Cerita Umi di Tahun 2018: Membangun Blog, Mendapat Penghasilan, Hingga Menata Kembali Niat Menulis Blog

by - 9:07 PM


Cerita Umi di Tahun 2018: Membangun Blog, Mendapat Penghasilan, Hingga Menata Kembali Niat Menulis Blog - By the way, saya baru saja memperpanjang domain, lho. Yes, pertengahan Desember lalu pas 1 tahun usia ceritaumi.com ini. Blognya sih sudah cukup lama, sejak tahun 2010. Tapi, ya, itu...domainnya yang masih bayi. Hehehe.

Ada rasa yang berbisik di dalam hati, "kenapa nggak dari dulu saya mengenal blog sedalam ini?" Ternyata asyik, ternyata di sini hati saya berada, ternyata dan ternyata, saya menemukan diri saya di sini. Kesimpulannya, 2018 adalah tahun dimana ceritaumi.com ini tumbuh dengan baik hingga saat ini. Alhamdulillah.

Bermula di Rumah Belajar Menulis Ibu Profesional Batam

Sebenarnya sudah sejak lama suami meminta saya untuk aktif ngeblog lagi, setidaknya untuk mengabadikan cerita tentang perkembangan anak-anak. Tapi selama ini saya enyah saja, mungkin masih terlalu tenggelam dalam aktifitas sebagai Full Time Mommy. Saya pikir, saya tidak akan bisa mengurus blog, secara masih punya anak kecil. Padahal waktu itu anak masih satu. Ya, dari situ saya mengerti bahwa sesuatu itu tidak bisa disimpulkan hanya dari perkiraan semata. Harus dicoba, dong, baru tahu hasilnya.

Lalu semua bermula dari Ibu Profesional Batam, komunitas yang saya ikuti sejak pertengahan tahun 2017. Dari sanalah saya harus mengerjakan tugas yang berupa tulisan rutin, saat itu saya pilih blog sebagai medianya. Pelan-pelan saya mewujudkan niat saya yang ingin menulis cerita tentang anak-anak karena memang tugasnya menulis yang berhubungan dengan anak-anak.

Semua berlanjut ketika saya bergabung di Rumah Belajar Menulis, masih naungan dari Komunitas Ibu Profesional Batam. Di sanalah kami menanam benih semangat untuk menulis. Salah satu kompor yang membuat semangat saya kian meleduk adalah Mbak Unna, beliau ketua (penanggung jawab) Rumbel Menulis saat itu.

Di Rumbel menulis itu kami belajar mengenal blog, belajar lebih dalam tentang blog, dan saya baru tahu bahwa kita bisa menghasilkan uang, blog ada DA PA nya, dan lain sebagainya. Sampai pada akhirnya saya mengenal dunia blog lebih luas lagi ketika saya bergabung di Blogger Kepri dan Blogger Perempuan.

Mendapat Penghasilan Dari Blog

Alhamdulillah, blog adalah salah satu pintu rejeki bagi saya. Pertama kali saya mendapatkan job dari blog adalah saat saya hadir di grand opening salah satu outlet oleh-oleh cake khas Batam. Ketika itu pula pertama kali saya bertemu dengan beberapa member Blogger Kepri. MasyaAllah, bahagianya saya saat itu. Ternyata di sini juga saya mendapatkan teman-teman baru, membuka silaturrahmi kembali dengan orang-orang baru. Ini salah satu rejeki saya juga, karena rejeki tidak melulu soal duit, shay!

Makin ke sini, job-job lain mulai berdatangan. Ada berupa content placement, job menulis review, buzzer, dan lain sebagainya. Sayangnya, saya belum menulis secara rapi catatan penghasilan saya dari blog. Ini bisa menjadi salah satu resolusi 2019, membuat catatan keungan dari blog secara rapi. Noted!

Niat Goyang, Harus Kembali Ditata Ulang!

Uang itu godaan banget, yah. Uang itu bisa mengubah banyak hal, lho, termasuk niat baik di hati kita. Jadi, saya sempat terserang penyakit malas nulis blog, tapi kalau tulisannya dibayar, saya semangat. Kan bahaya..

Biasanya saya suka menulis tentang anak-anak, sharing dan review sesuatu yang murni dari hati saya, saat itu tidak sama sekali. Saya mau nulis kalau dibayar. Ya Allah, maafkan hamba. Saya merasa buruk sekali saat itu, saya merasa jadi manusia yang angkuh.

Lalu saya kembali sadar, rasa itu bisa jadi awal dari kehancuran saya. Saya salah, saya tidak boleh seperti itu. Saya menata kembali niat saya membangun blog ini, saya baca lagi deskripsi singkat yang tertulis di "about me" blog saya ini.

