Ini Dia Kebutuhan Bayi Baru Lahir Yang Harus Dipenuhi

by - 8:32 PM

Kebutuhan bayi baru lahir yang harus dipenuhi

Ini Dia Kebutuhan Bayi Baru Lahir Yang Harus Dipenuhi - Mempunyai seorang bayi adalah satu hal yang sangat ditunggu-tunggu dalam sebuah keluarga. Senang hati tak terkira ketika menunggu waktu kelahiran bayi tiba. Para calon ibu biasanya yang paling semangat dalam mempersiapkan beberapa kebutuhan bayi baru lahir. Nah, inilah beberapa kebutuhan bayi baru lahir yang harus disiapkan sebelum waktu kelahiran tiba.

Sebagai seorang ibu, saya pernah sedikit berlebihan dalam menyiapkan kebutuhan bayi baru lahir. Saking semangatnya, beberapa barang yang sebenarnya belum dibutuhkan saat itu pun saya beli. Alhasil, biaya untuk kebutuhan bayi baru lahir pun membengkak. Duh, maafkan emak-emak kalap!

Untuk itu, sebagai seorang calon ibu, kita harus memahami betul apa saja barang-barang kebutuhan bayi baru lahir yang harus disiapkan lebih dulu. Jangan sampai kalap dan akhirnya...berlebihan.

Nah, apa saja kebutuhan bayi baru lahir yang harus dipenuhi? Simak terus artikel ini, yah..

Kebutuhan Bayi Baru Lahir Lengkap

Beberapa kebutuhan bayi baru lahir yang harus dipenuhi oleh para calon orang tua adalah sebagai berikut:


  • Kain Bedong

Banyak yang beranggapan bahwa bayi tidak perlu lagi dibedong. Tapi menurut saya, bayi tetap masih perlu dibedong dalam beberapa kondisi. Misalnya, ketika bayi hendak tidur. Kain bedong berfungsi untuk menghangatkan bayi, membuat bayi merasa lebih nyaman dan tentunya membuat tidurnya lebih nyenyak.

Jaman sekarang sudah banyak yang menjual kain bedong instan. Saya sarankan cukup beli satu atau dua bedong instan saja karena kain bedong instan tidak bisa dipakai lama. Sedangkan kain bedong segiempat yang biasa bisa lebih multifungsi, sebagai selimut atau alas tidur bayi misalnya.


  • Pakaian Bayi

Sudah pasti, kebutuhan yang satu ini sangat diperlukan bayi. Siapkan baju lengan panjang dan pendek, celana panjang dan pendek, dan juga jumper bayi. Pilihlah bahan yang halus dan tidak panas saat digunakan. Bahan yang panas dan kurang nyaman bisa menjadi penyebab bayi menangis dan rewel.

Siapkan juga beberapa sarung tangan dan kaki bayi. Kuku bayi baru lahir sangat cepat tumbuh memanjang. Sarung tangan berfungsi untuk menghindari kuku bayi melukai wajahnya sendiri. Sedangkan sarung kaki untuk membuat bayi merasa lebih hangat.


  • Popok Bayi

Popok bayi juga merupakan salah satu kebutuhan yang penting. Ada 2 macam popok bayi yang biasa digunakan, popok kain/cloth diaper atau popok sekali pakai. Boleh yang mana saja. Tergantung bagaimana kondisi ibu dan si bayi saja.

Pengalaman saya dengan 2 anak, hanya nyaman menggunakan popok sekali pakai. Pernah mencoba popok kain/cloth diaper tapi malah tidak nyaman pada bayi saya. Namun banyak juga kok bayi yang cocok dengan popok kain/cloth diaper. So, silahkan disesuaikan saja, ya.

  • Peralatan Mandi
Bayi membutuhkan peralatan mandi khusus, seperti bak mandi khusus bayi agar memudahkan ibu saat memandikan bayi dan juga jangan lupa handuk atau washlap bayi. Selain itu, bayi juga memerlukan sabun dan shampoo khusus yang pastinya harus pas untuk kulit bayi yang masih sangat sensitif.

Untuk produk sabun dan shamponya juga harus diperhatikan, karena ada beberapa kulit bayi yang super sensitif dan kurang cocok dengan beberapa produk sabun dan shampo bayi yang dijual di pasaran. Jangan lupa konsultasikan dengan dokter anak Anda agar mendapatkan advice yang tepat soal pemilihan sabun maupun shampo untuk bayi Anda.


  • Selimut Bayi
Selimut bayi berfungsi untuk menghangatkan bayi. Tapi yang perlu diperhatikan, kita tinggal di daerah tropis yang bercuaca cenderung panas. Jangan berlebihan membeli selimut bayi, satu atau dua saja cukup. Selimut bayi juga bisa berfungsi sebagai alas tidur bayi, lho.

  • Body Care
Bayi juga membutuhkan beberapa produk untuk perawatan kulit maupun rambutnya. Misalnya, body lotion, hair lotion, minyak telon dan lain sebagainya. Biasanya ada yang menjual paket body care sekaligus sabun dan shamponya, kok.

  • Tas Bayi
Tas bayi juga tak kalah penting untuk menyimpan keperluan bayi agar mudah dibawa kemana-mana. Terlebih di hari kelahiran bayi, pasti kita sudah membawa tas yang berisi kebutuhan bayi ke rumah sakit atau klinik persalinan.


Nah, itulah kebutuhan bayi baru lahir yang perlu calon orang tua penuhi. Ada beberapa kebutuhan bayi lainnya tapi masih bisa dipenuhi nanti setelah bayi sudah lahir. Ingat, jangan berlebihan berbelanja kebutuhan bayi baru lahir, belilah seperlunya karena kebutuhan bayi baru lahir juga tidak dipakai dalam jangka waktu yang lama.

Lumayan, kan, uangnya bisa untuk membeli keperluan tambahan lainnya nanti seperti stroller, car seat, gendongan, dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat, ya!

You May Also Like

0 comments