Berkunjung ke Taman Rusa dan Taman Kelinci di Sekupang, Wisata Edukatif di Batam

by - 10:20 PM


Berkunjung ke Taman Rusa dan Taman Kelinci di Sekupang, Batam

Sudah lama saya merencanakan liburan ke Sekupang mengunjungi Taman Rusa dan Taman Kelinci yang belum lama ini dibuka di daerah Sekupang. Letaknya sekitar 5-10 menit saja dari Taman Rusa. Senangnya, Batam semakin menambah kawasan wisata edukatif seperti ini. Anak-anak bisa berlibur, bermain, sekaligus belajar menyayangi binatang.

Dan akhirnya, weekend lalu, kami berkunjung ke rumah orang tua saya yang berada di daerah Sekupang. Suasana Sekupang yang rindang dan asri sejak dulu karena pepohonannya membuat saya rindu untuk pulang. Meskipun ada beberapa hutan yang sudah hilang karena dibangun perumahan, tetapi teduhnya barisan pepohonan di tepi jalan raya Sekupang masih membuat sejuk mata memandang hingga saat ini.

Suasana jalanan seperti ini akan kita temukan jika kita berada di perjalanan menuju ke Taman Rusa dan Taman Kelinci di Sekupang. Cocok sekali untuk refreshing dari keramaian dan bisingnya suasana kota Batam yang sudah mulai riweh.

Penasaran dengan Taman Rusa dan Taman Kelinci di Sekupang? Yuk, baca ceritaumi tentang keseruannya!

1. Taman Rusa Sekupang


Tempat yang satu ini baru mulai dikenal banyak orang beberapa waktu belakangan, sebelumnya tempat ini terkesan agak privat menurut saya. Hanya beberapa  orang saja yang tahu dan datang ke tempat ini. Bisa jadi karena tempatnya yang agak terpencil dan belum ada petunjuk lokasi saat itu.

Sebelum terkenal sebagai Taman Rusa, awalnya tempat ini dikenal sebagai Jogging Track dan tempat olahraga milik Otorita Batam (sekarang BP Batam). Dulu, ini lokasi favorit kami sekeluarga untuk berolahraga setiap weekend di pagi hari. Jogging Track ini cukup panjang dengan jalanan yang berbelok-belok, dikelilingi teduhnya pepohonan, suara jangkrik yang membuat seakan-akan kita sedang tidak berada di kota Batam, dan adanya gazebo di seberang kandang rusa untuk duduk-duduk santai dan berisirahat.

Jogging Track yang berbelok-belok dan asri.

Saat masih terkenal sebagai Jogging Track, belum banyak rusa yang tersedia. Beda dengan sekarang, justru pengunjung berdatangan karena ingin melihat rusa yang banyak dan bisa kita suapi makanan. Seru, bisa jogging sekalian kasih makan rusa!

Taman Rusa Sekupang juga menjual makanan rusa jika kita tidak membawanya dari luar. Tapi, tiap kami kesana, kami selalu prepare membawa 2 ikat sayur kangkung untuk kami berikan kepada rusa. Aal sangat suka karena bisa memberikan makanan kepada rusa-rusa yang juga menunggu makanan dari kita. Asal tidak membuatnya takut dan kaget, kita bisa berdekatan dengan mereka sambil menyuapinya makanan dan foto-foto pastinya.

Aal saat memberi makan rusa.

Hello, rusa!

Jangan lupa untuk menjaga kebersihan lingkungan juga, ya!

Jalan Menuju Taman Rusa Sekupang

Taman Rusa Sekupang berada di Jl. Cipto Mangunkusumo, Sekupang. Lokasinya di seberang gedung Guest House Sekupang, masuk lewat gedung logistik BP Batam, dan sekarang sudah ada petunjuk jalan masuk menuju Taman Rusa, jadi sudah tidak sulit ditemukan lagi.

Petunjuk jalan ke Taman Rusa.

Biaya Masuk: Free (saat tulisan ini dibuat)
Jam Operasional: 06.00 - 18.00 WIB

2. Taman Kelinci Batam

Ada yang tidak sabar main sama kelinci, hehe.

Taman Kelinci yang berada di Bukit Dangas, Sekupang ini baru dibuka pada pertengahan bulan April 2018 lalu. Meskipun masih sangat baru, tapi pengunjung Taman Kelinci cukup ramai, khususnya yang membawa anak-anak.

Membawa anak ke Taman Kelinci menjadi tujuan wisata yang asyik. Anak-anak bisa berinteraksi langsung dengan kelinci, bermain, memegang, dan memberi makan kelinci. Kelinci yang tersedia cukup banyak, ada beberapa model rumah kelinci yang lucu-lucu sebagai tempat kelinci berteduh dan bermain.

Ciyee, ada yang senang bisa bermain dengan kelinci!

Kelincinya cantik.

Makan bareng, gemass!

Caution! Tidak boleh dibawa pulang.