MENEBAR MANFAAT. Itu niat saya sejak awal membangun blog ini, itu niat saya menulis lagi. Bukan uang, bukan uang! Saya kembali membersihkan hati dan mulai menulis lagi bersama. Saya selalu ingat pesan salah seorang teman di Blogger Kepri, "Cukup menulis saja, cerita saja, berbagi saja. Jangan pikirkan uang, jangan pikirkan DA PA dan lainnya."

"Be Professional, Rejeki Will Follow" - Tagline Ibu Profesional

Jadi, buat kalian yang mau mulai ngeblog, set dulu niat dalam hati. Apa tujuan kalian ngeblog, untuk apa, untuk siapa? Jaga niat itu jangan sampai keluar batas. Jangan lakukan sesuatu hanya karena uang. Uang belum tentu bisa membawa kita ke dalam kebaikan, tapi kebaikan insyaAllah akan membawa kita dekat dengan uang (pintu rejeki). Setuju?

Semoga hari demi hari, bulan demi bulan, tahun demi tahun, hidup kita senantiasa berkah, semakin meningkat keimanan dan ketakwaan pada Allah SWT, menjadi orang yang lebih baik, banyak-banyak investasi untuk akhirat. Aamiin Ya Rabbal 'Alaamiin.

You May Also Like

48 comments

  1. Jadi pengen ngeblog lagi..udah lama gak buka blog. 😅

    ReplyDelete
  2. Aamiin yaa Rabb

    Setuju banget dengan kalimatnya yang ini mbak. Uang belum tentu bisa membawa kita ke dalam kebaikan, tapi kebaikan insyaAllah akan membawa kita dekat dengan uang (pintu rejeki) *jadi reminder juga buat diri saya pribadi

    ReplyDelete
  3. Aamiin yaa Rabb

    Setuju banget dengan kalimatnya yang ini mbak. Uang belum tentu bisa membawa kita ke dalam kebaikan, tapi kebaikan insyaAllah akan membawa kita dekat dengan uang (pintu rejeki) *jadi reminder juga buat diri saya pribadi

    ReplyDelete
  4. Kayaknya saya juga perlu menyeting ulang niat saya ngeblog nih. Belakangan ini yang sering diposting lebih sering job review daripada posting tulisan organik

    ReplyDelete
  5. iya sih kalau mau nulis ya nulis aja aku jadi merasa duh kok aku sekarang lebih mikirin PV, mikirn DA/PA sampe lupa menulis konten yang dari hari banget seperti dulu aku belum mngenal istilah blog ehehehe

    ReplyDelete
  6. Duh, aku jarang posting nih sekarang, kadang sebulan cuma sekali hiks. Tahun ini harus lebih semangat deh posting blog nya, dengan tulisan2 organik.

    ReplyDelete
  7. Sama mbak awal-awal ngeblog malah ingin mendapatkan penghasilan dan money oriented. Al hasil malah cape sendiri.setelah ditata ulang niatnya teentern penghasilan itu adalah bonus jad sekarang gk terlalu memikirkan tentang penghasilan

    ReplyDelete
  8. Senang banget baca hal-hal kayak gini sebagai pengingat aja, untuk semangat di awal tahun.
    Saya setuju banget, usaha itu sesuatu yang gak pernah lupa dsn mengkhianati hasil.
    Jadi usaha aja dulu, hasil akan mengikuti.

    Saya juga sudah sampai di bagian yang ngeblog ya kembali di tujuan awal, menulis meninggalkan jejak.
    Jadi sebisa mungkin jarang ngecek PV, DA/PA.
    Bikin stres soalnya hehehe

    ReplyDelete
  9. Alhamdulillah banyak berkah di 2018 kemarin ya mba.. hampir sama kaya aku nih, 2018 jadi tahun kebangkitan ngeblog setelah tahun-tahun sebelumnya gak kepegang, niatnya di 2019 nanti ngejar ketinggalan blogging :)

    ReplyDelete
  10. Alhamdulillah ya mbk, berkah ngeblog. Wah, tinggal di Batam ya. Kalo aku tahun ini pingin lebih produktif ngeblog setelah tahun lalu nggak begitu aktif.

    ReplyDelete
  11. Aamiin....semoga materi tidak sampai mengubah niat baik untuk jadi bermanfaat

    ReplyDelete
  12. Salam kenal mbak. Saya baru mau ikut Ibu profesional awal tahun ini. MIIPB7 Batam-Babel.

    ReplyDelete
  13. perlu istiqomah ya kak. *ngomong sama diri sendiri juga.

