6 Rekomendasi Drama Korea Yang Banyak Pelajaran Hidup

by - 2:07 PM

6 Rekomendasi Drama Korea Yang Banyak Pelajaran Hidup - Teruntuk para penyuka drama Korea, bagi yang nggak suka boleh skip, ya.. Hihi.
Jadi, saya suka nonton drakor lagi nih, untuk mengisi waktu senggang selama pandemi dan semenjak anak-anak sudah makin besar dan sudah pada punya jadwal tetap masing-masing. Tema tontonan drakor yang saya sukai sekarang agak beda dengan jaman kuliah dulu. Kalau dulu suka cerita tentang cinta-cintaan dan cari pemainnya yang ganteng dan cantik, kalau sekarang enggak juga. Tema cinta-cintaan tetap masih suka, hanya saja sekarang saya lebih suka drakor yang ceritanya lebih dewasa (bukan adegannya loh ya..), cerita yang seru, cerita banyak pesan-pesan baik atau pelajaran hidup dan bikin heartwarming.

Nah, bawah ini saya mau rekomendasikan 6 drakor yang bagus, banyak tersirat pesan-pesan baik dan pelajaran hidup di dalamnya, dan tentunya semua drakor ini sudah saya tonton, yaa..

1. Reply 1988


Ini drama damai banget, nggak ada peran jahat di dalamnya. Drama ini bercerita tentang kilas balik kehidupan orang-orang yang tinggal di Gang Ssamundong tahun 1988. Orang-orang yang hidup bertetangga, bersahabat dan penuh rasa kekeluargaan. Disuguhi kisah persahabatan dan percintaan para pemuda yang saat itu masih pada sekolah dan meraih impiannya masing-masing.

Tidak hanya itu, keluarga yang tinggal di Gang Ssamundong ini memberikan banyak pesan dan pelajaran hidup yang berharga. Contohnya, tulusnya kasih sayang seorang ayah dan anak perempuannya, hangatnya berkumpul bersama keluarga meskipun hidup sangat sederhana dan makan seadanya, seorang anak baik dan penyayang yang berbakti kepada ibunya yang merupakan single parent, dan masih banyak lagi.

Beberapa quotes yang ada di dalam drama Reply 1988: 
“Pada akhirnya, hadiah terbesar yang diberikan oleh waktu adalah kenangan bahwa kita pernah saling menyayangi.”
“Mencintai seseorang bukan berarti kau tidak membenci mereka. Melainkan kau tidak bisa membencinya.”
“Jika kau mencintai seseorang, katakan sekarang sebelum hari-harimu penuh penyesalan.”
“Ibu adalah orang yang paling kita rindukan saat ia masih hidup ataupun sudah meninggal.”
“Keluarga adalah tempat yang pada akhirnya akan kita tuju untuk kembali.”

2. Dr. Romantic 1 & 2


Ini drama tema kedokteran terbaik yang saya suka. Banyak pelajaran tentang ilmu kedokteran dan kesehatan di dalamnya yang bisalah sedikit-sedikit kita ketahui. Cerita tentang seorang dokter yang jenius dalam menyelamatkan pasien, ia mengabdi di sebuah rumah sakit kecil pinggiran desa untuk bisa menolong orang-orang yang sakit dan membutuhkan pertolongannya. Dokter yang teguh dengan prinsipnya, tidak mempan dengan godaan politik, uang bahkan jabatan. Karena baginya, dokter adalah dokter, tugasnya adalah menyelamatkan nyawa pasiennya, siapapun mereka.

Dokter Kim, begitu panggilan dokter jenius itu. Dokter Kim juga membimbing para dokter-dokter muda agar menjadi dokter yang baik dan dokter yang hebat. Banyak adegan menegangkan ketika para dokter menyelamatkan nyawa pasien, baik saat dalam keadaan darurat maupun di atas meja operasi.