Taman Kelinci juga menjual makanan kelinci jika kita tidak membawanya dari luar. Karena kami tidak membawa makanan kelinci dari luar, akhirnya kami membeli makanan kelinci seharga Rp5.000/2 ikat kecil daun petai cina.

Dijamin, anak-anak pada senang dan excited karena dikerubungi kelinci jika kita membawa makanan. Lucu sekali.. Sayangnya, saat itu kami tidak bisa berlama-lama karena cuaca yang mulai mendung. Jalanan di Taman Kelinci yang masih tanah dan tidak rata membuat khawatir jika hujan, otomatis jalanan menjadi licin dan harus ekstra hati-hati membawa kendaraan.

Tidak hanya kelinci, terdapat juga area Kids Outbond untuk menikmati serunya menguji keberanian dan melatih fisik anak. Tidak ketinggalan pula beberapa photobooth yang unik dan menarik untuk berfoto ria.

Kids Outbond Area

Aal: Eh, disini ada rusa juga, Umi!

Tangga menuju kandang kelinci.


Jalan Menuju Taman Kelinci

Taman Kelinci berada di daerah Bukit Dangas, Sekupang. Tidak jauh setelah melewati Sijori Resort, kita bisa menemukan petunjuk lokasi Taman Kelinci di sebelah kiri.

Biaya Masuk: Dewasa Rp10.000, Anak-Anak Rp5.000, Parkir Rp2.000
Jam Operasional: 07.00 - 18.00 WIB


Seru, kan? Murah meriah sudah bisa bikin anak-anak senang. Taman Rusa dan Taman Kelinci di Sekupang bisa jadi tempat wisata pilihan favorit keluarga.

Yang sudah berkunjung kesana, yuk cerita pengalamanmu di kolom komentar! :)

You May Also Like

19 comments

  1. Pas kami kesana minggu lalu ngasi makan wortel masih free hehe,enak ya masih sepi kalo main kesana. Bentar lagi kalo udah viral pasti empet2an

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hari minggu kmrn lmyan rame loh, Mbak.. Kmrn dikasih daun pete cina, lupa bawa wortel dari rumah. Hehehe

      Delete
  2. jadi.. udah ada taman2 hewan .... penasaran ke depannya ada taman apalagi ya. taman merpati.... taman apa ya

    ReplyDelete
  3. Makasi ceritanya dek, dr kmren2 pengen ke taman rusa tpi nggak tau tempatnya dmn

    ReplyDelete
  4. wah kalo taman rusa sering joging disini hehe, soalnya tempat kerja gak jauh dari sini, nah tapi kalo taman kelinci baru nih ya sepertinya jd penasaran pengen kesana hehe

    ReplyDelete
  5. Taman rusa maunya rusa2 dilepas gitu yah umi biar kita bisa saling berinteraksi. Ke taman kelinci belom nih, kelincinya unyu2...

    ReplyDelete
  6. Sering dengar tentang Taman Rusa tapi belum pernah lihat penampakannya. Baru kali ini :)
    Wah ada pilihan destinasi lagi nih di Sekupang!

    ReplyDelete
  7. Keren ya buat edukasi anak-anak. Jadi pengen ke Batam...

    ReplyDelete
  8. Wah udah ada playgroundnya ya, anak-anak bakalan makin betah nih disitu..
    Lepas berinteraksi dengan kelinci dan rusa bisa lanjut main-main..

    ReplyDelete
  9. Belum sempat kesini. Tapi sudah ada revolusi yg bagus.. Udh ada kebun binatangnya disekupang. Kmren pas kuliah belum ada kayaknya

    ReplyDelete
  10. Asyik ya taman rusanya... Jadi pengen kesana karena gak ngebosanan lihat binatang satu ini

    ReplyDelete
  11. Yang paling saya suka dari Sekupang adalah tempatnya yang sangat sejuk dan banyak pohon. Mudah-mudahan akan selalu begitu alias nggak dibabat. Dan semoga makin banyak lagi ya mbak tempat-tempat wisata alam menyusul taman rusa dan taman kelinci. Biar emak-emak nggak galau mau ngajak anak ke mana ngisi liburan.

    ReplyDelete
  12. Terimakasih Umi sharingnya. Insyaallah minggu depan kami Nak menginap di Airyrooms tiban dan sekaligus Nak menjelajah dua tempat ini ah... Gak mahal juga ya, terjangkau uang masuknya...

    ReplyDelete
  13. Nanti bawa anak ke sini aja deh
    Secara dia suka liat kelinci

    ReplyDelete
  14. Udah lama banget sejak pertama kali main ke taman rusa sekupang ini. Adem dan sepi banget. Sekarang sepertinya udah mulai hits yaa..

    ReplyDelete
  15. Aah.
    Khalid blm kesini.
    Pengen deh ngajakin kesini.

    ReplyDelete
  16. Menyenangkan lokasi wisata edukasi mencintai lingkungan dan satwa seperti ini ..., dapat mengajarkan dan mengenalkan anak lebih dekat dengan alam.

    ReplyDelete