    ReplyDelete
  14. Saya sepakat untuk jangan lebih dulu karena uang. Memang menyenangkan mendapatkan rezeki dari blog. Tetapi, buat yang baru mulai, sebaiknya fokus menata blog dulu :)

    ReplyDelete
  15. quote nya bagus sis :
    "Apa tujuan kalian ngeblog, untuk apa, untuk siapa? Jaga niat itu jangan sampai keluar batas. Jangan lakukan sesuatu hanya karena uang. Uang belum tentu bisa membawa kita ke dalam kebaikan, tapi kebaikan insyaAllah akan membawa kita dekat dengan uang (pintu rejeki)."

    jadi perlu mawas diri lagi, melihat kembali tujuan nulis blog..

    ReplyDelete
  16. Uang itu godaan banget, yah. Uang itu bisa mengubah banyak hal, lho, termasuk niat baik di hati kita.


    hahaha...kalimat ini yg sering terjadi dikalangan blogger termasuk saya. baiklah...kita luruskan niat yg selama ini mudah mencong.

    ReplyDelete
  17. Waaww... perjalanannya sudah panjang ya, mbak. Alhamdulillah ternyata blog salah satu pintu rezeki ^^ Ujame masih baru, dan memang baru share pengalaman travelling sendiri aja. Belum ikut komunitas-komunitas. Itu caranya bagaimana ya mbak? jadi tertarik juga :)

    ReplyDelete
  18. Yak, niat kudu dilurusin lagi nih. Walau nulis bukan berbayar kudu tetap semangat, gak boleh aras-arasan biar blognya makin kece

    ReplyDelete
  19. hehe jd inget waktu dulu rame ngomongin DA dan PA di temlen efbi, semua blogger jd pada riweuh genjot DA dan PA, padahal kalo kembali lg ke niat awal kita utk menebar manfaat , jgn terllau riweuh sm yg satu ini ya Mba. MAngaattss

    ReplyDelete
  20. Aamin mba. Semoga selalu bisa menebar kebaikan mellaui karya tulisan ya mba. Aku juga sellau berusaha untuk menebar kebaikan :)

    ReplyDelete
  21. Wah, serasa ketampar nih si bunda yg suka angot2an ngeblognya. Th 2019 mau mulai rajin ngeblog ah.

    ReplyDelete
  22. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  23. Wah iyaa, bahaya kalo nulis blog karena pengen dapat duit. Jadinya malah rajin nulis kalo ada duitnya. Aku justru membatasi tulisan job sebulan jangan lebih dari 4 artikel. Aku sukanya malah lebih banyak artikel organik di blogku, pengennya gitu

    ReplyDelete
  24. Wah iyaa, bahaya kalo nulis blog karena pengen dapat duit. Jadinya malah rajin nulis kalo ada duitnya. Aku justru membatasi tulisan job sebulan jangan lebih dari 4. Aku malah sukanya lebih banyak artikel organik di blogku, gitu sih pengennya

    ReplyDelete
  25. Aku juga ingin tetap semangat menulis di blog. Aku juga dapat job ngeblog pertama kali hadir di event kuliner di kota Semarang. Semoga makin banyak job dan rejeki ngeblog ya, Mbak.

    ReplyDelete
  26. Wah, Mba Juli gabung di IIP juga ya Mba. Akupun iya, dulunya bahkan jadi pengurus rumbel menulis Jakarta. Pas sekarang pindah ke Kebumen, belum gabung lagi nih. Soalnya nggak ada juga, paling yaa gabung ke Banyumas Raya.

    Semoga kita semangat terus nulis dan ngeblognya ya Mba <3

    ReplyDelete
  27. Aamiin semoga bisa memberi manfaat tulisan tulisannya, tidak hanya karena job. Insaallah rejeki akan mengalir karena rasa ingin berbagi, setuju sekali

    ReplyDelete
  28. Setuju Mbaaaakkk, tentang jangan fokus ke uangnya saja. Eh tapi, jangan melupakan juga DA PA SEO dll Mbak, kalau menurut pandangan saya. Soalnya beberapa hal teknis tersebut membuat tulisan kita mudah ditemukan orang, sehingga manfaatnya pun akan semakin tertebar.... Bukan demikian? :) Jadi mikirin DA PA bukan hanya demi job tapi demi ditemukan pembaca.... Semoga niat baik kita diberkati Tuhan ya Mbak....

    ReplyDelete
  29. Iya harus menata ulang niat itu yg utama kalau menurut saya, jd menulis lebih bermanfaat dan jd amal jariah kita ya Mba..

    ReplyDelete
  30. Setuju banget deh Mbak
    Aku juga males sama orang orang yang belajar ngeblog karena di otaknya cuma uang dan uang

    ReplyDelete
  31. Lagi bljar konsisten juga nih mba mudah2an lebih fokus than ini..tulisan sponsorpun klo gk copas termasuk organik mba ...

