7 Cara Merancang Masa Depan Cerah

by - 7:11 PM




7 Cara Merancang Masa Depan Cerah - Tulisan ini adalah catatan kecil untuk diri ini secara pribadi, tapi alangkah bersyukurnya saya jika tulisan ini juga bisa mencerahkan hati para pembacanya.

Siapa, sih, yang tidak ingin mempunyai masa depan yang cerah? Pasti semua orang mau, kan? Nah, untuk definisi "cerah" ini pun tiap orang berbeda-beda. Ada yang sudah merasa cerah dengan kehidupannya yang sederhana, keluarga yang lengkap dan bahagia. Ada yang belum merasa cerah kalau belum mempunyai pekerjaan yang bergengsi, rumah yang mewah, sering jalan-jalan ke luar negeri, mobil baru setiap waktu meskipun sampai harus ikut lelang mobil yang penting mobilnya bisa terus gonta-ganti, dan lain sebagainya.

Jadi, tentukan dulu makna masa depan yang "cerah" menurut kita itu seperti apa. 1..2..3.. Ok, sudah! Baik, setelah kita memahami seperti apa masa depan yang cerah berdasarkan versi kita, saatnya kita menyusun strategi. Mempunyai masa depan yang cerah itu tentu berawal dari masa kini, apa yang sudah kita lakukan saat ini untuk masa depan? Sudah optimalkah ikhtiar dan usaha kita selama ini sehingga kita layak untuk mendapatkan masa depan cerah yang menjadi impian?

Di bawah ini akan saya bahas satu per satu, bagaimana merancang masa depan yang cerah. Simak, yah...

1. Belajar


Sumber gambar: Harian Analisa
Belajar itu adalah salah satu fitrah manusia, sejak bayi, bahkan sejak masih di dalam kandungan. Belajar itu tidak terbatas oleh ruang dan waktu. Tidak harus hanya berada di bangku sekolah, tidak harus terbatas hanya di usia sekolah.

Sebagai manusia yang ingin mempunyai masa depan yang cerah, kita tidak boleh berhenti belajar. Apalagi di zaman sekarang ini kita dituntut untuk lebih cerdas dan harus kaya informasi. Kalau tidak, ya kita bisa tertinggal. Manfaatkan pula kemajuan zaman (teknologi) yang membuat kita tidak lagi terhalang untuk belajar. Tidak ada alasan untuk tidak bisa lagi belajar! Perkaya ilmu, karena ilmu adalah bekal untuk masa depan yang cerah.

2. Tentukan visi dan misi hidup

Sumber gambar: Google

Kenali diri kita, siapa diri kita, untuk apa kita hidup di muka bumi. Tentukan visi dan misi hidup kita agar kita lebih mudah berjalan sesuai arah dan tujuan yang sejalan dengan hati.

3. Membangun jaringan / silaturahmi


Sumber gambar: Google

Kita ini makhluk sosial, pastinya kita butuh manusia lainnya untuk saling bersinergi. Buka diri untuk mau mengenal orang lain dan tempatkan diri sesuai dengan bagiannya masing-masing. Agama kita juga mengajarkan kita untuk senantiasa menjalin silaturahmi, karena silaturahmi itu memudahkan rezeki.

4. Menjaga attitude

Sumber gambar: Google

Cerdas saja tidak cukup jika tidak diseimbangkan dengan attitude yang baik. Attitude anak muda di zaman sekarang sedikit agak menyedihkan dibandingkan zaman dulu menurut saya. Sikap sopan santun dan saling menghormati sesama harus lebih dikedepankan lagi. Tugas, nih, untuk para orang tua seperti kita.

5. Profesional

Sumber gambar: Google

Mengerjakan sesuatu pekerjaan dengan tekun dan sungguh-sungguh. Menjadi seorang yang profesional itu juga harus disiplin, taat terhadap peraturan dan tata tertib yang ada.

6. Perencanaan yang matang

Sumber gambar: Futuready

Membuat perencanaan untuk masa depan itu sangatlah penting. Membuat perencanaan itu menjadi salah satu ikhtiar kita agar mendapatkan masa depan yang cerah, setidaknya kita bisa tetap dalam kondisi "aman" jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan di masa depan. Perencanaan masa depan di sini salah satunya adalah asuransi. Baik itu asuransi kesehatan, asuransi perjalanan, asuransi kecelakaan atau asuransi mobil.

Bicara soal asuransi, saya termasuk salah satu orang yang bingung memilih asuransi. Dan ternyata sekarang ada futuready.com yang merupakan supermarket asuransi online berlisensi OJK. Wahh, asuransi ada supermarketnya? Iyaa, jadi di sinilah tempatnya untuk memudahkan kita mencari, membandingkan dan membeli asuransi yang paling lengkap dan tentunya sesuai dengan apa yang kita butuhkan.

Futuready.com memilih produk-produk Asuransi terbaik dari berbagai perusahaan asuransi terkemuka dan menawarkannya kepada kita berupa sajian informasi yang ringkas, jujur dan tidak memihak. Nah, ini penting. Karena itulah, sekarang saya tidak perlu bingung lagi memilih asuransi. Memilih asuransi yang tepat adalah bagian dari perencanaan yang matang untuk masa depan cerah!

7. Berdoa


Sumber gambar: Google


Berdoa adalah bagian yang terpenting dari sekian cara kita untuk meraih masa depan cerah. Tanpa doa, semua sia-sia. Allah-lah yang mempunyai kehendak paling tinggi untuk setiap episode kehidupan manusia, hanya kepadaNya kita meminta, maka mintalah dengan sungguh-sungguh agar kita bisa mendapatkan masa depan yang cerah. Baik itu masa depan di dunia maupun masa depan di akhirat.

---

Itulah 7 cara agar mendapatkan masa depan yang cerah. Sudah sampai dimana ikhtiar kita untuk meraih masa depan yang cerah?

You May Also Like

0 comments