Melihat Dinosaurus Bagaikan Nyata di Dino's Gate Batam

by - 1:37 AM

Dino's Gate Batam

Melihat Dinosaurus Bagaikan Nyata di Dino's Gate Batam - Sebenarnya tidak ada rencana kami untuk berkunjung ke Dino's Gate sore tadi. Paginya kami pergi ke rumah orang tua saya, karena ada sepupu saya yang berasal dari Bangkinang datang ke Batam dan bersilaturrahmi. Saat di perjalanan pulang ke rumah, sekitar jam 3 sore, saya kepikiran untuk membawa anak-anak ke Dino's Gate sore itu juga. Lalu saya izin dengan suami via whatsapp, dan...diizinkan.

Anak-anak memang lagi suka sama dinosaurus, mulai dari mainannya, bukunya, puzzle, hingga tontonannya. Nah, siang tadi mereka baru tahu kalau di Batam ada tempat wisata baru yang isinya replika dinosaurus bagaikan hidup.

"Umi..mau ke sini, mau ke sini..!" Pinta Aal sangat semangat sambil menunjuk video dari channel youtube teman saya.
"Iya nanti, sabar dulu, ya...." Begitu jawaban saya santai, mereka memahami jawaban saya.

Di sepanjang perjalanan, anak-anak mengambil kesempatan untuk tidur siang. Saya mengemudi seorang diri, hanya ditemani oleh suara sautan nafas tanda nyenyaknya tidur kedua anak saya itu. Saya semangat, membayangkan mereka akan kaget dan senang karena ternyata saya bawa ke Dino's Gate. Padahal yang mereka tahu, ya, kita di jalan menuju pulang ke rumah.

Benar saja. Ketika saya parkirkan mobil sedan tua kami, mereka terbangun dan terkaget. "Kita dia Dino's Gate?? Yiayy!!" Sorak mereka bahagia dan semangat.

Dino's Gate ini merupakan salah satu destinasi terbaru di kota Batam. Lokasinya di Bengkong Laut, Golden City. Tidak jauh dari Hotel Golden View, Belalang Adventure, dan Masjid Cheng Ho. Lebih gampang kita cari lokasinya menggunakan Google Map dengan keyword "Dino's Gate". InsyaAllah kita bisa sampai ke tujuan tanpa nyasar.

Cukup ramai pengunjung sore tadi. Parkiran motor dan mobil cukup padat, bahkan ada yang dapat parkir jauh dari gerbang masuk ke lokasi. Beramai-ramai dengan pengunjung lainnya, kita berjalan menuju gerbang. Banyak juga yang berhenti sejenak untuk berfoto menangkap backround gerbang yang bertuliskan "Welcome To Dino's Gate".


Tidak jauh, kita akan menemui ticket counter yang berwarna hijau army. Harga ticket masuk normalnya Rp80.000 untuk anak minimal 3 tahun sampai dewasa (di bawah 3 tahun gratis). Tapi, kali ini masih berlaku ticket promo, yaitu sebesar Rp50.000 saja. Tidak tahu ticket promo ini berakhir sampai kapan, semoga saja teman-teman yang baca ini masih kebagian ticket promonya, ya. Hehehe.


Dino's Gate Batam, Ada Apa Saja...?

Dinosaurusnya belum terlihat, tapi suaranya sudah mengaung kemana-mana. Suaranya berasal dari speaker yang ditaruh di beberapa sudut tempat, cukup mendramatisir keadaan sehingga terasa nyata. Terbukti dari beberapa anak-anak yang terlihat ketakutan, bahkan ada yang menangis sampai minta pulang. Hehehe. Untungnya anak saya sudi bertahan sampai akhir.

Lalu, ada apa saja di dalam Dino's Gate? Apa hanya ada replika dinosaurus saja?

Oh, ternyata tidak. Banyak spot menarik selain replika dinosaurus di sini, di antaranya:

1. Rabbit House


Letaknya di sebelah kiri ketika kita baru saja memasuki pintu masuk Dino's Gate. Saat saya ke sana, kelincinya berada di dalam pagar yang tidak terlalu luas. Orang-orang bisa melihat dan menggendong kelinci dari atas pagar. Banyak yang berfoto dan memberi makan kelinci. Tapi kok saya agak kasihan, kelinci-kelinci itu tampak ketakutan.

2. Replika Bunga Rafflesia


Replika bunga rafflesia cukup menarik perhatian pengunjung. Di sini pengunjung bisa berfoto, sebagian anak-anak malah menaiki replika bunga rafflesia itu untuk berfoto. Cantik!

