Pengalaman Menyaksikan Aksi Pesawat Tempur di Langit Hang Nadim Batam

by - 11:22 PM


Pengalaman Menyaksikan Aksi Pesawat Tempur di Langit Hang Nadim Batam - Hari ini, Kamis (21 Maret 2019) adalah hari pertama anak-anak melihat langsung pesawat tempur di acara Open Base & Static Show Pesawat Tempur. Kegiatan ini diadakan oleh TNI Angkatan Udara (AU) dalam rangka memperingati Bulan Dirgantara di Apron Bandara Hang Nadim Batam.

Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan kembali rasa cinta terhadap tanah air dan jiwa nasionalisme, khususnya bagi para generasi muda dan anak-anak. Kegiatan ini juga berlangsung dengan aman tanpa menggangu lalu lintas penerbangan dari atau menuju Batam. Jadi kita bisa melihat dengan bebas saat pesawat take off dan landing secara bergantian. 

Kegiatan ini dimulai pukul 14.30 dan berakhir pada pukul 18.00. Tapi kami sepakat berangkat dari rumah setelah Sholat Ashar, sekitar pukul 15.30. Ssampainya di Bandara Hang Nadim Batam, sudah kelihatan ramainya kendaraan-kendaraan yang menuju ke arah apron. Alhamdulillah, kami tidak terlalu sulit untuk mendapatkan tempat parkir, tidak jauh juga dari gerbang masuk menuju apron.

Cukup ramai masyarakat yang datang karena kegiatan ini memang sengaja dibuka untuk umum. Pesawat tempur yang dipamerkan di acara ini antara lain 4 pesawat tempur jenis Hawk 100/200 dan 1 Helicopter SAR Super Puma. Kita juga bisa bebas berfoto dengan pesawat tempur dan pilotnya.

Para pengunjung beramai-ramai mengerubungi pesawat tempur untuk berfoto.

Aal dan Arkan senang sekali melihat pesawat tempur secara langsung.

Berfoto bersama pilot pesawat tempur.
Foto di depan helicopter SAR Super Puma


Katanya, sih, semua pesawat tempur dan helikopter ini beraksi di atas langit Bandara Hang Nadim Batam dengan melakukan pertunjukan fly pass. Sayang sekali, sepertinya kami melewatkan moment ini karena datang terlambat.

Alhamdulillah, ternyata kami tidak terlalu merugi, karena 3 pesawat tempurnya melakukan aksi fly pass kembali. Meskipun hanya 2 putaran, tapi cukup berkesan bagi kami bisa melihat pertunjukan keren itu secara langsung di atas kepala kami.

3 pesawat tempur yang bersiap untuk fly pass.

Persiapan take off dan fly pass.
Waktu sudah hampir menunjuk ke pukul 18.00, kegiatan ini berakhir dan para pengunjung satu per satu mulai pergi. Sayang sekali kegiatan ini hanya berlangsung satu hari, pasti banyak masyarakat yang belum datang dan ingin menyaksikannya juga.

Piknik sore ini lihatin pesawat tempur beraksi di atas langit Hang Nadim Batam.

Begitulah pengalaman hari ini. Mungkin biasa saja bagi kita, tapi luar biasa bagi anak-anak. Semoga bermanfaat dan semoga kedepannya kegiatan seperti ini akan ada lagi. Sebaiknya bisa lebih dari satu hari. Setuju?


Nonton juga videonya di sini:


You May Also Like

8 comments

  1. arrgghh ini dia nih yang terlewat kemarin saya huhuhuh.. udah kedua kalinya event begini terlewat begitu saja..

    ReplyDelete
  2. ohyey,
    ternyata dalam memperingati bulan dirgantara ya.
    pantes di Tarakan sini juga seperti itu adanya...

    ReplyDelete
  3. Iya nih, sayang banget cuma sehari..pdhl pngn bgt lihat, bocil psti seneng bgt..
    Makasih videonya mamak Aal, lumayan dh bisa liat via video..hehe..

    ReplyDelete
  4. TNI jadi sering ya buka-buka dapur tempurnya kayak gini. Sebelumnya TNI AL buka 2 kapal lautnya untuk dilihat umum, Bima Suci dan lupa 1 lagi namanya, waktu itu dipamerkan di Batu Ampar, saya lihat keduanya. Kita bisa masuk dan lihat senjata-senjatanya segala. Sekarang yang ini. Keren. Indonesia semakin berubah pelan-pelan. Masyarakat semakin dianggap walau dalam hal-hal kecil begini

    ReplyDelete
  5. Mantap nih TNI, kalo masyarakat diberi kesempatan menonton dan bawa anak-anak, bisa jadi motivasi buat si anak nanti kalo udah besar pengen jadi seperti apa yg TNI lakukan, bela negara.

    ReplyDelete
  6. Demi apa aku batal ke sini karena terbentur jadwal wawancara lipsus.

    Eh tapi keren ya TNI sekarang, mereka sudah mampu melakukan pendekatan ke masyarakat mengenai tugas2 mereka dalam menjalankan pesawat tempur. Duuuh bahagianya Aal bisa piknik liat pesawat. haha

    ReplyDelete
  7. Asli mupeng banget lho. tapi kami masih di medan kamis kemarin huhu padahal Aqila suka banget tu

    ReplyDelete
  8. Anak2 suka banget nih kalo diajak lihat pesawat tempur

    ReplyDelete