Buku, Gadget dan Buku Lagi

by - 3:55 AM



Setiap malam sebelum tidur, aktifitas kami adalah bersama buku. Buku apa saja yang Aal mau.. Malam ini Aal maunya buku Kamus Ideal Grammar and Conversation. Hahaha, berat.. Ini buku pemberian Kakeknya. Buku sederhana tapi bermanfaat banget untuk Aal.


Isinya buanyak banget.. Sebenarnya sih ini kamus bergambar, segala benda yang ada di sekitar seperti rumah, alat sekolah, pekerjaan, transportasi, olahraga, makanan, tumbuhan, binatang, ada juga angka, abjad, warna dan banyak lagi. Aal lagi suka banget membahas buku ini, dia tunjuk dan bertanya ke saya, "Umi, ini apa? Ini apa?", tanyanya.





Banyak yang bisa Aal pelajari dari buku ini, salah satunya membantu saya untuk mengenalkan berbagai macam pekerjaan atau profesi pada Aal. Selain itu juga mengenalkan beberapa jenis olahraga, siapa tau ada yang menarik minatnya. Kalau ada yang ingin dia ketahui lebih, biasanya saya perlihatkan video di Youtube. Itu karena dia terus bertanya, "Itu gimana sih? Itu kayak apa sih?", rasanya kurang baginya hanya melihat gambar di buku itu yang agak kurang jelas kali yah..hehe.

Misalnya, dia bertanya olahraga memanah itu seperti apa, ya saya perlihatkan olahraga memanah via youtube, juga olahraga terbang layang, semua olahraga yang aneh, pekerjaan, atau apapun yang menurutnya aneh dan dia ingin melihat versi real-nya. Ya, youtube cukup membantu.

Menelaah kembali cara belajar seperti ini memperlihatkan ciri gaya belajar visual..

Tapi apakah dia hanya sekedar menonton (saja)?
Tidak, pemirsah.. Dia bertanyaa dan saya pun mendeskripsikan apa yang dia lihat. Misalnya, "Ini dia olahraga memanah, ini panahannya nanti ditancep ke sana..", ah dengan bahasa seringan mungkin lah sambil nunjuk ke arah videonya. "Ini olahraga terbang layang, ini ekstrim banget olahraganya, untuk orang yang suka tantangan. Aal mau kayak gini?", Lalu dia menjawab, "Enggak ah..", hehehe.

Nah, gaya belajar seperti itu memperlihatkan ciri auditori. Untuk saat ini gaya belajar Aal masih pada visual auditori.

Cara belajar seperti ini berjalan sangat baik untuk Aal. Ya, saya sulit untuk menon-aktifkan gadget untuknya, karena di beberapa kesempatan dia memang butuhkan itu.

Pernah lagi dia bertanya tentang traktor pembajak sawah. Ketika pertanyaan sudah semakin rumit, "Umi, traktor itu dia kayak mobil jeep? Atau kayak mobil tank?", daripada semakin sesat dan saya blibet menjelaskannya, yaa solusinya adalah youtube. "Ok, let's search...", lalu dia semangat. Ketika dia bisa melihat traktor pembajak sawah beneran via youtube, muncullah mimik wajah "oh gitu toh"..

Setelah itu apa?
Setelah itu dia bisa menggambar traktor seperti apa yang dia lihat lengkap dengan sawah dan petaninya, sambil dia bercerita.. MasyaAllah.

Gaya belajar seperti ini membuat dia berbinar dan bersemangat. Alhamdulillah.. Semangat terus mendampingi dan membangkitkan fitrah belajarnya di berbagai kesempatan.

Juli Yastuti

#HariKe6
#Tantangan10Hari
#GameLevel4
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunSayIIP

You May Also Like

2 comments

  1. apa gaya belajar anak bisa berubah lagi, um? atau tetap seperti itu saja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sprtinya sih engga ya Mbak.. Cuma ya itu, utk mengetahui gaya belajar yang dominan ini jd PR besar..

      Delete