Matematika Ada Di Jam Dinding

by - 1:55 AM

Aal dan Maryam peserta paling cilik.

Hari ini ada cooking class bertema Burger untuk Aal. Kali kedua Aal mengikuti kelas memasak bersama Khansa Pizza sebagai fasilitator dan Burger John di Rumah LDK, KBC Batam Centre.

Sebelum bikin burger, bermain dan berkenalan dulu dengan teman-teman.

Bahan-bahan burger sudah ready.

Sepertinya dia ketagihan ikut kelas memasak, hehee. Entah apakah memasak adalah salah satu passion-nya? Masih akan saya observasi.

Burgernya jadi! Foto bersama dulu sebelum makan.

Siap untuk makan!

Baca juga: Pengalaman Aal mengikuti Cooking Class Pizza

Seperti cooking class sebelumnya, Aal sangat semangat menunggu hari itu. Cooking class burger diadakan sore hari, tepatnya jam 16.00 WIB. Biasanya, ini adalah jam tidur sore Aal. Saya berusaha agar dia tetap ada waktu untuk tidur sebelum pergi mengikuti cooking class.

Sounding sudah saya mulai sejak pagi harinya. "Sayang, nanti tidur siang jam 1 ya.. Biar Aal segar saat mengikuti cooking class. Mau?" Lalu dia bertanya, "kenapa? Aal nggak mau tidur. Aal segar, kok." Saya masih terus membujuk, mengajaknya agar mau memajukan jam tidurnya.

Setelah makan siang dan sholat Dzuhur, saya mengajaknya tidur. "Sayang, lihat jam, deh. Jarum panjang di angka 9, 15 menit lagi jam 1 siang. Kita bereskan mainan, yuk! Jarum panjang di angka 12, tepat jam 1 siang kita tidur. Ok?"

Dengan penjelasan dan negosiasi, Alhamdulillah akhirnya dia mau untuk tidur. Dia tidur jam 13.20 WIB dan bangun jam 14.50 WIB. Dia bisa mengikuti kelas dengan tepat waktu, segar, dan bahagia.

Saya sudah membiasakan Aal untuk melihat jam. Yang dia tahu, jarum yang pendek itu jarum jam, dan jarum yang pendek itu jarum menit.

Biasanya saya memberinya waktu untuk makan atau berberes mainan menggunakan jarum panjang (menit). Walaupun dia belum tahu detail tentang detik dalam hitungan menit. Menurut saya, dengan membiasakannya (melihat jam) saja insyaAllah dia akan paham sendiri nantinya.

Alhamdulillah, dia tahu 5 menit, 10 menit, dan 45 menit. Kadang dia sendiri yang mengingatkan waktu makannya, "seven minutes again."

MasyaAllah Tabarakallah..

Baca juga: Hari ke 3 tantangan 10 hari games level 6

#harike4
#tantangan10hari
#level6
#ilovemath
#matharoundus

You May Also Like

0 comments