaren kemari, rencana mau buat tulisan, eh tapi ga sempat foto banyak, krn udah mau magriban dan masih ada rute lain yg mau dijajaki. enak ya tempat nya, ziya ga pengen balik,

    ReplyDelete
  2. Pernah mampir sini, perpusatakaannya keren, asyik dan nyaman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bang,sayangnya msh banyak yang belum tau..

      Delete
  3. Wah reviewnya lengkap, aku ga sempat ngambil foto sekeren itu 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah jangan bgtu mbak, kita bergandengan tangan saling melengkapi... ❤

      Delete
  4. Woa jadi penasaran pingin kesana😍 terimakasih mba ceritanya

    ReplyDelete