5 Pertanyaan 'Horor' Di Hari Lebaran

by - 12:22 AM


Moment hari raya atau hari lebaran adalah hari yang dinanti-nanti oleh umat muslim. (Baca juga: Moment yang dirindukan di hari raya). Berkumpul bersama keluarga besar sangat menyenangkan, makan bersama, bercerita, mengobati rindu karena lama sudah tak bertemu.

Tapi tak jarang, moment berkumpul ini pun menjadi menakutkan karena pertanyaan-pertanyaan 'horor' yang keluar dari keluarga. Bagi sebagian orang, munculnya pertanyaan-pertanyaan ini bisa membuat opor ayam mendadak hambar, kue lebaran berubah pahit, enggak enak, lho!

Segitunya? Memangnya apa saja, sih, pertanyaan-pertanyaan horor yang biasanya keluar dihari lebaran itu? Simak, ya..

1. Udah lulus? Kapan wisuda?

Biasanya dialami oleh muda-mudi mahasiswa. Siapalah yang tahu kalau pikirannya lagi kalut dengan pesoalan skripsi dan ingin sejenak berlibur sambil me-refresh pikiran dari segala masalahnya.

Eh, tiba-tiba pertanyaan "udah lulus? kapan wisuda?" keluar dari mulut salah seorang keluarga. Apalagi kalau ditambahi embel-embel "kok lama banget nggak lulus-lulus.." Gagal refreshing dan malah galau, kasian, kan?

2. Udah kerja?

Jaman sekarang serba susah mencari pekerjaan, kuliah tinggi bukan jaminan kita bisa cepat dapat pekerjaan. Pertanyaan horor yang satu ini sering kali muncul di hari lebaran.

Bagi sebagian orang, pertanyaan ini menakutkan. Apalagi kalau netijen sampai membanding-bandingkannya dengan orang lain. "Kamu S1 kan? Kok masih nganggur, sih? Si Anu saja sudah kerja, lho.." Sabar-sabar aja ya, Gaes!

3. Kapan nikah?


Nah, ini pertanyaan lagendaris yang memang cukup menusuk orang yang ditanyakan. Kalau ditanya pertanyaan "kapan nikah?", rasanya bibir mendadak kaku dan kaki terasa dingin.

Pertanyaan ini bisa 'menyakiti' orang yang ditanya, lho. Lebih baik, hindari pertanyaan ini, deh. Sensitif abis!

4. Kapan punya anak?

Setelah menikah, bukan berarti kamu aman dan terhindar dari pertanyaan horor, ya. Masih adaa aja pertanyaan horor lainnya yang bikin geram hati. "Kapan punya anak?", ini pertanyaan sama dengan pertanyaan "kapan nikah?"

Hati-hati, hindari mengeluarkan pertanyaan ini kepada pasangan yang memang kita ketahui sudah lama belum dikaruniai buah hati. Pertanyaan ini benar-benar bisa mempengaruhi mental pasangan tersebut, khususnya sang istri. Jadi biar aman, hindari, deh!

5. Kapan punya adek? (nambah anak)

"Wah, Maryam sudah besar, ya... Kapan punya adek?" Lucunya kadang pertanyaan ini dilontarkan langsung ke si bocah untuk menyindir orang tuanya. Lalu dia harus jawab apa??

Pertanyaan ini yang menakutkan bagi saya saat ini. Kenapa harus buru-buru Maryam punya adek? Anak dua saja masih butuh penyesuaian, apalagi buru-buru nambah jadi tiga. Hehehe.

Itulah dia 5 pertanyaan 'horor' yang sering bergentayangan di hari lebaran. Bagi kamu yang sering jadi korban pertanyaan di atas, jangan terlalu jadi beban pikiran, ya. Mungkin seperti itu cara orang berbasa-basi. Hadapi saja dengan santai, anggap saja sebagai do'a.

Dan bagi kita semua, termasuk saya, melontarkan pertanyaan seperti ini kadang bisa membuat orang lain sedih dan stres, lho. Jadi lebih baik kita pilah-pilih lagi pertanyaan atau perkataan yang sekiranya bisa membuat mood orang lain jadi down. Apalagi di moment yang seharusnya menyenangkan, kan?

Sesungguhnya yang menulis tidak lebih baik dari yang membaca, masih dalam proses belajar untuk menjaga lisan yang kadang terlontar tidak sengaja. Maafin, yaa..

Nah, komentar dong, apa pertanyaan dari orang lain yang 'horor' menurutmu?

