Maryam Dan Jilbabnya: Tips Membiasakan Anak Batita Berjilbab

by - 11:57 PM


Di postingan hari ke-3 tantangan level 7 kuliah Bunda Sayang IIP kali ini saya ingin menulis tentang Maryam (1y4m) dan jilbabnya. Banyak yang bertanya tentang Maryam yang terlihat nyaman dengan jilbabnya. Padahal, biasanya anak-anak batita (bawah tiga tahun) belum betah memakai jilbab.

Alhamdulillah, Maryam betah memakai jilbab. Justru dia yang berinisiatif untuk mengambil dan memakai jilbabnya sendiri ketika saya memberi kode untuk pergi keluar rumah. MasyaAllah. Mngkin ia terbiasa melihat saya berjilbab jika keluar rumah atau ada tamu yang ke rumah. Namanya anak, dia pasti meniru apa saja yang kita lakukan.

Anak itu peniru ulung. Dia melihat, dia merekam, lalu dia ikuti.

Tips membiasakan anak batita memakai jilbab ala Umi:

  1. Bersiap bersama-sama

Asyiknya punya anak perempuan, saya selalu mengajaknya untuk bersiap bersama-sama sebelum berpergian. Menyiapkan pakaian, berdandan (dandan seadanya, Uminya Aal Maryam tidak jago dandan! hehe), termasuk memilih dan memakai jilbab.

  2. Komunikasi dan berinteraksi

Sambil bersiap bersama-sama, jangan lupa untuk selalu berkomunikasi dan berinteraksi dengannya.

"Mana jilbab Umi, ya? Oh, ini dia. Kalau jilbab adek mana?"

"Umi pakai jilbab dulu, ya. Begini cara pakainya.."

"Dek, cantik nggak jilbab Umi?"

Dengan berinteraksi seperti itu, anak menjadi terpancing untuk terus memperhatikan kita dan akhirnya mau meniru kita.

  3. Jangan memaksa

Ini sangat dilarang! Apalagi untuk anak batita seusia Maryam. Ajak dan buat dia enjoy dengan apa yang dia pakai sesuai apa yang ia tiru. Jika ia melepaskan jilbabnya, biarkan saja. Bangun komunikasi dan bertanya mengapa ia lepaskan, mau atau tidak ia memakainya lagi?

  4. Apresiasi

Saya selalu memujinya ketika berhasil memakai jilbab sendiri, atau hanya sekedar mengambil jilbab sendiri dari lemari, atau menyimpan jilbabnya kembali setelah dipakai. Bukan pujian yang berlebihan, hanya sekedar tepuk tangan "horeeee...masyaAllah, pintarnya jilbab adek disimpan lagi dengan baik." Semacam itu, kalimat sederhana yang bisa menjadi penyemangatnya.

Itu dia deretan tips ala Umi untuk membiasakan anak batita berjilbab. Ingat, yang kita ajarkan ini baru fase mengenalkan, secara dia masih batita. Santai saja, tidak usah memasang target. Minimalisirkan ekspektasi, nikmati prosesnya.

Adakah tips lainnya untuk membiasakan anak batita berjilbab? Silahkan komentar di bawah, ya! :)

Baca juga: Cara Menghadapi Anak yang Banyak Bertanya (tantangan hari ke-2)

Juli Yastuti
• Tantangan 10 hari
• Hari ke-3
• Game Level 7
• Semua Anak Adalah Bintang
• Kuliah Bunda Sayang IIP

You May Also Like

2 comments

  1. WOWww 16 bulan sudah pakai hijab... namanya juga belajar pakai jilbab ya mba

    ReplyDelete