Perjalanan Panjang Demi 5 Tempat Wisata Edukatif Di Bandung Ini

by - 2:52 AM


Perjalanan Panjang Demi 5 Tempat Wisata Edukatif Di Bandung Ini - Bandung adalah kota yang saya rindukan. Setiap sudut kota Bandung itu menarik menurut saya. Rasa rindu itu muncul karena dulu saya pernah tinggal di sana selama kurang lebih satu bulan untuk belajar. Satu bulan berada di Bandung itu rasanya belum cukup, banyak tempat-tempat yang ingin sekali saya kunjungi dan belum bisa terealisasi dan berharap suatu saat nanti bisa terpenuhi.

Semakin kesini, Bandung tumbuh menjadi kota yang semakin saya kagumi. Pesona alamnya itu menggoda hati untuk segera datang dan menikmati. Yang membuat semakin menarik, Bandung juga mempunyai banyak tempat wisata yang bisa memberikan edukasi untuk anak-anak. Wah, asyik nih kalau bisa liburan sambil belajar bersama anak-anak.

Saya suka membawa anak-anak liburan sambil belajar di tempat wisata yang bisa memberikan edukasi untuk mereka. Tempat wisata edukatif di Batam memang belum sebanyak Bandung, diantaranya yang pernah kami kunjungi adalah ke Taman Rusa dan Taman Kelinci, Masjid Cheng Ho yang bersejarah, dan 3Leaves Farm kebun sayur organik dan hidroponik. Semuanya asyik dan meninggalkan kesan tersendiri bagi anak-anak.

Saat ini, saya merencanakan liburan dan berkunjung ke beberapa tempat wisata edukatif di Bandung. Tapi bagi saya dan keluarga, ke Bandung itu nggak afdol kalau nggak lewat Jakarta. Karena di Jakarta itu banyak sekali saudara dekat, rasanya kalau tidak mampir itu berasa ada yang terlangkahi. Mau nggak mau, ya harus menikmati perjalanan panjang dulu sebelum liburan ke Bandung. Silaturrahmi dulu, liburan kemudian..

Jadi, kami akan memilih naik pesawat dari Batam menunju Jakarta, Soekarno Hatta (CGK). Biasanya kami pasti menginap di rumah saudara untuk melepas rindu dan berbagi banyak cerita, semalam di Jakarta Pusat dan semalam di Tangerang Selatan. Setelah bersilaturrahmi kepada saudara terpenuhi sudah, kami bisa segera berangkat ke Bandung, biasanya kami menggunakan travel rute Tangerang Bandung. Asyik, nih, naik Tayo! Hehehe.

Lalu, bagaimana Bandung? Apa saja tempat wisata edukatifnya? Yuk, coba kita lihat 5 tempat wisata edukatif di Bandung yang harus kita kunjungi bersama anak-anak!

1. Farmhouse Lembang Bandung

Sumber foto: alampriyangan.com
Tempat ini sejuk, udaranya segar karena berada di lokasi pegunungan dan jauh dari keramaian kota. Farmhouse Lembang ini desainnya seperti gaya farming di Eropa. Kita bisa menyewa kostum gaya Eropa dan berfoto di depan rumah model klasik Eropa jaman dulu.

Terdapat banyak hewan-hewan ternak yang jinak di sana, seperti kelinci, burung, kambing, kuda dan lain sebagainya. Kita bisa memberi makanan dan juga berinteraksi bersama mereka. Kebayang, kan, gimana serunya berlibur ke tempat ini bersama anak-anak.

2.  De Ranch


Sumber foto: tempatwisataunik.com
De Ranch adalah tempat wisata menunggang kuda yang masih berlokasi di Lembang, Bandung. Di sini kita bisa merasakan serunya menjadi cowboy, lengkap dengan baju dan sepatunya. Dewasa dan anak-anak bisa berkeliling sambil menunggang kuda sambil melewati perkebunan, peternakan kuda, dan peternakan sapi. Selain itu, di De Ranch juga tersedia area permainan seru seperti balon air, peti seluncur, area pemancingan dan lain sebagainya.

3. Padepokan Dayang Sumbi


Sumber foto: wisatasekolah.com
Ulat sutera ini dikenal sebagai penghasil benang sutera. Kain atau pakaian yang terbuat dari benang sutera ini halus dan harganya terkenal cukup mahal. Di Padepokan Dayang Sumbi kita bisa berkenalan dengan ulat sutera, memberi makan ulat sutera, memegang ulat sutera, melihat proses menenun benang sutera hingga menjadi sebuah kain.

4. Saung Angklung Udjo

Sumber foto: tempatwisataunik.com
Saung Angklung Udjo adalah tempat dimana kita bisa mengenal alat musik tradisional Indonesia yaitu angklung. Anak-anak juga diajarkan bagaimana memainkan angklung sebagai alat musik dari lagu daerah, di sini juga bisa menonton pertunjukan angklung. Keberadaan Saung Angklung Udjo ini bertujuan agar anak-anam kita mengenal dan mau melestarikan budaya Indonesia di setiap zamannya.

5. Taman Bunga Begonia Lembang

Sumber foto: tempatwisataunik.com
Namanya saja taman bunga, pastinya tempat ini penuh dengan keindahan aneka bunga. Ada berbagai macam bunga yang ada di sini, anak-anak bisa belajar mengenal berbagai jenis dan nama-nama bunga. Anak-anak juga bisa belajar bagaimana cara merawat tanaman yang baik dan benar, mulai dari pemberian pupuk, menyiram dan lain sebagainya.

---

Itulah 5 tempat wisata edukatif di Bandung yang harus kita kunjungi bersama anak-anak. Adakah list tempat wisata edukatif lainnya? Yuk, beri tahu saya di kolom komentar, yaa..

Dan terakhir, saya mau berbagi pesan dari orang tua saya yang selalu saya ingat: "Janganlah kita lupa bersilaturrahmi kepada sanak saudara jika kita sedang berada di sekitar tempatnya tersebut. Terlebih jika itu adalah tempat yang sangat jarang kita datangi. Sesungguhnya silaturrahmi dapat membuka pintu rezeki."

Semoga bermanfaat, ya. Semoga pesan ini bukan hanya untuk saya, tapi untuk kita semua. Jalin silaturrahmi, buka pintu rezeki. :)

You May Also Like

3 comments

  1. Floating Market juga cocok buat anak2, ada rumah kelinci..taman bermain dsb :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh iyaa, kak. Banyak banget memang, pengennya sebulan ya liburan di sana. Hehehe

      Delete
  2. salah satu kota yang ingin banget aku kunjungi bareng keluarga..

    ReplyDelete