Pengalaman Menggunakan Jasa Go-Clean Untuk Bersih-Bersih Rumah

by - 11:09 PM


Pengalaman Menggunakan Jasa Go-Clean Untuk Bersih-Bersih Rumah - Ini kejadian beberapa hari yang lalu, ketika itu saya benar-benar tidak bisa bergerak aktif dan leluasa seperti biasanya untuk membersihkan rumah karena sibuk mengurus adek Maryam yang lagi kurang sehat. Maunya digendong terus, bujuk makannya juga harus penuh perjuangan, pokoknya waktu saya habis untuknya saja.

Alhasil, lebih dari 2 hari rumah itu tidak disapu dan dipel, rasanya udah kotor banget. Dapur juga berantakan, kamar, ruang tengah, ahh semuanyaa berantakan. Saya risih kalau rumah kotor, terutama bagian lantai ya, tempat yang paling sering dipakai anak-anak untuk bermain. Apalagi Aal, anak pertama saya itu alergi debu, kan saya jadi khawatir sama kesehatannya gara-gara lantai yang lama tidak dibersihkan.

Iseng, saya coba buka aplikasi Go-Jek mencari menu Go-Clean, siapa tahu bisa bantu meringankan tugas saya saat itu. Hehehe. By the way, sebelumnya saya pernah lihat instastory salah satu teman saya yang menggunakan jasa Go-Clean untuk membersihkan area dapurnya. Dari dialah saya tahu kalau Go-Clean sudah bisa digunakan di Batam.

Banyaknya menu dari Go-Jek!

Kembali lagi ke cerita saya..

Setelah saya mencari menu Go-Clean di aplikasi Go-Jek, saya diarahkan untuk menginstall satu aplikasi lagi yang bernama Go-Life. Saya turuti kemauannya, aplikasi Go-Life berhasil diinstall di handphone saya. Tidak sabar dong, ingin segera mencoba. Saya langsung memilih Go-Clean.

Fyi, menu Go-Life yang sudah tersedia di Batam saat ini hanya Go-Massage (jasa pijat), Go-Auto (jasa cuci mobil) dan Go-Clean (jasa bersih-bersih). Semoga segera lengkap ya, karena kemudahan seperti ini sungguh sangat membantu banyak orang yang membutuhkan.

Kembali ke cerita saya lagi..

Setelah membuka menu Go-Clean, kita harus memilih layanannya, yaitu Reguler atau Spesial. Ternyata, layanan Reguler itu bersih-bersih umumnya dan Spesial itu layanan khusus menyetrika saja. Saya memilih layanan Reguler sesuai dengan yang saya butuhkan.

Setelah itu kita bisa memilih, apakah layanan ini menggunakan alat pribadi (alat kebersihan milik sendiri, seadanya yang ada di rumah) atau alat yang disediakan khusus oleh penyedia jasa. Biar nggak ribet, saya pilih menggunakan alat dari penyedia jasa saja.


Okey, lanjut ke step berikutnya. Pada saat saya menulis cerita ini, sepertinya sudah ada pembaharuan di aplikasi Go-Lifenya. Tampilan menunya tampak berbeda tidak seperti yang terlihat seperti beberapa hari yang lalu (waktu itu lupa screenshoot karena mamak repot, maafkan mamak..). Kalau yang sekarang tuh, seperti mau order makanan, gitu. Sedangkan berapa hari yang lalu, pemilihan ordernya berdasarkan durasi pengerjaan (minimal 1 jam). Durasi 1 jam tarifnya sekian Rupiah, 1,5 jam tarifnya Rp60.000, ada yang 2 jam, 2,5 jam, 3 jam. Saya pilih yang durasinya 1,5 jam dan tarifnya Rp60.000.

Go-Clean tampilan baru.
Saya suka, karena kita bisa tentukan penyedia jasanya (petugasnya) laki-laki tau perempuan. Kalau saya, tentu yang perempuan supaya lebih nyaman. Kita juga bisa menentukan jam berapa kita butuh mereka datang, jadi bisa disesuaikan sama jadwal penyedia jasanya. Tadaaa! Saya memesan jasa Go-Clean, aplikasi mencoba untuk mencari penyedia jasa yang ready. Tidak butuh lama, penyedia jasa ditemukan. Selamat untuk saya hari itu! Hehehe.

A few hour later... Tepatnya 1,5 jam setelah saya order, para penyedia jasa datang. Terlambat 20 menit dari jam yang disepakati di aplikasi, tapi biarlah, saya nggak suka cari masalah orangnya. Sudah ada orang yang bisa datang membantu tugas saya saja saya sudah berterimakasih dan bersyukur.

Mbak-mbaknya datang 2 orang, masih muda, kira-kira seumur saya. Kan saya masih muda!! Awalnya saya kaget, kok 2 orang. Tapi ternyata mereka saling membantu, bayarnya tetap sesuai tarif yang ada di aplikasi. Malah kalau dikerjain 2 orang bisa jadi lebih cepat, kan?

