Seminar Parenting Bersama Rumah Inspirasi: Tingkatkan Minat Belajar & Prestasi Anak, Menjadikan Anak Pembelajar Mandiri!

by - 3:03 PM

Rumah Inspirasi

Seminar Parenting Bersama Rumah Inspirasi: Tingkatkan Minat Belajar & Prestasi Anak, Menjadikan Anak Pembelajar Mandiri! - Rumah Inspirasi (rumahinspirasi.com) merupakan "rumah maya" atau blog dari keluarga Sumardiono. Dimana di dalam rumah tersebut terdapat sepasang suami istri hebat bernama Aar Sumardiono (Mas Aar) dan Mira Julia (Mbak Lala), serta ketiga anak mereka Yudhistira, Tata dan Duta. Rumah tersebut merupakan tempat mereka berbagi keseharian, pengalaman dan juga ilmu yang mereka dapatkan, khususnya dalam hal pendidikan anak-anak.

Perlu diketahui (bagi yang belum mengetahui), bahwa Mas Aar dan Mbak Lala memilih model pendidikan homeschooling (sekolah rumah) untuk anak-anaknya, tidak mengenyam pendidikan di sekolah formal layaknya anak-anak pada umumnya. Meskipun namanya "sekolah rumah", bukan berarti anak-anak hanya belajar di rumah, melainkan bisa belajar dimana saja, kapan saja dan dengan siapa saja. Proses belajar juga bisa dilaksanakan di dalam keseharian dan itu merupakan suatu hal yang menyenangkan bagi keluarga mereka.

Saya dan Rumah Inspirasi


Pertama kali saya mengetahui Rumah Inspirasi itu dari suami saya. Kala itu kami berdiskusi tentang pendidikan anak-anak kami yang insyaAllah juga memilih model homeschooling. Jujur, saya belum banyak tahu tentang homeschooling saat itu. Hingga akhirnya saya banyak membaca artikel yang ada di rumah maya Rumah Inspirasi dan beberapa sosial media milik Rumah Inspirasi.

Semakin hari saya semakin penasaran dengan homeschooling dan Rumah Inspirasi, dan rasa penasaran tersebut akhirnya tersalurkan dengan adanya webinar (seminar online) tentang homeschooling yang diselenggarakan oleh Rumah Inspirasi itu sendiri. Saya pun ikut webinarnya yang dipandu langsung oleh Mas Aar dan Mbak Lala secara online.

Dan melalui Rumah Inspirasi pula saya baru mengetahui adanya metode belajar online yang disebut webinar (seminar online). Hehehe. Dimana kita bisa belajar dalam satu ruangan online bersama dengan peserta lain yang dari berbagai macam asalnya, hanya menggunakan internet serta laptop/PC/hp dan tanpa bertatap muka. (Ikutan seminar pake baju tidur di atas kasur, ya cuma bisa saat webinar. Hehehe.)

Kemudian, pada suatu hari disekitar bulan Juli 2019 lalu, sebuah kabar yang membanggakan pun datang dari keluarga Mas Aar dan Mbak Lala. Anak pertama mereka yang bernama Yudhistira berhasil masuk ke Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, universitas yang memang ia impikan.

Sumber: IG @lalamirajulia
Seperti yang diketahui, bahwa Yudist sama sekali tidak pernah ikut sekolah formal, tetapi ia membuktikan bahwa homeschooler juga bisa masuk ke universitas manapun yang kita inginkan. Sebenarnya, sih, ya memang bisa, karena homeschooling ini model pendidikan yang legal di Indonesia. Hanya saja, masih sedikit orang yang menerapkannya (minoritas) dan lebih banyak orang yang meragukannya.

Hmm, baiklah! Itu sedikit cerita tentang Rumah Inspirasi dari kaca mata saya. Untuk pembahasan lebih lanjut tentang homeschooling, mungkin teman-teman bisa langsung intip-intip rumah maya dan sosial medianya Rumah Inspirasi. Kalau perlu, ikut webinarnya juga supaya lebih terang benderang.

Selain rajin membahas tentang homeschooling, Mas Aar dan Mbak Lala juga banyak berbagi tentang dunia parenting dan entrepreneurship. Sebagai orang tua homeschooler, pastinya mereka punya tips dan trik parenting yang baik, kan? Secara mereka adalah guru dan fasilitator belajar ketiga anak-anaknya. That's it! Ini yang kita butuhkan.

GEMA Batam Mengadakan Seminar Parenting Bersama Rumah Inspirasi

Sumber: IG @geloramadanibatam
Bagi sebagian banyak orang, homeschooling itu asing. Untuk itu, Gelora Madani Batam (GEMA Batam) mengadakan Seminar Parenting untuk membuka kesempatan para orang tua belajar bersama dengan Rumah Inspirasi. Tidak hanya membahas soal homeschooling-nya, tetapi lebih kepada parentingnya.

Seminar parenting ini mengangkat tema "Meningkatkan Minat Belajar dan Prestasi Anak" serta mempersiapkan anak menjadi pembelajar mandiri dengan memanfaatkan keseharian untuk proses belajar. GEMA Batam membuka ruang belajar kepada setiap orang tua yang ingin meningkatkan perannya sebagai "guru pertama bagi anak-anaknya".

Sekali lagi, seminar parenting ini tertuju untuk seluruh orang tua, baik itu anaknya sekolah formal maupun non formal. Karena sesungguhnya peran orang tualah yang berpengaruh besar dan yang utama agar anak-anak tumbuh menjadi pembelajar mandiri. Seorang pembelajar mandiri yang menjadikan belajar sebagai hak dan suka cita baginya, bukan malah menjadi sebuah kewajiban dan beban bagi hidupnya.

Sumber: IG @rumahinspirasi_id
Seminar parenting GEMA Batam bersama Rumah Inspirasi ini akan menghadirkan Mbak Lala sebagai narasumber dan didukung oleh Ikatan Alumni Politeknik Negeri Batam (IAPOLBAT). Seminar parenting tersebut akan dilaksanakan secara langsung pada:


  • Hari/Tanggal : Sabtu, 19 Oktober 2019
  • Jam : 08.00 - 12.00 wib
  • Tempat : Aula Lantai 4, Politeknik Negeri Batam
  • HTM:
     Pendaftaran sampai tanggal 18 Oktober 2019
      - Single Rp75.000
      - Couple Rp100.000
     On the spot
      - Single Rp150.000
      - Couple Rp250.000
      (Ada harga khusus bagi keluarga alumni Politeknik Negeri Batam)

Bagi orang tua yang membawa anak-anak, jangan khawatir karena tim GEMA Batam menyediakan Kids Zone untuk anak-anak beraktivitas dan bermain, lengkap dengan para nanny. Untuk penggunaan Kids Zone, tiap anak dikenakan biaya Rp25.000/anak.

So, jangan sampai ketinggalan ikut seminar parenting ini! HTM-nya sangat terjangkau, kita sudah bisa mendapatkan ilmu, snack box, air minum, e-sertifikat dan juga doorprize.

Tempat terbatas!

Pendaftaran dan informasi silahkan hubungi contact person GEMA Batam di nomor 083184213939 (Whatsapp/Telp).

You May Also Like

0 comments