Manfaat Pelukan Tanpa Kita Sadari

by - 5:04 AM

Banyak diantara kita yang menganggap remeh arti sebuah pelukan. Banyak juga yang merasa gengsi untuk memeluk orang yang dicintai karena menganggap itu bukanlah hal yang penting, tabu, malu, dan lain sebagainya. Padahal pelukan memiliki banyak manfaat, KECUALI jika kita memeluk orang yang bukan mahrom ya! :-D
Pelukan juga berguna bagi kesehatan tubuh. Setidaknya setiap orang membutuhkan delapan kali pelukan dalam sehari (dilansir okeh MindBodyGreen). Wah, kenapa? Berikut manfaat pelukan bagi kita:
1. Merangsang kinerja hormon oksitosin dan serotonin yang bisa membuat anda merasa lebih tenang, bahagia, dan jauh dari rasa kesepian. Bagi ibu menyusui, dapat meningkatkan produksi ASI loh..
2. Mendatangkan rasa aman, rasa percaya dan nyaman. Perasaan ini dibutuhkan oleh setiap manusia tak pandang usia. Mulai dari bayi, anak-anak hingga dewasa.
3. Meningkatkan keterikatan emosi dan spiritual. Hal tersebut sangat penting untuk menjaga kualitas hubungan pasangan suami istri.
4. Pelukan dapat meningkatkan rasa percaya diri karena mereka merasa selalu dicintai dan berharga.
5. Pelukan dapat membuat kita menjadi lebih rileks, melemaskan otot-otot yang tegang, meningkatkan sirkulasi ke jaringan tubuh sehingga dapat mengatasi rasa sakit.
6. Pelukan mengajarkan kita bagaimana memberi dan menerima dengan tulus, yaitu memberikan fisiknya untuk memeluk dan menerima fisiknya untuk dipeluk orang yang dicintainya.
7. Menyeimbangjan kondisi kejiwaan yang disebabkan oleh kontak fisik atau rangsangan antar kulit yang terjadi saat berpelukan mengantarkan reaksi listrik di kulit yang dapat menyeimbangkan kondisi mental.
8. Pelukan sama halnya seperti yoga atau meditasi, dimana seseorang dapat melepaskan segala beban yang dihadapi dan mengalir bersama energi kehidupan. Dengan berpelukan pasti lebih berhemat, bukan? :-P
9. Efek energi yang tersalur saat berpelukan dapat meningkatkan rasa empati.
10. Pelukan dapat mencairkan suasana ketegangan hubungan anda dengan pasangan/anak/orang tua/dll dan dapat memperbaiki atau membuka jalur komunikasi yang lebih baik.
Nah, sudahkah anda memeluk orang yang anda cintai hari ini?
Semoga bermanfaat.. ^^
YR

You May Also Like

0 comments