Berkunjung ke Klinik Dokter Gigi Lanera Dental Care Batam Bersama Komunitas Gemilang

by - 6:59 AM


Berkunjung ke Klinik Dokter Gigi Lanera Dental Care Batam Bersama Komunitas Gemilang - Hari Kamis lalu (14/02/2019), Komunitas Homeschooler Batam yang bernama GEMILANG berkunjung ke klinik dokter gigi Lanera Dental Care Batam yang lokasinya di komplek ruko KBC, Batam Centre. Kunjungan ini bertujuan untuk mengedukasi anak-ank tentang pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan gigi, serta memperkenalkan profesi dokter gigi kepada anak-anak.

Baca juga: Komunitas Homeschooler Batam dan Pentingnya Berkomunitas

Bagi sebagian anak, dokter gigi adalah sesuatu yang menakutkan. Entah mengapa. Awalnya ini terjadi juga pada anak saya, Aal. Sudah sejak lama saya mengajaknya ke dokter gigi untuk sekedar memeriksakannya saja, tapi dia selalu menolak. Syukurnya, tidak untuk kunjungan kali ini. Justru dia sangat bersemangat dan penasaran dengan dokter gigi. Dan disaat sesi pemeriksaan gigi, dia anak yang paling menyerahkan diri, "Aal kapan? Ayo, aku sudah tidak sabar lagi.." lengkap dengan wajah memelasnya. Hehehe.

Penjelasan Sederhana Tentang Gigi Kepada Anak-Anak

Antusias anak-anak mendengarkan Dokter Rizki yang interaktif.
Kurang lebih sekitar 33 anak sudah meramaikan klinik Lanera Dental Care sejak pukul 09.30 pagi. Sejak awal, anak-anak sudah terlihat betah berada di klinik ini. Meskipun tidak terlalu luas, tapi tempatnya nyaman. Tersedia ruangan untuk bermain anak-anak lengkap dengan beberapa mainannya.

Kegiatan dimulai pukul 10.00 pagi, anak-anak berkumpul duduk dengan rapi di area lobby klinik. Dokter gigi datang dan mulai menyapa anak-anak dengan sangat ramah, beliau bernama Tengku Rizki Lanera, drg., M.M.R.S atau kami memanggilnya Dokter Rizki.

Dokter Rizki saat menjelaskan tentang gigi berlubang akibat malas menyikat gigi.

Dokter Rizki mulai menjelaskan beberapa bagian gigi, jumlah gigi yang dimiliki anak-anak, fungsi gigi, masalah-masalah yang terjadi jika kita malas menyikat gigi, makanan penyebab gigi rusak, dan mempraktekkan cara menyikat gigi yang benar. Materi disampaikan dengan cara yang sangat interaktif, sehingga anak-anak tidak bosan dan tetap semangat mendengarkan penjelasan Dokter Rizki sampai akhir.

Pemeriksaan Gigi Anak

Dokter Rizki saat memeriksa gigi anak.
Setelah anak-anak mendapatkan ilmu dan informasi seputar gigi, anak-anak diberi kesempatan untuk memeriksakan giginya bersama Dokter Rizki. Ada sekitar 15-20 anak yang diperiksa giginya. Respon anak-anak lucu sekali, ada yang berani, ada yang takut-rakut, ada juga yang malu-malu tapi mau. Hehehe. Tapi Dokter Rizki bisa membuat anak-anak merasa nyaman dan merasa baik-baik saja tanpa ada yang harus ditakutkan.

Ruangan periksa di Klinik Lanera Dental Care, cerah dan nyaman.
Ruangan pemeriksaan di klinik Lanera Dental Care ini tampak sangat cerah dengan dominan warna kuningnya. Wallpaper ruanganya yang bermotif sepedanya juga lucu, terdapat juga beberapa mainan yang dipajang di beberapa sudut ruangan, lumayan untuk menarik perhatian anak-anak agar tetap merasa nyaman di dalam ruangan ini.

Pentingnya Memeriksakan Gigi Anak Ke Dokter Gigi

Aal memegang gigi tiruan yang dipakai saat mempraktekkan cara menyikat gigi yang benar.
Gigi anak-anak yang dikenal sebagai gigi susu ini ternyata sangat rentan dan mudah rapuh dibandingkan dengan gigi orang dewasa. Terlebih anak-anak suka sekali mengkonsumsi makanan manis yang memang menjadi penyebab terbesar kerusakan gigi pada anak-anak. Itulah pentingnya kita memeriksakan gigi secara rutin minimal setiap 6 bulan sekali untuk mencegah terjadinya kerusakan pada gigi, kalau perlu dimulai sejak anak mulai tumbuh gigi. Lebih baik mencegah dari pada mengobati. Dengan begitu, anak menjadi terbiasa dengan dokter gigi. Jangan begitu sakit kita baru membawa anak ke dokter gigi, kadang itulah yang membuat anak takut dan trauma terhadap dokter gigi.

Pentutup

Kenang-kenangan untuk Dokter Rizki dan Klinik Lanera Dental Care.

Terima kasih kepada Dokter Rizki atas waktu dan kesempatannya kami bisa belajar bersama anak-anak di kliniknya. Ya, bukan hanya anak-anak yang belajar, ibu-ibu yang mendampinginya juga. Hehehe.

Untuk para orang tua, yuk, ajak anak memeriksakan giginya minimal setiap 6 bulan sekali. Ceritakan pada mereka tentang dokter gigi yang baik, yang bisa membantu kita untuk menjaga gigi kita agar tetap sehat. Berikan gambaran yang positif dan menarik tentang dokter gigi, jangan sebaliknya.

Wajah-wajah happy anak-anak bersama Dokter Rizki.

Makanan yang enak dan sehat itu masuk melalui mulut dan diproses pertama kali oleh gigi. Kalau gigi kita sakit, bagaimana kita bisa menikmati makanan kita?

Jangan sampai, deh, gigi kita sakit, mencegahnya lebih baik dengan rutin ke dokter gigi. Sepakat?



KLINIK LANERA DENTAL CARE
Alamat: Komp. Ruko KBC Blok A3 no.03 Batam Centre. Batam.
Senin - Jumat 13.00 sd 20.00
Sabtu 09.30 sd 17.00
Minggu (dengan janjian)
Telp/SMS/WA 08121646224
Instagram: @laneradentalcare

Tonton juga video dokumentasi Komunitas Gemilang berkunjung ke klinik dokter gigi Lanera Dental Care Batam di Bawah ini:


You May Also Like

1 comments