3.Telur Dinosaurus


Ada 2 butir replika telur dinosaurus di Dino's Gate. Yang satu telurnya masih bulat utuh dan yang satu telurnya sudah pecah. Kita bisa berfoto di dalam telur, seakan-akan kita adalah anak dinosaurus yang baru menetas. Hehehe.

4. Banyak Replika Dinosaurus Berukuran Sedang


Duh, saya lupa ada berapa jumlah replika dinosaurus yang berukuran sedang. Cukup banyak, lebih dari 5 pastinya. Masing-masing dinonya bisa mengeluarkan suara dan bisa bergerak karena adanya batrai/dinamo di dalamnya. Tiap dino juga dilengkapi dengan papan nama, sekaligus deskripsi singkat seperti ukuran dan jenis makanannya.

5. Spot Foto Menarik


Tiap tempat wisata, tidak lengkap kalau belum ada spot khusus untuk foto-foto. Di Dino's Gate juga ada! Diantaranya ada rumah pohon, sarang burung, backround gambar dinosaurus, backround love atau heart, jendela ajaib, dan lain sebagainya.

6. Foto Bersama Dino


Kita tidak boleh menyentuh replika dinosaurus yang dipajang. Tapi, ada satu dino yang memang khusus untuk diajak foto-foto. Dino ini boleh disentuh, kita bisa berfoto sambil memegang kepala atau tangannya. Awas, sesekali ia suka mengageti kita dengan gerakan dan suaranya. Hehehe. Padahal, di balik itu hanyalah manusia yang memakai kostum dino.

7. Taman Dino


Taman dino ini indah sekali. Areanya cukup luas, di tengah-tengahnya terdapat kolam hias dan beberapa jenis dino berukuran kecil. Di belakangnya terdapat air terjun yang dikelilingi oleh 3 dinosaurus berukuran sangat besar. Tampak seperti nyata, apalagi dinosaurus berleher panjang itu bergerak mengayun-ayunkan kepalanya hampir menyamai pohon yang tinggi.

8. Odong-Odong Dino


Kalau tadi ada dino yang bisa disentuh dan diajak foto, di sini juga ada dino yang bisa dinaiki. Saya sebut odong-odong dino karena kalau kita mau naik, harus pakai koin yang dimasukkan seperti odong-odong biasanya. Dinonya juga hanya bisa bergerak maju mundur seperti odong-odong, bedanya, kepala dino bisa bergerak dan mengeluarkan suara khas dinosaurus.

Koin bisa dibeli di minimarket/toko cindera mata yang tidak jauh dari area odong-odong seharga Rp10.000/1 koin. Hmm, mahal yak! Hehehe

9. Replika Susunan Tulang Dino


Kita juga bisa melihat susunan tulang dinosaurus di sini. Tulangnya juga tiruan atau replika, ya, bukan tulang asli.

10. Area Permainan Mencari Tulang Dino


Masih satu area dengan odong-odong dan replika tulang dino, di sana terdapat permainan mencari tulang dino yang terkubur. Jadi, anak-anak boleh menggali pasir untuk menemukan tulang dino yang  terkubur. Jangan khawatir kotor, karena ada beberapa kran air dan westafel untuk kita cuci tangan dan kaki di sana, kok.

11. Playground


Nah, ini yang disukai anak-anak, area bermain. Ada ayunan, kereta putar-putar (lupa nananya, hehehe),  dan lain-lain. Tidak terlalu banyak, tapi cukup membuat anak berat untuk pulang.

12. Minimarket / Toko Cindera Mata


Nah, di sini tempat belu koin untuk main odong-odong dinonya. Selain itu, di sini juga menjual minuman, cemilan, mainan dinosaurus, dan lain sebagainya.

Whuaa, banyak juga, ya.. Butuh waktu sekitar 1 jam untuk kami mengelilingi semua sembari berfoto. Keren banget, akhirnya Batam punya tempat wisata dinosaurus seperti ini. Sebelumnya, saya hanya melihat taman replika dinosaurus ini di IG story seorang teman di Jakarta.

Semoga tempat wisata Dino's Gate ini terus berkembang dan terjaga dari tangan-tangan manusia yang tidak bertanggung jawab. Itu yang terpenting, ya!

Semoga tulisan ini mengandung informasi yang bermanfaat, menjadi salah satu refrensi liburan keluarga yang menarik dan edukatif. Terima kasih sudah rela membaca sampai akhir! Selamat liburan.... :)

You May Also Like

1 comments