Melatih Anak Puasa Sejak Dini

by - 11:00 PM

Ramadhan tahun lalu (1438H / 2017).

Melatih Anak Puasa Sejak Dini


Marhaban Ya Ramadhan.

Beberapa hari lagi bulan suci Ramadhan akan segera tiba. Seperti bulan Ramadhan sebelumnya, saya dan suami akan melatih anak puasa sejak dini. Menurut kami, melatih anak puasa sejak dini itu penting, begitu juga dengan ibadah lainnya yang diajarkan dalam agama Islam.

Melatih anak puasa sejak dini, bukan berarti kita langsung menyuruh anak untuk menahan haus dan lapar. Tentu saja caranya bertahap, pelan, lembut, dan penuh cinta. Bukankah sesungguhnya ibadah itu kita lakukan karena cinta kita kepada Allah SWT? Nah, menanamkan rasa cinta itulah yang harus kita bangun sedini mungkin di dalam hati si buah hati.

Baca juga: Menjadikan Ananda Cinta Ramadhan

Yang harus digarisbawahi, saya masih dalam tahap belajar untuk melatih anak puasa sejak dini, sama dengan mak-bapak lainnya yang punya anak balita seperti saya. Kita masih sama-sama belajar. Syukurnya, di zaman sekarang kita bisa banyak mendapatkan informasi dan panduan-panduan melatih anak puasa sejak dini lewat internet. Belajar bisa dimana saja dan kapan saja!

Ini adalah puasa ke-5 bersama Mas Aal dan puasa ke-2 bersama Dek Maryam. Selalu ada keseruan tiap tahunnya, melihat mereka yang juga semakin tumbuh besar. Pastilah cara-cara kami melatih mereka untuk berpuasa selalu berbeda. Simak, yuk, ini cara kami melatih anak-anak puasa sejak dini:

1. Komunikasi

Ini adalah cara pertama melatih anak puasa sejak dini. Cara ini saya gunakan sejak mereka belum lahir ke dunia. Percayalah kalau janin mendengar suara kita, terutama suara ibu yang satu tubuh dengan tubuh mungilnya.

Cara ini biasanya saya gunakan sampai mereka berusia 1-2 tahun, hanya saja isi ceritanya yang berbeda. Di usia 1-2 tahun bisa ditambahi kalimat sounding atau ajakan seperti "Umi nggak makan, Sayang. Umi puasa, jadi makannya nanti malam. Kalau Aal sudah agak besar, kita nanti puasa sama-sama ya, anak sholeh.."

Sedangkan di usia 2 tahun ke atas, Mas Aal sudah semakin kritis dan ingin banyak tahu. Beragam pertanyaan tentang puasa pun terlontar, bahkan pertanyaannya beranak-pinak. Ya, kami berusaha memberikan jawaban yang benar dengan bahasa yang mudah ia pahami dan cara yang menyenangkan, karena ini kesempatan baik untuk menumbuhkan fitrah keimanannya.

2. Latihan Puasa

Cara ini baru akan dicoba bulan Ramadhan tahun ini di Aal yang sudah berusia 4 tahun berawal dengan mengajaknya untuk sahur bersama. Kalau sebelumnya pasti selalu ikut buka puasa bersama, tentu berbeda dengan sahur bersama yang dilakukan di jam tidurnya. Pastinya ini menjadi tantangan sendiri, mau atau tidaknya dia bangun di jam tidur yang lagi pules-pulesnya.

3. Berikan Motivasi

Anak-anak membutuhkan motivasi dan semangat dari kita, orang tuanya. Jika anak berhasil ikut sahur bersama, semangati ia agar bisa menahan haus dan lapar sekuatnya. Sekuatnya ya, tanpa paksaan, agar dia tidak trauma atau menganggap puasa itu tidak menyenangkan. Hindari motivasi dengan cara membanding-bandingkan anak satu dengan anak lainnya.

4. Reward

Memberi apresiasi atau reward juga sangat penting sebagai bentuk motivasi tambahan untuk anak. Hargai setiap proses pencapaian belajar anak, puji ia ketika berhasil (ikut sahur bersama, misalnya). Tetap berikan kata-kata semangat (tidak menjatuhkan) jika belum berhasil, beri kepercayaan bahwa suatu saat dia akan berhasil.

Itulah cara-cara kami untuk melatih anak puasa sejak dini. Beberapa sudah pernah kami terapkan, beberapa insyaAllah baru akan kami terapkan Ramadhan beberapa hari kedepan.

Bagaimana caramu melatih  anak puasa sejak dini? Yuk, sharing di kolom komentar.

Semoga kita senantiasa diberi kesehatan dan kelancaran dalam melaksanakan ibadah puasa, diberi kelancaran dan kesabaran pula dalam melatih anak puasa. Aamiin Ya Rabbal'alaamiin.



You May Also Like

29 comments

  1. Nice share ini.. Bisa di terapin buat si kakak latian puasa

    ReplyDelete
  2. Wah, orang tua yang hebat. Semua ada metodenya. Semoga puasanya lancar ya.

    ReplyDelete
  3. kalau kami sekarang ... bukan saya yang pakai trik tapi anak2 belum udah nanyain entar kalau puasanya bisa penuh apa hadiahnyaa...

    ReplyDelete
  4. bener banget mbak Jul, harus dilatih sejak dini agar terbiasa sampai besar....

