Apa Sih Yang Dimaksud Dengan Baby Blues Syndrome? Ini Dia Penjelasannya.

by - 10:10 PM


Apa Sih Yang Dimaksud Dengan Baby Blues Syndrome? Ini Dia Penjelasannya - Kebanyakan wanita pasca melahirkan itu akan mengalami mood swing yang cukup parah. Kondisi tersebut juga kerap disebut dengan nama baby blues syndrome, dimana anda akan merasakan banyak emosi seperti rasa senang, terharu, sedih, dan merasa khawatir. Baby blues syndrome itu sedniri merupakan sebuha kondisi yang dialami para wanita pasca melahirkan, yang berupa munculnya berbagai perasaan gundah dan sedih berlebihan. Pada umumnya, kondisi ini akan semakin memburu di hari 3 -4 pasca melahirkan dan hanya akan terjadi pada 14 hari pertama pasca melahirkan.

Maka dari itu, bunda dianjurkan untuk segera berkonsultasi ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat mengenai masalah baby blues syndrome tersebut. Jika gejala yang bunda alami terjadi lebih dari 14 hari, hal tersebut ditakutkan akan mengarah pada kondisi postpartum depression. Lantas, apakah yang menjadi penyebabnya?

Penyebab Baby Blues Syndrome Yang Harus Bunda Ketahui

Berdasarkan dari hasil penelitian, kondisi yang dialami ibu pasca melahirkan itu dikarenakan oleh perubahan hormone dalam tubuh. Ketika hamil, biasanya mereka akan mengalami banyak perubahan mulai dari bentuk fisik, non fisik, hormone, dan emosional. Pasca melahirkan, maka akan ada perubahan hormone di dalam tubuh yang bisa mempengaruhi perasaan bunda. Penurunan kadar esterogen dan progesterone maupun hormone lainnya yang diproduksi kelenjar tiroid, tentu saja dapat menyebabkan bunda menjadi mudah lelah, mudah marah, mudah gelisah, bahkan hingga depresi.

Tak hanya hormone, faktor kelelehan karena merawat si kecil yang baru saja lahir juga dapat menjadi penyebab dari munculnya kondisi baby blues syndrome. Perubahan pola hidup yang dialami bunda pasca melahirkan itu dapat menyebabkan bunda merasa depresi. Alhasil, muncullah beberapa perasaan seperti rasa cemas, gelisah, dan ketakutan karena merasa tidak mampu merawat serta membesarkan anak dengan baik. Adapun mengenai beberapa gejala baby blues syndrome yang akan bunda alami seperti dibawah ini :

- Muncul rasa sedih yang bisa menyebabkan anda menangis dan merasa depresi.
- Emosi menjadil labil, sehingga anda mudah marah dan muncul rasa takut tanpa alasan yang jelas.
- Merasa kelelahan, sulit tidur, dan sering sakit kepala.
- Muncul rasa gelisah dan merasa kurang percaya diri.

Cara Mengatasi Baby Blues Syndrome:

1. Melakukan persiapan melahirkan mulai dari fisik, mental, dan materil. Saat bunda siap melahirkan, maka rasa cemas tersebut tidak akan ada membuat bunda merasa tertekan bahkan cenderung bahagia.

2. Carilah informasi sebanyak mungkin mengenai persalinan, dikarenakan hal tersebut sangatlah penting dilakukan agar bunda tidak merasa kaget saat merawat si kecil. Akan jauh lebih baik lagi jika hal ini di konsultasikan dengan dokter kandungan, mengenai bagaimana cara merawat dan menjaga kesehatan bayi yang baru lahir. Dengan demikian, maka kondisi baby blues syndrome ini tidak akan menghampiri bunda.

3. Berbagi beban bersama suami bunda merupakan salah satu cara terbaik untuk menghindari baby blues syndrome. Ya, disini bunda bisa membicarakan berbagai permasalahan mengenai cara merawat si kecil, serta berbagi tanggung jawab dengan suami bunda.

4. Selalu memperhatikan pola makan dan istirahat yang cukup, agar kondisi tubuh bunda tetap sehat.

Demikianlah ulasan singkat mengenai pengertian tentang baby blues syndrome, yang semoga saja bisa dijadikan inspirasi terutama bagi bunda yang sedang hamil.
   

You May Also Like

0 comments