Explore Jakarta Aquarium dan Safari, Ada Mermaid!

by - 10:09 PM


Explore Jakarta Aquarium dan Safari!
- Assalau'alaikum! Kalau mau jalan-jalan di Jakarta tuh suka bingung mau kemana, selain silaturrahmi ke rumah-rumah saudara dan kerabat. Bingung karena rasanya satu hari hanya bisa berkunjung ke satu destinasi saja, karena macetnya perjalananan membuat waktu dan energi kebanyakan habis di jalanan.

Setelah mencari-cari tahu beragam destinasi seru di Jakarta, akhirnya saya memutuskan untuk mengajak anak-anak ke Jakarta Aquarium dan Safari saja. Anak-anak senang sekali ketika tahu akan dibawa berjalan-jalan mengeksplorasi aquarium raksasa yang punya koleksi berbagai macam hewan-hewan di dalamnya.

Berangkat sekitar jam 09.00 menggunakan mobil pribadi milik kakak sepupu saya. Saya, suami dan dua anak saya, mama papa saya, kakak sepupu dan kedua anaknya, syukurnya muat satu rombongan di dalam satu mobil yang cukup besar.

Kami jalan menuju lokasi Jakarta Aquarium dan Safari bermodalkan google map saja, karena kakak sepupu saya juga belum pernah sama sekali ke sana. Sempat bingung, karena lokasi yang tuju adalah mall atau pusat belanja. "Dimana aquariumnya? Kok malah mall?" Pikir kami.

Malu bertanya sesat di jalan, kami pun akhirnya bertanya kepada abang-abang security untuk mengakhiri kebingungan kami.

Berdasarkan petunjuk abang security, kita masuk ke dalam gerbang berpalang yang ada di sebelah kiri jalan. Seperti biasanya gerbang masuk mall, kita pun langsung mengambil tiket parkir dari mesin parkir elektronik, lalu palangnya pun terbuka.

Ternyata aquarium raksasa itu letaknya di dalam mall yang bernama Neo Soho Mall, di daerah Grogol Petamburan, Jakarta Barat. Sesampainya di dalam mall, kita langsung mengikuti petunjuk yang ada saja untuk menuju lokasi Jakarta Aquarium dan Safari yang berada di lantai LG 101.

Setibanya di depan lobby Jakarta Aquarium dan Safari, saya cukup terheran, "Kok nampaknya kecil, ya.. Gimana ya aquariumnya?" Tanya saya dalam hati, penasaran.

Sekilas Tentang Jakarta Aquarium dan Safari



Jakarta Aquarium dan Safari ternyata masih dalam naungan Taman Safari Indonesia dan bekerja sama dengan KLCC, Malaysia. Jakarta Aquarium merupakan aquarium indoor terbesar se-Indonesia, di dalam kawasan konservasi seluas 1 hektar 2 lantai ini menyediakan sekitar 3.500 spesies hewan akuatik dan non-akuatik di dalamnya.

Kita bisa berinteraksi sangat dekat dengan para hewan, bahkan kita bisa memberi makan dan juga menyentuh hewan-hewan tertentu dan pastinya dalam pengawasan penjaga hewan berpengalaman. Liburan kami sekeluarga ke Jakarta Aquarium dan Safari saat itu sungguh sangat menyenangkan dan berkesan.

Tiket Masuk Jakarta dan Safari

Kita bisa membeli tiket masuk Jakarta Aquarium dan Safari secara online melalui platform seperti Traveloka atau Tiket.com yang banyak diskonnya, bisa juga melalui website jakartaaquariumsafari.com. Kalau kita sudah beli tiket secara online dan mendapatkam e-ticket, kita tinggal melakukan check in saja di lobby. Tiket yang kita beli secara online berlaku selama 7 hari setelah pemesanan, gratis untuk anak di bawah 2 tahun.

Untuk harga tiketnya bermacam-macam, tergantung hari dan paket yang ingin kita ambil. Berikut 4 macam kategori tiket masuk Jakarta Aquarium dan Safari yang saya ambil dari tiket.com (dari Traveloka selalu sold out sejak kemarin):

Tiket Regular
Weekday - Rp111.550 (Senin-Jumat, Tidak Termasuk Hari Libur Nasional)
Weekend - Rp145.500 (Sabtu, Minggu, dan Hari Libur Nasional)

 - 1x Akses masuk ke Jakarta Aquarium Indonesia
 - All you can watch animal feeding show
 - Animal close encounter
 
Tiket Premium 
Weekday - Rp145.500 (Senin-Jumat, Tidak Termasuk Hari Libur Nasional)
Weekend - Rp169.750 (Sabtu, Minggu, dan Hari Libur Nasional)

 - 1x Akses masuk ke Jakarta Aquarium Indonesia
 - All you can watch animal feeding show (Otter + Penguin + Piranha + Main Tank)
 - Animal close encounter (Binturong + Meerkat + Macaw + Madagascar Cockroach + Touch Pool)
 - Mermaid meet and greet
 - Pearl of the south sea (mermaid show)
 - 5D Submarine simulator

Pengalaman Explore Jakarta Aquarium dan Safari



Waktu itu kami ambil tiket premium weekday di hari Senin. Saat itu kami berharap pengunjungnya sepi dan kami bisa puas bereksplorasi di Jakarta Aquarium dan Safari. Tapi kenyataannya berbeda, kebetulan pula ramai pengunjung dari anak-anak sekolah dasar yang datang serombongan besar. Ramai sekali. Kami jadi terkendala saat menyaksikan mermaid show dan juga meet and greet bareng mermaid. Padahal kesempatan itu yang ditunggu-tunggu sama anak-anak. Hehehe.