Beberapa quotes di drama Dr. Romatic 1 & 2 yang banyak terkandung pelajaran hidup:

“Jika kau sungguh ingin membalas dendam, jadilah manusia yang jauh lebih baik daripada orang-orang itu. Jangan membalas dendam dengan kemarahan, tetapi dengan keterampilan. Jika kau tidak berubah, maka tidak akan ada yang berubah.”

“Jika kau sungguh ingin menang, jadilah dokter yang bisa melayani. Berhentilah menyalahkan mereka dan jadilah lebih baik dari mereka."

“Mencoba dan berusaha untuk menjalani hidup produktif itu bagus, tetapi mari jangan jalani hidup buruk hanya karena itu. Pertama-tama, orang harus tahu untuk apa mereka hidup.”

3. My Mister


Drama ini berkisah tentang beratnya kehidupan dua orang yang mempunyai latar belakang yang berbeda, penuh luka dan beban. Ada kisah perselingkuhan, saudara-saudara yang mengganggur dan masih bergantung pada ibunya yang renta, ada juga kisah seorang wanita yang terlilit hutang dan harus mengurus neneknya yang sakit. Lelahnya hidup yang mereka pikul, hingga pada akhirnya pelan-pelan mereka berhasil menemukan kehangatan dan kenyamanan hidup satu sama lainnya.

Drama ini relate banget dengan kehidupan orang-orang yang tidak mudah, banyak ujian hidup serta beban. Namun, drama ini mengajarkan kita untuk tetap kuat, terus melangkah dan tidak menyerah, sampai pada akhirnya kita menemukan titik terang dari sisi kegelapan yang ada selama ini.

Beberapa quotes yang "dalem" banget di dalam drama My Mister:

Jika kamu tidak berpikir bahwa yang terjadi padamu merupakan sesuatu yang besar, maka orang lain juga akan berpikir demikian."

Jika kamu mendengar orang lain menjelek-jelekan seseorang di belakangnya, sebaiknya kamu tidak menyampaikannya kepada orang tersebut. Pura-pura tidak tahu saja."

Ini adalah takdir yang baik. Takdir yang berharga. Jika dilihat kembali, semua takdir sangatlah menarik dan berharga.”

Bahagialah untuk dirimu sendiri. Kumohon. Simpanlah kata 'berkorban'."
4. Move To Heaven

Menceritakan seorang pemuda dengan sindrom Asperger yang bekerja bersama bisnis ayahnya yang bernama Move To Heaven. Bisnis ini bergerak di bidang pembersihan Tempat Kejadian Perkara (TKP) orang-orang yang meninggal. Di episode pertama, drama ini sudah membuat kita nangis bombay saking sedihnya. Banyak pesan baik yang tersirat di setiap episodenya, mayorias ceritanya yaa bikin sedih, karena berhubungan dengan orang meninggal.
Drama ini juga memberikan pesan baik terhadap persahabatan dan persaudaraan. Seburuk apapun saudaramu, jika dia saudara maka dialah saudara yang harus selalu dijaga.
Beberap quotes atau petikan dialog yang memberikan pesan baik di drama Move To Heaven:
"Cobalah menempatkan diri di posisi mereka, jika kau ingin tau perasaan dan pikiran orang lain."
"Saat kau tak bisa melihat seseorang, bukan berarti mereka tidak ada di sisi kita. Selama kita mengingat mereka, maka mereka tak akan hilang."
"Ayah tak malu mempunyai aku karena aku tidak berbuat salah. Aku hanya berbeda, bukan salah."
5. 18 Again