    ReplyDelete
  32. ALHAMDULILLAH Blog memang pintu rejeki ya bagi ibu ibu senang menulis seprti kita... semoga nambah ya rejekinya di tahun ini mba

    ReplyDelete
  33. Suka banget dengan taglinenya "Be Professional, Rejeki Will Follow"

    Itu bener banget kak... Yang penting perbaiki kontennya terlebih dahulu, maka lambat laun rezeki kan datang menghampiri. Lagian tujuan awalnya kan menulis ya... Bukan langsung cari uang. Tetap semangat kak

    ReplyDelete
  34. Aku juga lagi memperbaiki niatku lagi di kegiatan blogging ini. Yaitu ingin kembali menulis dari hati, bukan sekedar menulis karena materi.

    ReplyDelete
  35. Iya bener. Uang itu godaan banget emang dan rawan bikin kita melenceng dari tujuan awal kita ngeblog. Harus profesional ya

    ReplyDelete
  36. betapa banyak ya mbak yang diperloleh di tahun 2018. ALhamdulillah wa syukurillah

    ReplyDelete
  37. Semoga di tahun 2019 makin semangat nulis lagi ya mbak, termasuk aku hehehe

    ReplyDelete
  38. Setuju.
    Menulis dari hati, finansial pun akan mengikuti, Insya Allah.

    Namun kita juga tak bisa menghakimi atau alergi jika ada beberapa orang blogger yang memang blognya dimonetisasi.

    Marilah kita saling menghormati dan jangan merasa paling benar sendiri.

    Setiap orang punya prioritas, punya cerita.
    Kita takkan pernah tahu, takkan pernah tahu, cerita dibalik itu semua.

    Jadi, yah, mari saling menghormati privasi.

    ReplyDelete
  39. Tahun 2015 coba deh perhatikan postingan blog saya. Tapi ditahun berikutnya hingga 2018 produktivitas menurun drastis gara-gara nggak semangat tidak ada job tetap lagi haha. Duh tuh kaaan uang itu juga bisa jadi jalan buat saya produktif ternyata.

    ReplyDelete
  40. kagum lho sama emak2 yang punya anak masih ada waktu untuk ngeblog, apalagi dengan emak2 yang punya peran ganda sebagai pekerja juga. wong kadang yang bapak2 aja pulang kantor nggak ngapa2in mau ngeblog males

    ReplyDelete
  41. Halo mba Yas, kita harus membangun semangat bersama heheheh
    aku juga awalnya ngeblog demi duit nih, karena untuk biaya kuliah wkwkw tapi sekarang sih niatnya lebih untuk sharing, memberikan informasi yang berguna melalui postingan.
    Semoga kita semua, bisa menjadikan blog ini sebagai ladang jariah ya mba. Semangat

    ReplyDelete
  42. wah seru banget cerita nya umi juli yasti
    kok aku jadi pengen ikut jejak nya ya dalam nge blog ini

    pasti nya seru, walau banyak rintangan kecil yang menghalangi baca : malas nulis

    hihihi

    aku ikutin terus ah perkembangan dari tulisan nya umi juli ini

    terima kasih

    ReplyDelete
  43. Tapi dapat uang dari blog juga gak salah kok mbak, krn tiap org punya alasan knp dirinya ngeblog.
    Semoga 2019 makin konsisten lagi mengisi blog ya mbak hehe ini #ntms juga sih yg suka males2an nulis wkwkk

    ReplyDelete
  44. Iyaa jangan goyah karena materi... Hihihi.. ini pengingat buat saya sendiri juga sih.. ntar ngeblognya jadi enggak asyik kalau mikirnya soal uang dan uang. Sukses selalu ya, Mbak.. ��

    ReplyDelete
  45. Saya juga gak pernah mencatat penghasilan dari blog nih, tapi kalo via transfer kan sudah tercatat sendiri di bank. Tinggal minta rekening korannya aja hehe

    ReplyDelete
  46. Bener banget nih, niatan ngeblognya aja yuk yang diluruskan kembali. Kalau rejeki yang menyertai kan udah bonus dari Yang Maha Pemberi. Semoga di 2019 dan tahun-tahun berikutnya kita semua diberi semangat ngeblog yang tiada henti untuk menebarkan kebaikan.

    ReplyDelete
  47. Bener banget mba, be proffesional, rezeki will follow. Istilahnya pantesin diri dulu ya mba. Baru nanti rezeki akan mengikuti

    ReplyDelete
  48. Menata ulang niat ngeblog memang penting.. . Kalaupun ada penghasilan tambahan dr blog adalah bonus ya... Yg penting write your best writing for positive purposes...

    ReplyDelete