Kenali Bahasa Kasih Anak, Yuk.

by - 6:50 AM


Ngomongin soal kasih sayang untuk mereka, rasanya saya tidak tahu harus berkata apa. Tapi apa itu Bahasa Kasih? Bahasa Kasih adalah cara-cara seseorang memenuhi kebutuhkan emosionalnya sekaligus cara mereka mengungkapkan perhatian atau kasih sayang terhadap orang lain. (Disarikan  oleh Bunda Umi Shalihah dari buku "5 Bahasa Kasih", karya Gary Chapman)

Apa saja sih 5 Bahasa Kasih menurut Buku 5 Bahasa Kasih tersebut?

1. Kata2 Pendukung
Bahasa kasih ini lebih kepada lisan/tulisan, baik itu kalimat pujian, motivasi, kalimat2 permohonan (bukan tuntutan). Hal ini sangat memperhatikan intonasi bicara, gaya bicara dan pemilihan kata2.

2. Waktu Berkualitas
Memberikan moment kepada orang2 tersayang dengan fokus, tanpa diganggu oleh kegiatan apapun lainnya. Waktu berkualitas bisa berupa berbicara intens, ditemani berkegiatan bersama, dll.

3. Memberi Hadiah
Ini tipe2 yang mudah dikenali. Biasanya sangat suka bila diberikan hadiah saat moment penting.

4. Pelayanan
Ada orang yang merasa sangat dicintai ketika dilayani. Bisa melakukan apa saja tanpa melihat (ini tugas laki2/ini tugas perempuan). Memberikan masakan enak misalnya..

5. Sentuhan Fisik
Ini merupakan komunikator cinta yang sangat kuat.

Lalu, kira2 yang mana bahasa kasih buah hati saya ya?
Karena anak2 saya masih di bawah 5 tahun (Aal 3y8m dan Maryam 11m), belum terdeteksi secara spesifik. Aal yang sudah mulai terbaca, saat ini ia lebih pada sentuhan fisik, kata2 pendukung dan waktu berkualitas. Sedangkan Maryam masih sentuhan fisik yang menjadi cara ampuh meredakan emosinya, peluk, gendong, menyusu, usapan, dll.

Sentuhan fisik sudah seperti kebutuhan wajib bagi anak2 saya. Setiap emosionalnya goyang, yang ia inginkan selalu pelukan. Apapaun kegundahan hatinya selalu ingin diobati dengan pelukan saya. Selain itu juga, usapan. Ketika dia merasa gundah, sedih, marah, usapan menjadi andalan untuk menyuntik ketenangan hatinya kembali. Usapan juga cara cepat menidurkan Aal, hehhee.

Kata2 pendukung juga ampuh setelah saya sudah melakukan kontak fisik. Kata2 yang diucap dengan intonasi pelan dan lembut, sambil menyentuhnya pastinya, ini menjadi andalan untuk mengisi tanki emosionalnya.

Waktu berkualitas juga tak kalah penting, mengingat Aal anak yang sangat cerdas dalam bercerita, presentasi, dll yang butuh perhatian fokus dan intens ketika harus mendengarkan ia berbicara.

Dengan mengetahui bahasa kasih, insyaAllah kita lebih mudah dalam membersamai dan menghadapi mereka.

Semoga bermanfaat.. Yuk cari tau bahasa kasih si buah hati.. 😊

Terima kasih Mba Erli sudah mengangkat tema "Ekspresi Bahasa Kasih Ibu" pada arisan menulis di Rumbel Menulis IIP Batam minggu ini.

You May Also Like

18 comments

  1. Bahasa kasih ...ada ...tapi terkadang nggak ngeh kalo itu bahasanya

    ReplyDelete
  2. tema bahasa kasih ini nampak simple tapi cukup memutar otak ya ummi Aal😡

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa mbak, jd sprti tugas kita utk cari tau apasih bahasa kasih anak2 kita slma ini..hehe

      Delete
  3. Aku salfok sama fotonya aal 😍
    Iyah pelukan termasuk bahasa kasih yg paling sering pasti ya kita buat

    ReplyDelete
  4. Aku salfok sama fotonya aal 😍
    Iyah pelukan termasuk bahasa kasih yg paling sering pasti ya kita buat

    ReplyDelete
  5. Makasih info nya mbk juli, saya mau belajar terus dari mbk juli,kayak nya sabar sekali kamu mbk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. MasyaAllah, aku msh hrs bnyk bljr ttg sabar mbak..... tp tiap memandang mata mereka itu suntikan kesabaran. aku ga kuat klo lihat mata mereka..

      Delete
  6. Waah..
    mamas sayang sekali sama adek yaa.
    akur-akur ya nak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. smg jd motivasi utk khalid beradik ya kak, eh..

      Delete
  7. So sweet bgt lah mas Aal sama adeknya ni.. Jadi ngebayangin kalo msalnya nnti Afif punya adek bisa kyk gitu ga yaa..? *Eeh salfok ��

    ReplyDelete
  8. Terima ksh mba juli... sangat informatif... noted mba tulisannya :)

    ReplyDelete
  9. Replies
    1. peluk dan cium juga untu the krucils 😘😘😘😘

      Delete
  10. salam sayang untuk aal dan maryam, suka banget liat foto keakraban kakak adik yang satu ini

    ReplyDelete