Ini drama tema keluarga yang bikin susah move on. Drama ini bertema fantasi, banyak sekali pesan baik tentang suami istri, kasih sayang antara orang tua dan anak-anak.
Ketika sepasang suami istri yang nyaris bercerai, tiba-tiba sang suami berubah menjadi muda lagi bahkan menjadi seusia anak-anaknya. Usia 18 tahun, di usia itu pertama kaliia bertemu dengan istrinya. Drama ini selain mengandung banyak bawang (bikin meneteskan air mata) karena haru, juga ada sentuhan komedinya. Bayangkan saja ketika sang ayah berubah lagi menjadi muda seusia anak-anaknya. Hehehe.
Perpaduan cerita, alur, bahkan soundtrack drama 18 Again ini memang bagus banget, bikin susah lupa, bikin makin sayang keluarga, makin sayang pasangan. Hihi.
Beberapa quotes haru di drama 18 Again yang menggetarkan hati penontonnya:
“Saat aku tidak tahu apa itu cinta, aku punya perasaan yang tidak kupahami dan aku melakukan hal-hal yang tidak aku pahami”
"Jangan berkecil hati, di sekolah atau dalam kehidupan, selama kau pandai dalam satu hal tidak ada yang bisa meremehkanmu”
"Saat hujan orang bisa mengukur seberapa besar cinta mereka, bahkan saat berbagi payung, saat semua orang memegang di sudut berbeda, jelas terlihat betapa besar cinta mereka"
"Setiap kali ada masalah kau menanganinya sendiri. Aku tidak bisa menyelesaikan masalahmu tapi aku bisa mendengarkan mereka, beri tahu aku jika ada masalah”

6. Hospital Playlist 1 & 2


Ini drama tentang persahabatan 5 dokter yang terjalin sejak jaman kuliah, kebetulan mereka bertugas di satu rumah sakit yang sama. Penulis drama Hospital Playlist ini sama dengan penulis drama Reply 1988. Nuansa ceritanya pun kurang lebih mirip, drama ini bikin heartwarming tanpa ada peran jahat di dalamnya.

Drama ini banyak tersirat pesan baik tentang persahabatan dan juga tentang masing-masing kisah hidup pasiennya yang berjuang untuk sembuh. Selain penuh kisah haru, banyak juga kisah lucu. Apalagi tingkah kelima sahabat itu unik-unik. Benar-benar menonton drama Hospital Playlist ini membuat air mata menetes dan ngakak seketika. Hehe.

Drama ini sementara ada 2 season, belum tau sampai season berapa karena saat saya menulis ini, season 2 masih on going. Cerita antara season 1 dan season 2 bersambung, tidak ada perubahan pemain utama sama sekali.

Beberapa quotes yang ada di drama Hospital Playlist 1 & 2:

“Saat otak dan hati tidak sejalan, hatimulah yang benar. Ikutilah kata hatimu. Maka kau akan bahagia.” 

“Saling menghubungi saat sakit, merayakan bersama saat ada kabar baik. Itulah keluarga.” 

"Kenapa kau hanya memikirkan hal negatif seperti kelemahan seseorang? Kau cukup memberi apa yang dia inginkan.”

“Saat dokter menyerah, dia bukan dokter lagi.” 

“Hanya satu hal pasti yang bisa dikatakan seorang dokter.”Kami akan berusaha sebaik mungkin.” Hanya itu.” 

---
Itu dia 6 rekomendasi drama Korea yang bagus dan punya banyak pesan-pesan baik tentang kehidupan yang pernah saya tonton. Kalau kalian punya rekomendasi judul lainnya, boleh tulis di kolom komentar, yaa.

Begitulahhh, ternyata drama Korea juga banyak menyampaikan pesan-pesan baik yang kebanyakan relate dengan kehidupan kita. Ambil sisi positifnya, tinggalkan sisi buruknya. Seiring usia saya yang semakin dewasa, saya jadi bisa lebih banyak memahami cerita dan pesan baik di setiap judul drama, berbeda dengan jaman muda dulu pastinya, saat belum terlalu banyak tahu tentang seluk beluk dan peliknya kehidupan.

Lalu mengapa Korea? Bagaimana dengan drama negara lain, drama Indonesia misalnya. Hihi.

Setiap karya pasti bagus, menurut saya. Tinggal kita pilih saja yang mana yang lebih kita suka. Yang nggak boleh itu, kita menghakimi apa yang orang lain sukai padahal kita tidak tahu sama sekali.

Baiklahh, sekian dulu tulisan hari ini. Terima kasih sudah membaca sampai akhir.. :)

You May Also Like

0 comments