6 Moment Hari Raya Idul Fitri yang Dirindukan

by - 2:16 AM

Image source: motivaksi.blogspot.com

Alhamdulillah, setelah sebulan lamanya kita berpuasa, tibalah kita di hari kemenangan yaitu Hari Raya Idul Fitri. Moment hari raya Idul Fitri adalah moment yang paling dinanti dan dirindukan bagi banyak orang. Karena pada saat inilah keluarga yang jauh menjadi dekat, dan yang pergi pun akhirnya pulang.

Beberapa moment hari raya Idul Fitri ini menjadi kebiasaan yang sangat 'menempel' bagi sebagian umat muslim. Rasanya kurang afdol kalau tidak ada 6 hal ini di hari raya.

Apa saja, sih, moment hari raya Idul Fitri yang dirindukan itu? Simak, yuk!

1. Aneka kue

Photo by: Dwi R
Kue kering khas hari raya rasanya tidak pernah ketinggalan. Yang jarang nongkrong di dapur pun jadi semangat ke dapur karena membuat kue ramai-ramai bersama keluarga sambil bercengkerama.

Bahkan di moment ini bisa menjadi sebuah moment langka. Suka cita menyambut hari raya mampu menyatukan keluarga yang biasanya jarang duduk lama bersama-sama.

Tak ketinggalan, para penjual kue pun pada berlomba-lomba membuat kue dan memasarkannya. Mall dan pertokoan pun dihiasi stand kue kering khas hari raya lengkap dengan hiasan Idul Fitri yang meriah.

2. Ketupat

Image source: Tribun Lampung
Hari raya Idul Fitri identik dengan ketupat. Disemua pusat keramaian penuh hiasan kertas berbentuk ketupat, membuat emak-emak berpikir keras, menu-menu apa lagi yang asyik dijadikan temannya si ketupat.

Karena si ketupat juga, keluarga pada ngumpul duduk bersama membuat simpul ketupat, atau memasak ketupat bersama, atau makan ketupat bersama.

3. Baju baru

Baju seragam keluarga besar. Photo by: Butik Cantik Aila
Kalau baju baru menurut saya, sih, tidak harus punya. Tapi bagi sebagian orang jika ada rezeki lebih, pasti mengusahakan adanya baju baru di hari raya. Apalagi kalau order baju seragaman dengan keluarga besar, bisa sekalian jadi moment foto keluarga besar setahun sekali.

Makanya, tak heran jika sosial media akan dibanjiri foto keluarga orang-orang yang ingin menyimpan moment hari rayanya di laman sosial media.

4. Makan enak

Mencicipi hidangan hari raya bersama keluarga. Photo by: Omanya Aal & Maryam
Goal banget, ya. Setelah sebulan puasa, di hari raya kita bisa menikmati beragam makanan enak dimana-mana. Meja makan dan meja ruang tamu penuh makanan. Dari aneka cemilan, kue-kue, makanan berat, dan banyak lagi. Belum lagi kalau kita silaturrahmi ke rumah saudara dan diminta mencicipi hidangan yang ada pula. Harus siap-siap space perut, mak! Diet? Maaf, nggak kenal sama diet.

5. Amplop

Amplop custom, nggak pasaran. Order di @anasisshop.
Nah, ini paling berkesan waktu saya masih cilik. Kemana-mana dikasih salam tempel. Malu menerima tapi di belakang girangnya luar biasa. Tapi berbeda ketika saya sudah bekerja dan menikah, sekarang saya yang memikirkan nominal amplop yang bakal dijadikan salam tempel ke anak-anak kecil.

Amplop hari raya tahun ini berasa spesial karena ada nama kami berempat. Cantik, kan? Amplop custom yang membuat salam tempel lebih..gimana gitu. Padahal isinya nggak seberapa.

6. Kumpul keluarga

Indahnya berkumpul bersama keluarga. Image source: motivaksi.blogspot.com
Ini moment paling yang dirindukan. Di hari raya, kita bertemu saudara yang sangat jarang kita temui, saudara yang bekerja jauh di perantauan, saudara yang sibuk sampai tak ada waktu bertemu meskipun satu kota.

Di hari raya, orang tua bisa berkumpul lengkap dengan anak-anaknya, cucu-cucunya. Melepas rindu yang terpendam lama, bernostalgia. Di hari raya pula, suasana hangat dan riang tercipta. Suasana yang akan selalu dirindukan dan menjadi alasan untuk nanti kembali pulang di hari raya berikutnya.

Itu dia 6 moment di hari raya idul fitri yang dirindukan bagi orang-orang yang merayakannya. Ada rasa sedih di hati melepas moment ini berlalu, mengantar kembali saudara untuk pergi ke rantauan dan kembali pada kesibukan.

Kita hanya bisa berdoa, semoga di tahun depan kita bisa bertemu hari raya lagi, menciptakan moment-moment indah bersama lagi.

Selamat hari raya Idul Fitri..
Maafkan lahir dan bathin..
Dari saya yang mulai bersedih di hari ke-3 Idul Fitri ini, karena moment ini sebentar lagi akan pergi..

You May Also Like

2 comments

  1. aku paling suka kalau kumpul keluarga seseruang sambil cerita aktifitas masing2, koreksi style masing2 hahaha lucu lucu juga.. kemudian heboh pas mau foto bareng, susah di atur HAHAHAHA.
    btw salam kenal umi cantik ^_^
    pertama kalinya kunjungin blog ini hehe
    ku follow ya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang heboh pas mau foto bareng itu iya banget ya, mbak. Apalagi kalau rame bocah, hehehee.

      Salam kenal juga mbak, senang sekali berkenalan dg mbak Zilqiah.

      Terima kasih sudah berkunjung, nanti saya follow juga mbak... ^_^

      Delete