11 Bulan Kuliah Bunda Sayang Di Institut Ibu Profesional - Aliran Rasa

by - 9:31 AM



Aliran rasa 11 bulan Kuliah Bunda Sayang IIP. Alhamdulillah, berakhir sudah materi dan tantangan ke-11, itu artinya, tinggal selangkah lagi perjalanan di kuliah Bunda Sayang Institut Ibu Profesional (IIP) ini. Di materi ke-11 lalu, kita belajar tentang Pentingnya Membangkitkan Fitrah Seksualitas Pada Anak. Materi ini luar biasa bermanfaat, mengingat tantangan hidup di dunia saat ini benar-benar keras di luar nalar.

Kesucian anak-anak di bawah umur bisa saja terancam, baik itu anak perempuan maupun laki-laki. Entah, apa mungkin inilah kehidupan di akhir zaman? Wallahua'lam. Yang terpenting bagi kita adalah mempersiapkan diri, membekali generasi kita dengan iman, ilmu dan pengetahuan yang cukup.

Terima kasih banyak kepada IIP yang sudah menyajikan perkuliahan yang luar biasa sangat bermanfaat bagi para ibu. Di sini tempat kami menimba ilmu yang belum pernah kami dapatkan sebelumnya di bangku sekolah dan kuliah sebelumnya.

Di sinilah tempat kami mengevaluasi kembali visi dan misi keluarga, ide-ide kegiatan bersama anak, mengkaji tentang ilmu pengasuhan, dan banyak sekali mendapatkan informasi-informasi baru seputar anak yang memang kami butuhkan.

Yang berkesan di materi ke-11 ini adalah cara penyajian materinya yang berbeda dari yang sebelumnya. Kalau dulu awalnya fasilitator membagikan materi secara langsung (kita tinggal menerima dan membaca), lalu berubah menjadi sarana diskusi sambil menyampaikan materi (kita diajak mikir). Nah, kali ini beda lagi, yaitu dengan cara belajar mandiri, belajar berkelompok, berdiskusi, presentasi dan belajar review materi.

Keren, ya, kuliahnya mamak-mamak. Hehhee. Iya, jadi seru dan jadi lebih tertantang. Jadi, mamak-mamak di sini bukan hanya belajar tentang materi Fitrah Seksualitas saja, tapi juga belajar beberapa poin sepeti di bawah ini:


  1. Learning by Teaching: Proses belajar mandiri. Kita mencari materinya sendiri, lalu kita sampaikan kembali ke forum, berdiskusi dan saling berbagi pikiran dan informasi. Lewat "mengajar" kita bisa belajar banyak.
  2. Fokus pada solusi: Kalau bicara tentang yang buruk-buruknya saja, tidak akan ada habisnya. Seperti penjelasan saya di awal tulisan ini, dunia makin mengerikan, euy! Nah, apa yang harus kita lakukan? Hanya bicara? Tidak! Kita harus sama-sama mencari solusi agar kita terhindar dari segala sesuatu yang buruk. Kita bersama-sama, Mak! Demi anak-anak kita.
  3. Belajar presentasi online: Seru, nih. Biasanya presentasi offline di zaman kuliah, ya. Ternyata presentasi online deg-degan juga, lho. Walaupun tidak sehebat presentasi offline. Apalagi ini per kelompok, sebelumnya kita juga harus berdiskusi secara online di sebuah grup Whatsapp khusus. Tantangan terberat bagi kami adalah sama-sama menyatukan jam online. Secara aktifitas kita semua berbeda-beda, ada ibu bekerja di ranah domestik (IRT) ada juga yang ibu bekerja di ranah publik (pekerja). Tapi Alhamdulillah, kami bisa melewati tantangan ini dengan baik.
  4. Belajar menulis review: Tantangan kali ini menulis review dari materi yang dipresentasikan oleh tiap kelompok. Ada 10 kelompok untuk 10 hari, itu artinya 10 kali review. Manajemen waktu dan konsistensi benar-benar diuji, Mak!
  5. Belajar mencari sumber terpercaya terkait pengetahuan atau media ajarnya: Ini juga penting, jangan sampai memberikan informasi atau sumber materi dari yang tidak bisa dipercaya alias hoax. Salah satu tantangan kami saat berdiskusi dan mengumpulkan materi juga, nih. Keberadaan Google sangat membantu, tapi kami benar-benar harus menyaring dan menseleksi tiap artikel yang ada agar bisa kami jadikan materi yang terpercaya dan bisa dipertanggungjawabkan sumbernya.

Alhamdulillah, saya bersyukur bisa sampai pada waktu ini. Tak henti-henti saya bersyukur ketika saya bisa melawan rasa malas untuk mengerjakan tantangan. Karena memang, sering sekali rasa malas itu menggoda.

Sekarang, perjalanan di Bunda Sayang IIP tinggal selangkah lagi. Materi ke-12 nanti adalah materi yang terakhir. Semoga semangat tetap terjaga dan tetap bisa mengalahkan rasa malas! Aamiin.

#AliranRasa
#TantanganLevel11
#KuliahBundaSayangIIP

You May Also Like

0 comments