Ayo, Kita Lawan Berita HOAX

by - 3:20 PM

Iklan layanan masyarakat. Captured from Youtube.

"Umi lihat, tante itu dibuang ke tempat sampah loh...", teriak Aal yang saat itu sedang nonton TV.

Aal memang suka memandang aneh tayangan iklan yang ada di TV. Wajar saja, dia memang jarang nonton iklan karena lebih sering di-skip. Karena iklan ini pula saya dihujani pertanyaan oleh Aal. "Umi, kenapa tante itu dibuang? Emangnya dia sampah?", daan pertanyaan lainnya, setelah saya jawab muncul lagi pertanyaan baru lainnya. Ngga usah dibahas ya, bakal panjang, hehehe.

Tulisan ini dipersembahkan untuk Mbak Intan selaku pemenang arisan menulis di Rumah Belajar Menulis IP Batam dengan tema "Review Iklan Layanan Masyarakat". Tema yang menarik dan saya memilih iklan di bawah ini untuk saya review..


Menurut saya, pesan yang ada di iklan ini sangat baik dan perlu ditonton oleh semua pengguna sosial media. Maraknya berita-berita hoax penebar berita fitnah membuat saya miris karena menjadi penyebab buruknya keadaan. Bahkan kadang berita-berita seperti itu bersliweran di Whatsapp Group (WAG) keluarga yang memancing pembahasan dan berdebatan yang enggak banget! Dan berada di dalam WAG seperti itu sangat menyiksa saya, tidak nyaman tapi tidak enak untuk keluar grup. Sedihnya lagi, kebanyakan kita hanya terpaku hanya karena judul sebuah tulisan. Judulnya sudah "panas", langsung share tanpa membaca banyak refresnsi atau dicari kebenarannya, lalu akhirnya suasana menjadi panas berjamaah. Ini terjadi dan menyedihkan.

Dengan adanya iklan ini, kita sebagai masyarakat diingatkan kembali bahwa setiap persoalan di Negara ini telah diatur oleh Undang-Undang, diharapkan kita sebagai pengguna sosial media untuk lebih smart dalam menyebarkan berita. Dalam Agama Islam juga dikenal dengan ber-tabayyun, dimana tabayyun adalah mencari kejelasan tentang sesuatu hingga jelas dan benar keadaannya. Hati-hati dan pilih-pilih dalam menyebarkan berita atau informasi, jangan sampai jadi dosa jariyah.

Semoga kita bisa menjadi pengguna media sosial yang smart. Yuk kita manfaatkan media sosialsebagai sarana untuk menebar manfaat dan kebaikan, bukan sebaliknya.

😊

You May Also Like

1 comments

  1. Bener mbk jul,semoga kita selalu i
    Bertabayyun unt informasi apa pun.

    ReplyDelete