5 Ide Permainan Seru Bersama Keluarga

by - 9:42 PM


Sering sekali kita kehabisan ide untuk bermain bersama sekeluarga, kadang juga anak-anak bosan dengan mainan yang itu-itu saja. Saya suka flashback ke belakang, permainan apa saja yang dulu suka saya mainkan bersama teman-teman di masa kecil. Nah, ada beberapa permainan jadul, permainan sederhana namun tetap seru dimainkan bersama keluarga.

Ini dia 5 ide permainan seru bersama keluarga, semoga bisa dipraktekkan di rumah, yaa..

1. Ular Tangga

Permainan ular tangga. Sumber gambar: wikipedia.
Ini permainan jadul, mungkin anak-anak zaman now banyak yang belum pernah memainkan permainan ini. Ular tangga adalah salah satu permainan favorit kami sekeluarga. Bermainnya secara gantian, saya dengan Aal, Aal dengan Abinya, pernah juga bermain bertiga sekaligus (adiknya sebagai penyemangat).

Ular tangga umumnya menggunkan papan yang sudah didesain khusus untuk permainan ular tangga, dilengkapi dengan dadu dan bidak-bidaknya (pion). Set papan ular tangga banyak dijual di toko-toko mainan, toko buku, atau toko online seperti tokopedia. Ada juga ular tangga digital, lho.. Bisa langsung di unduh/download di Play Store dengan memasukkan keyword "ular tangga" pada kolom pencarian/search.

Ular tangga di Play Store.
Permainan ular tangga ini seru dimainkan bersama keluarga, bisa banget menjadi aktifitas untuk mengisi family quality time kami. Selain itu, bermain ular tangga juga berfungsi melatih kemampuan menghitung Aal karena harus menjalankan biduk/pion sesuai dengan jumlah mata dadu yang muncul, melatih kesabaran dan tidak mudah menyerah jika terpeleset turun mengenai kepala ular, belajar untuk senantiasa jujur dan patuh terhadap aturan.

2. Congklak

Permainan congklak. Sumber gambar: erwinmakalah
Ini salah satu permainan tradisional Indonesia. Jujur, saya baru memainkan permainan ini pertama kali bersama Aal. Masa kecil saya sepertinya tidak pernah bermain congklak, saya juga baru memahami cara bermainnya saat bermain bersama dengan Aal. Ya ampun, kasihan yaa...

Bermain congklak ternyata seru juga. Congklak dimainkan di sebuah papan congklak yang berisi 16 lubang dan masing-masing lubang diisi 7 buah biji, kecuali lubang besar yang ada di bagian kanan dan kiri papan. Pada umumnya, congklak hanya dimainkan 2 orang saja. Saya dan Aal, Aal dan Abinya, begitu bergantian. Sama seperti ular tangga, bermain congklak juga melatih kemampuan berhitung, dan beberapa manfaat yang juga sama dengan  manfaat bermain ular tangga.

Kita bisa membeli papan congklak secara online atau pun di toko-toko mainan terdekat. Bisa juga bermain congklak digital, tinggal masukkan keyword "congklak" di kolom search Play Store, download/unduh, dan mainkan.

Congklak digital di Play Store 

3. Tebak-Tebakan Isi Gelas

Nah, ini mainan kami kalau sudah bosan dengan seabreg mainan. Tidak hanya gelas, seringnya saya menggunakan lego balok, cara bermainnya juga membutuhkan biji atau kancing atau manik-manik atau apapun yang ada di sekitar pandangan mata dan bisa dimanfaatkan untuk bermain.

Permainan ini tidak kalah seru! Caranya gampang, deretkan gelas atau lego balok atau apapun sebanyak 3 atau 5 buah (bebas). Tutup biji dengan cepat menggunakan salah satu gelas, lalu geser dan putar-putarkan bersama dengan gelas lainnya. Minta anak untuk menebak, "ayoo...mana gelas yang berisi biji?"

Permainan sederhana ini bermanfaat melatih konsentrasinya, melatih matanya untuk melihat fokus dan cepat pada satu benda, dan tentunya menciptakan suasana asyik dan seru bermain bersama keluarga.