    ReplyDelete
  5. Jadi ingat awal-awal melatih anak puasa dulu, memang benar-benar butuh kesabaran luar biasa membujuk anak-anak untuk bertahan sampai maghrib tiba. Walaupun dengan derai air mata tapi biasanya itu di awal-awal aja, setelah itu mereka menikmati masa puasanya dengan senang. Nah, ini si adek juga tantangan banget buat emak bapaknya karena susah banget disuruh bangun sahur.

    ReplyDelete
  6. yeaaay,, tahun ini Ziqri juga baru pertama kali mau diajak puasa. Sepertinya dia excited soalnya memang ga doyan makan huhuhu

    ReplyDelete
  7. Anak abg juga gitu diajarkan dari kecil untuk puasa, sampe skrg kdg lebih kuat dia dripada oomnya

    ReplyDelete
  8. wah, jadi ingat dulu pas masih SD sekitaran kelas 3 SD. belajar puasa karena bakalan dapat reward dari ayah. emank puasa itu harus di ajarai dari kecil ya mbak. biar jadi kebiasaan.

    ReplyDelete
  9. aku inget dulu disuruh latihan puasa, tapi setengah hari dulu. tapi pertengahan puasa ngga kuat gara-gara keliling beli baju lebaran, ngga kuat bukan karena laper tapi karena haruus XD
    penting banget sih ini ngajarin puasa ke anak anak.hihi
    sukses latihan puasanya deek :D

    ReplyDelete
  10. Aku pun jadi ingin melatih anakku untuk melaksanakan puasa, terima kasih sharingnya ya mbak

    ReplyDelete
  11. Jadi inget diri sendiri nih mba.. Dulu aku latihan puasanya bertahap. Inget banget aku komunikasinya ibu tentang puasa itu seperti apa. Harus sahur, ada buka juga. Waktu ga bisa bangun sahur, aku tetep disuruh sarapan dan itu dianggap sahur (selama bulan ramadhan pokoknya). Dan buka nya boleh waktu dhuhur, lalu sama maghrib.

    Kalau anak kecil mah, susah banget itu ternyata. Menahan godaan untuk tidak nyemil di pagi hari dan siang hari adalah sebuah tantangan. Hahhaa

    Tapi seneng banget, tiap ramadhan begitu nanti bakal dapet hadiah baju baru lebaran. Yey!

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. Iya anak-anal kudu dilatih belajar puasa meskipun mungkin awalnya hanya 1-2 jam saja. Lama-lama terlatih.

    ReplyDelete
  14. bisa dicontohin buat anak lanang dech heheheh. tfs ya mba.

    ReplyDelete
  15. Wah cocok deh. . ramadan bentar lagi, anak3 perlu di latih ya sejak dini

    ReplyDelete
  16. Iya,
    In syaa Allah anak akan meniru apa yang dilihat.

    Semoga shaum Ramadan 1439 H lancar.
    Aamiin.

    ReplyDelete
  17. Wajib nih biae terbiasa ya meski kadang terlintas ga tega

    ReplyDelete
  18. Tahun lalu, si sulung belum bisa full puasa. Insya allah tahun ini dilatih lagi agar terbiasa.

    ReplyDelete
  19. Aamiin.
    Aah serunya klo udah seumur Aal.
    Bisa mulai dikenalkan puasa.

    ReplyDelete
  20. fitry tahun ini jg harus sy ajarkan untuk berpuasa nih
    selama ini dia tahu klu sy berpuasa
    cuma dia blm pernah nyoba
    mungkin setengah hari dulu

    ReplyDelete
  21. Paling tidak sejak usia dini anak dikenalkan dengan puasa melalui komunikasi ya mba. Baru pelan-pelan dilatih berpuasa

    ReplyDelete
  22. Saya lagi excited nih mbak mennati ramadhan soalnya anak pertama saya akan mulai belajar puasa tahun ini, doain bisa lulus ya :D

    ReplyDelete
  23. Usianya samaan dengan anak aku si K mbak, aku juga rencananya mau bangunin dia sahur dan baru ngasih makan sekitar jam 9/10 gitu. Rencananya biar dia tahu aja seh kegiatannya, kalau dia minta minum ya kasih aja.

    Semoga kita bisa berhasil ditahun ini ya mbak :)

    ReplyDelete
  24. Alhamdulillah aku dan suami pun telah mengajarkan puasa kepada anak sejak kecil. Dan skarang anak pun jadi semangat untuk puasa

    ReplyDelete
  25. Wah tulisan ini harus dibuka lagi nih saat esok ngajarin anakku puasa

    ReplyDelete
  26. Aku selalu senang melihat orangtua yang melatih anak-anaknya berpuasa. Semoga dilancarkan ya, Mbak. Selamat menjalankan ibadah puasa.

    ReplyDelete
  27. Anak ku sekarang usia 3 tahun.
    ..ini waktu yang tepat untuk sounding tentang puasa ya mba..., Ntar 4 tahun..baru deh dilatih setengah hari...

    Makasih sharingnya mba..

    ReplyDelete
  28. Anakku puasa fullnya juga berangsur2 dari stgh hari mesti bnyk drama tp sekarng dah bisa full alhamdulillah

    ReplyDelete
  29. Waaaah terima kasih sharingnya mba. Anakku udah 2 tahun juga nih bulan depan. Mudah2an beberapa tahun lagi udah bisa ngajarin anak tentang puasa

    ReplyDelete