You May Also Like

28 comments

  1. pertanyaan nomor 4 adalah salah satu momok bagi saya.. :(

    kakve-santi(dot)blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga menjadi doa yaa, kk... Agar segera diberi kepercayaan... :)

      Delete
  2. Duh, saya dikejar2 yang nomor 5 nih Juli. Sampe mikir, apa mesti bikin postingan di blog terus share di medsos ya biar banyak yang baca terus ga nanya2 melulu wkwkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehee. MasyaAllah.... Boleh juga itu kk, bikin di blog. Jadi kalo ada yg nanya, kasih link tulisannya aja...hehehe

      Delete
  3. Pertanyaan-pertanyaan horror ini gak boleh dilestarikan. Bikin suasana jadi gak nyaman aja :(

    ReplyDelete
  4. Wkwkwk aku banget ini dulu kapan nikah? sekarang kapan punya anak? NGgak KB kan? hahahah aduh duh

    ReplyDelete
  5. Pertanyaan tersebut terkadang kita susah menjawab dan hanya bisa tersenyum. Sudah tidak usah di bawa stress, santai aja dan berdoa agar tahun depan sudah ada jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin aamiin, bener itu. Tahun depan udh ada jawabannya (nikah), eh adalagi pertanyaannya "kapan punya anak?" Duh..

      Delete
  6. Dan saya pun pernah menanyakannya. Hahaha... Merasa gak.berdosa. ntar harus lebih selektif lagi deh bertanya. Makasih sudah diingatkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pun kadang tanpa sengaja juga bertanya yang no 1 & 2, Bun...hihi. Yaps, harus selektif kita memilih pertanyaan..

      Delete
  7. Kok ga kerja? Emang ga mau kerja? Ga bosen jd IRT? It sih yg paling horror selama ini. Haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Horor banget kalo udh banding2in ibu bekerja vs ibu di rumah..

      Delete
  8. Buat saya ya, pertanyaan kapan nikah itu menyebalkan. Dulu sih saya biasa aja, tapi setelah bertahun-tahun ditayain begitu oleh banyak orang muak juga lama-lama. Pernah mikir ga usah marah, tapi kok capek juga jaga perasaan orang tapi orang nggak jaga perasaan kita. Tapi dipikir-pikir, pertanyaan gitu nggak akan habis-habis, apa kita mau marah terus. Jadi lihat situasinya, kalau saya sdg nggak mood, saya semprot saja, EGP, apalagi orang yang nggak terlalu penting dalam hidup saya. Curcol deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan curcol woi...
      sekarang nggak ada yang tanya itu ke gua rin, kalau tanya itu langsng gua bilang ke emak gua, anaknya nggak usah dikasih THR...

      Delete
  9. selain pertanyaan horor ada pernyataan horor...
    1. kamu gendutan ya...
    2. kok sekarang nggondek...
    3. ini istrimu... kok mukanya lebih tua...
    4. anak mu kurus amat... pasti kurang gizi...
    5. mana mobil suamimu...

    ReplyDelete
  10. saya belajar dari pengalaman jadi kalo nanya mikir dulu, dulu paling horror pertanyaan no 3. udah ada pasangan beda lagi, manusia ingin tau nya luar biasaπŸ˜….
    #kadangkeselkalonanyangkmikirdulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga bakal selesai pertanyaan horor dari netijen ini, kk...

      Delete
  11. Pertanyaan nomor 3 paling horor bagi yang masih betah ber-singel-ria, wkwkwkww
    Orang kadang gak mikir, pertanyaan itu bisa merusak suasana, padahal lagi suasana Lebaran!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, nyebelin ya bang. Basa basi bikin basi...

      Delete
  12. Rasanya ngeselin hati ya kak, tapi ya susah seh mank dah dari sononya basa-basi yang kagak penting dah jadi kebiasaab

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sabar2 aja, kk. ga akan ada abisnya. Udh anak 2 pun, msh aja, "kapan nambah lagi?" Kira makan nasi padang.

      Delete
  13. Alhamdulillah.
    Semua pertanyaan itu udah terlewat.
    Wkwkwk
    Skrg tgl nanya org.
    Eh !!

    ReplyDelete
  14. Pernyataan "Besok/hari ini senen" pun horror bagi sebagian org kantoran πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    ReplyDelete
  15. pertanyaan no. 3 lah yang paling horor untuk saat ini hhaha

    ReplyDelete