4. Mencari Benda/Gambar

Biasanya saya dan Aal bermain mencari benda ketika kami sama-sama suntuk dan bosan. Misalnya, saat menunggu antrian, saat menunggu dijemput Abi, dan di kesempatan lainnya. Sambil duduk santai kami bermain, "Aal, coba cari gambar pisang!", "Aal, coba cari kucing lagi tidur!, "Aal, coba cari anak kecil pakai jilbab pink!"

Dia mencari, "hmm, mana ya?" Matanya kesana kemari memperhatikan tiap gambar yang ada. Senangnya dia ketika menemukan gambar yang saya maksud. Kami bergantian, kadang Aal yang meminta saya mencari gambar atau benda. Ini tuh permainan murah meriah, sederhana, tapi bermanfaat melatih konsentrasi, fokus, dan juga menjadi pilihan permainan seru ketika gundah gulana melanda.

5. Bermain Peran

Aal dan Maryam berperan sebagai ibu dan bapak, itu boneka di dalam gendongan berperan sebagai bayinya.
Nah, ini juga permainan favorit. Kadang tanpa instruksi, tiba-tiba saja Aal dan Maryam bermain peran. Bermain peran ini jagonya si adek Maryam. Dia paling bisa berperan menjadi nenek-nenek, orang jualan, seorang ibu yang merawat anaknya, sebagai dokter, sebagai pasien, dan banyaak lagi.

Saya suka lucu sendiri kalau mereka lagi bermain peran. Apalagi Maryam, gadis kecil yang masih berusia 19 bulan ini bisa banget mendalami peran dengan mimik dan gerakan yang lumayan pas. Sering sekali saya dan Abinya terlibat, kami berperan sebagai pembeli, sebagai pasien, dan lainnya menyesuaikan peran mereka. Mereka merespon dengan sangat cepat, benar-benar jago drama. Hehehe.

Ah, Nak.. Kadang kalian menggantikan serial drama Korea yang dulu selalu Umi tonton di sela-sela waktu kosong, tapi kalian lebih menyenangkan! Umi suka!


Itu dia, 5 ide permainan seru bersama keluarga yang menyenangkan, bermanfaat karena bisa sekalian belajar, dan menambah nilai kualitas saat berkumpul bersama keluarga.

Apa saja ide permainan seru bersama keluargamu? Yuk, silahkan berbagi di kolom komentar.. :)

Baca juga tentang Family Project

You May Also Like

8 comments

  1. Aaaa gemeess ngeliat Maryam sama Aal.. sweet banget😘

    Kayaknya bermain peran ini paling simple yaa, main imajinasi aja, bisa dilakukan kapanpun dimana pun kadang tanpa properti hehe

    ReplyDelete
  2. Asyikk semua. Tp tebak2an isi gelas aku serin ditinggalin Aqila. Hahaha gak doyan dia hal misterius. Dia orangnya gak tipe gitu Wkwkwkw

    ReplyDelete
  3. WOW!!! tahu nggak sik baca ulasanmu ini aku langsung download mencala ini. hwahahah. batu lubang kami bilangnya di masa kecil.

    ReplyDelete
  4. Wah, mba alternatif permainan yang seru yak. Kami di rumah karena perempuan semua jd mainnya di dapur, masak memasak try resep baru kadang berhasil kadang enggaak hahaha...

    ReplyDelete
  5. Makasih idenya dek, bisa di praktekin ke Cyila hehe

    ReplyDelete
  6. Jadi emak memang harus kreatif agar anak nggak bosen dan lari ke gadget ya mbak. Dulu, waktu anak pertama saya masih bisa mengarahkan anak untuk main berbagai mainan tradisional karena memang waktu ini gadget nggak sekuat sekarang efeknya. Kalau adiknya udah kena 'virus' kakaknya main gadget jadi harus super ketat membatasi waktu mereka pegang gadget.

    ReplyDelete
  7. Wow .. dah lama gak dengar permainan ular tangga . Jadi mau ikutan gabung main. Boleh tak

    ReplyDelete
  8. permainan nya jadi mengingatkan aku ke masa kecil aku
    dimana tidak ada handphone atau smart phone

    fokus main konvesional ... tapi masih kerasa banget seru nya waktu dulu

    ReplyDelete