Olahraga Sehat dan Ceria Bersama Anak-Anak

by - 5:05 AM


Dulu olahraga yang saya sukai adalah jogging dan badminton. Itu sudah lama sekali, jadi rindu ingin mengulangnya kembali. Tapi di usia anak-anak yang masih pada balita, agak sulit untuk saya mengajak mereka jogging dan badminton. Jadi sekarang saya harus memikirkan olahraga yang sehat dan ceria karena saya ingin berolahraga bersama mereka

Saya mencari informasi tentang olahraga yang bisa dilakukan bersama anak, dan saya menemukan beberapa refrensi olahraga asyik, bisa dilakukan di rumah bersama anak, sehat dan ceria pastinya.

Simak yuk, silahkan dipraktekkan di rumah ya, Mak..

1. Senam lantai 

Ini bisa dilakukan bersama bayi 3-12 bulan. Murah meriah hanya bermodal matras, kalau tidak ada matras bisa pakai handuk tebal, atau lainnya yang bisa dijadikan alas. Namanya senam lantai, tubuh kita berada di lantai, bergerak dengan beberapa gerakan ringan sambil berinteraksi dengan bayi.

Gerakan senam lantai ini bermanfaat untuk mengencangkan kembali otot-otot perut kita setelah melahirkan. Selain bermanfaat bagi kesehatan, senam ini juga bisa mengikat bonding antara kita dan bayi.

Caranya mudah, letakkan bayi di dada, di paha, atau di lantai sambil kita melakukan gerakan senam. Jangan lupa ajak bicara bayi, agar bayi juga menikmati gerakan senam kita.

Tutorial senam lantai bersama bayi bisa ditonton di sini:


2. Yoga

Kurang lebih sama dengan senam lantai, bisa dilakukan dengan bayi 3-12 bulan. Tapi kalau kuat mengangkat bayi di atas 12 bulan sambil melakukan gerakan ya, silahkan aja ya, Mak. Hehehe.

Yoga yang mau saya share di sini dilakukan dengan posisi berdiri sambil menggedong bayi. Gerakan ini bermanfaat untuk mengencangkan otot paha, kaki, dan lengan. Manfaat lainnya masih sama, yaitu mengikat bonding antara ibu dengan anak.

Tutorial yoga bersama bayi bisa ditonton di sini:



3. Senam ceria

Ini adalah olahraga yang sering kami lakukan di rumah. Dengan modal kekuatan hengpong canggih (yang penting bisa youtube), kita bisa melakukan olahraga senam ceria bersama anak-anak.

Senam ceria favorit saya dan anak-anak adalah senam anak sholeh. Selain gerakannya yang membuat badan jadi bugar, lagunya juga Islami. Biasanya kami senam sambil nyanyi, riang dan senangnya mereka bergerak mencoba menyamakan gerakan dengan kakak-kakak yang senam di video.

Senam ceria ini bisa dilakukan bersama anak 1 tahun ke atas yang sudah bisa berdiri dan berjalan. Semakin seru kalau dilakukan bersama anak 3-4 tahun ke atas seperti Aal saat ini, karena sudah mulai bisa meniru gerakan yang benar.

Tutorial senam anak sholeh bisa ditonton di sini:



Nah, itu dia 3 refrensi olahraga sehat dan ceria yang bisa kita lakukan di rumah bersama anak-anak. Simple, seru, sehat, dan menyenangkan, kan?

Dapat sehatnya, dapat cerianya! Jangan lupa dipraktekkan di rumah ya, Mak...

Baca juga Cerita Mbak Lilies, pemenang arisan Rumbel Menulis Ibu Profesional Batam.

You May Also Like

5 comments

  1. Terakhir aku senam kyknya senam bumil��
    Klo yg sambil gendong bayi gt lumayan jg y..

    ReplyDelete
  2. Aku mau coba yg senam ceria itu,.kayak nya seruuuu

    ReplyDelete
  3. boleh juga itu mbak referensinya. kalau yang senam anak soleh itu di sekolah TK anak ku sering dilombakan itu

    ReplyDelete
  4. thanks dekjul kece untuk sharingnya.. lain kali bisa tu senam-senam dulu kalo pas playdate HS

    ReplyDelete