"Kapan lagi bisa berinteraksi sama mermaid di dunia nyata, kan?" Pikir mereka pada awalnya. Meskipun nggak bisa meet and greet bareng mermaid, tapi mereka bisa melihat mermaid dari kejauhan. Lumayan lah, bisa melihatt mermaid berenang-renang di dalam aquarium raksasa secara langsung meskipun dari kejauhan.

Menariknya Jakarta Aquarium dan Safari ini tidak hanya memiliki aneka hewan akuatik atau hewan air, tetapi juga banyak memiliki hewan non-akuatik yang bisa kita lihat dengan sangat dekat. Misalnya seperti macaw,  meerkat, madagaskar cockroach, bahkan ada hewan langka seperti binturong.


Untuk hewan-hewan akuatiknya sendiri, Jakarta Aquarium dan Safari memiliki banyak spesies hewan air laut dan juga air tawar. Aquarium yang tersedia juga bermacam-macam ragamnya, mulai dari yang kecil hingga raksasa, ada yang berbentuk kotak, ada juga yang berbentuk tabung memanjang hingga ke atas plafon. Apik sekali jika kita berfoto-foto di sekitaran aquarium, tapi kita tidak boleh menyalakan flash kamera jika ingin berfoto bersama hewan, yaa... Agar tidak mengganggu pandangan hewan akibat flash cahaya kamera.



Pengalaman unik saya saat di Jakarta Aquarium dan Safari adalah menyentuh ikan hiu dan ikan pari secara langsung. Whaaaa! Meskipun awalnya takut yaa menyentuh ikan hiu, tapi ada penjaganya yang memastikan bahwa ikan-ikan yang disiapkan ini aman untuk disentuh. Ikan hiu yang boleh disentuh pun yang ukurannya kecil, yang mungkin masih bisa ramah sama manusia, yaa.. Hehehe.

Selain itu, kami juga melihat penguin feeding show. Lucu banget, kita bisa melihat beberapa ekor penguin yang sedang dikasih makan oleh di depan kami. Sangat dekat. Hanya saja kita dilarang menyentuh mereka, ya.. Hanya boleh berfoto, dan lagi-lagi dilarang menyelakan flash kamera.

Nah, karena kami membeli tiket premium, jadi kami mendapatkan akses masuk ke 5D Submarine Simulator. Jadi kita tuh masuk ke dalam sebuah ruangan dimana kita dijelaskan dulu peran kita sebagai apa. Kita sebagai submarine crew atau kru kapal selam yang sebentar lagi akan memasuki kapal selamnya.

Lalu kita diarahkan untuk pindah ke ruangan sebelahnya, nah ruangan ini yang menjadi kapal selam yang akan menyelam ke dasar lautan. Ruangannya gelap, dikelilingi oleh layar 5 dimensi. Di layar kita bisa melihat visual seakan-akan kita benar-benar sedang menyelam menggunakan kapal selam. Yang bikin kaget tuh, lantai tempat kita berpijak pun bisa bergerak, tidak hanya melihat layar 5 dimensi, tetapi kita juga bisa merasaka pergerakannya seolah-olah nyata.

Di layar kita bisa melihat dan  merasakan seakan-akan kapal selam kita sedang diserang oleh ikan hiu besar hingga kaca kapal selam kita pun pecah. Saat kaca pada kapal selam kita pecah, ada semprotan air yang entah datang dari arah mana, ceritanya air itu adalah air yang muncrat dari pecahan kaca kapal selam. Siap-siap deh, kita bakal  tenggelam atau mungkin dimakan ikan. Ceritanya.. Hehe.

Di Jakarta Aquarium dan Safari juga terdapat Pingoo Restaurant yang menarik, kita bisa makan-makan sambil melihat pinguin imut dari balik kaca. Tidak jauh dari Pingu Restaurant juga terseda toko oleh-oleh atau cindera mata yang berhubungan dengan Jakarta Aqarium, seperti gantungan kunci, tas, topi, boneka, baju, dan banyak lagi.

Itulah cerita liburan kami yang sangat berkesan, Alhamdulillah, anak-anak sangat senang dengan pengalaman dan kenangan liburan ke Jakarta Aqarium dan Safari saat itu. Semoga kelak mereka bisa membaca tulisan ini, yaa.. Dan mengingat kembali kenangan-kenangan liburan kami sekeluarga yang menyenangkan.



Apakah kalian sudah pernah ke Jakarta Aquarium dan Safari ini? Kalau belum, berminat nggak untuk liburan ke sini? Hihi.

Sekian dulu cerita kita tentang Jakarta Aquarium dan Safari ini, terima kasih sudah membaca sampai akhir... :)

Assalamu'alaikum..

You May Also Like

1 comments

  1. Nice story kak. Thanks for sharing yaa. Oiya, untuk 5D simulators tuh mulainya jam berapa ya?

    ReplyDelete