Tanpa banyak cerita, setelah salaman dan berkenalan singkat, mereka langsung bekerja. Mereka bagi tugas, satu langsung bersihkan kamar tidur dan yang satu langsung garap dapur. Saya agak surprised, mbaknya mencuci piring, membersihkan kompor, bagian bawah kompor, bagian rak bumbu, semua area dapur dilap dan bersih. Ini di luar ekspektasi saya, sih. Alhamdulillah. Hehehe.

Mbaknya sedang membersihkan dapur saya.

Lanjut bersihkan ruang tengah dan ruang depan (ruang tamu), area komputer, rak buku-buku suami saya, meja belajar anak saya, semua dilap, lantai divakum dan dipel. Lalu saya terkaget lagi, kamar mandi juga disikat. Senangnya hati mamak karena semuaaanya jadi bersih. Padahal tadinya saya pikir, mereka hanya bereskan kamar, ruang tengah, sapu dan pel saja. Hehehe.

Mbaknya membersihkan area buku-buku.

Kurang lebih 1 jam 15 menit mereka menyelesaikan semua tugasnya. Rumah saya beres, mereka istirahat sejenak minum dan sambil kami ngobrol santai sebelum mereka pergi bertugas kembali di lain tempat.

Ya Allah, hari itu saya sangat merasa terbantu. Adanya Go-Clean sangat bermanfaat bagi mamak-mamak yang membutuhkan seperti saya. Setidaknya saya bisa fokus mengurus dek Maryam yang sedang kurang sehat, rumah tetap terurus, Aal bisa main di atas lantai yang bersih, mbak-mbaknya juga senang karena bisa bekerja dan mendapatkan penghasilan. Pokoknya kita semua senang!

Itulah cerita pengalaman saya ketika pertama kali mencoba jasa Go-Clean untuk bersih-bersih rumah saya beberapa hari yang lalu. Untuk itu, saya punya beberapa himbauan untuk para pembaca.

Berikut himbauannya di bawah ini:

Pengalaman saya, belum tentu sama dengan pengalaman orang lain. Perbedaan pengalaman ini bisa juga karena pelayanan tiap penyedia jasa yang berbeda-beda. Ada tipe penyedia jasa yang memang rajin, ada yang bekerjasama dengan rekannya seperti penyedia jasa yang bertugas di rumah saya itu, supaya kerjaan mereka lebih cepat terselesaikan, mungkin ada juga tipe penyedia jasa yang kurang cepat, kurang inisiatif, dan lain sebagainya.

Selain itu, kondisi rumah juga bisa menentukan perbedaan pengalaman orang, ya. Ada yang rumahnya parah berantakan, pasti butuh waktu lebih lama untuk membereskannya. Durasi 1,5 jam tidak akan cukup untuk membereskan seluruh ruangan yang ada. Sedangkan kondisi rumah saya saat itu tidak parah, mainan-mainan anak sudah lebih dulu dibereskan anak saya ke dalam boxnya, kamar tidur berantakan hanya di bagian sprei karena dipakai tidur, piring kotor juga tidak menggunung. Rumah saya juga tergolong kecil. Hanya punya 1 kamar tidur, 1 dapur, 1 kamar mandi, 1 ruang tengah yang gabung dengan ruang depan, tidak punya banyak perabot (sofa, lemari hias, dll).

Jadi, tidak bisa disamakan atau dibanding-bandingkan antara pengalaman saya di atas dengan pengalaman seseorang lainnya, ya.. Yang jelas, Go-Clean ini bisa jadi solusi ketika kita benar-benar sedang butuh jasa untuk bersih-bersih. Tapi saya berencana akan memakai jasa Go-Clean secara rutin, deh. Sebulan sekali, misalnya. Hehehe. Karena saya termasuk jarang menyentuh bagian bawah kompor, beberapa bagian yang juga jarang saya lap dan itu dilap sama mereka. Hasil keseluruhannya juga bersih, rapi dan memuaskan.

Terima kasih untuk mbak-mbaknya, untuk Go-Clean, untuk Go-Jek!
Bintang 5 untuk kalian!

You May Also Like

7 comments

  1. nice info sis, kayaknya bisa neh dicoba lagi lain waktu..
    heheheee

    ReplyDelete
  2. Nice infoo Juliii...kalau sy tipe bersih2 yang terlihat mata saja.. hehehehe

    ReplyDelete
  3. Wah beneran solusi cerdas kalo pengen bersih-bersih rumah tapi lagi rempong ya.. Makasih sharingnya. Kayaknya tertarik pengen nyoba juga

    ReplyDelete
  4. wuih bermanfaat banget nih, aku belum pernah cobain jasanya. kalau kaya gini termasuknya worth it banget ya...

    ReplyDelete
  5. Waaah udah ada ya. Mau ah sekali-kali kalau lagi hectic bisa nih aku pesan go clean.

    ReplyDelete
  6. Cocok neh bagi orang yang gak punya waktu bersih-bersih, bisa pakai jasa ini

    ReplyDelete
  7. Mantab ini sbg alternatif bersih-bersih saat dibutuhkan... Sy suka yg beginian jadi kalau gak sempat baru dipanggil utk bersih2

    ReplyDelete