Pra Toilet Training Maryam

by - 12:04 PM



Asyiknya punya anak kedua, dia suka mengikuti kebiasaan kakaknya. Kali ini saya mau menceritakan tentang pra toilet training-nya Maryam.

Kenapa pra toilet training?

Ya, karena saya belum menerapkan toilet training kepada Maryam yang masih 1 tahun 4 bulan, masih full diaper. Sebelum toilet training dimulai, jadi boleh lah ya disebut sebagai pra toilet training? Hehe.

Hari ini Maryam menunjukkan kalau dia sudah mulai paham tentang Buang Air Besar (BAB) yang kami sebut "ook" dan dari beberapa hari yang lalu dia paham tentang Buang Air Kecil yang kami sebut pipis. Awalnya saya melihat dia terdiam dan tampak konsentrasi, wajahnya mulai menegang, hidungnya juga agak mengembang. Itu ciri khas kalau dia sedang BAB. Hehehe.

Biasanya saya langsung menghampiri dan menanyakan "adek ook ya?", tapi tidak untuk kali ini. Dia datang menghampiri saya dan bilang "Umi, ook Umi...ook..."

Dengan wajah berbinar saya apresiasikan dia, "wahh Adek ook? Adek sudah bisa kasih tau ke Umi kalau Adek ook? Iya, kita cebok, yah?"

"Ebok..ebok Umi.." Lalu dia pergi ke toilet dan saya pun mengikutinya. Di toilet pun saya terus sounding dia, agar nanti kalau buang air kecil atau besar di toilet, tidak di diapers lagi.

Ini langkah awal sebelum saya memulai toilet training ke Maryam, sebut saja sebagai pemanasan supaya semua tidak mendadak. Karena baik saya atau pun Maryam harus sama-sama siap.

Ah, tidak terasa Maryam menuju 2 tahun. Beberapa perubahan besar dalam hidupnya nanti akan kami hadapi, lepas dari diapers (toilet training) dan lepas dari ASI (menyapih).

Semoga kami bisa menjalaninya bersama dengan baik dan lancar, terutama saya.

Baca juga: Cara Membiasakan Batita Berjilbab (tantangan hari ke-3)

Juli Yastuti
• Tantangan 10 hari
• Hari ke-4
• Game Level 7
• Semua Anak Adalah Bintang
• Kuliah Bunda Sayang IIP

You May Also Like

1 comments

  1. Iya, kalau anaknya udah ngerti kalau pipis dan BAB udah lumayan ya mbak, jadi kita tinggal ingatin aja. Dan kalau udah lulus seneng banget rasanya :D

    ReplyDelete