Ngeblog Pakai HP Android, Bisa Kok!

by - 12:34 PM

Blogger

Ngeblog Pakai HP Android, Bisa Kok! - Saya lebih suka nulis blog menggunakan HP andorid, kenapa? Karena lebih simple menurut saya, lebih mudah dikerjakan kapan saja dan dimana saja. Selain itu, ya, karena hanya HP android fasilitas yang saya punya dan saya harus memanfaatkan itu sebisa saya.

Selama ini saya ngeblog, semuanya saya kerjakan via HP android kesayangan saya dan tidak pernah merasa ribet. Memang, bagi yang biasa ngblog pakai laptop pasti merasa aneh dengan visualnya. Kalau pakai laptop tampilannya besar dan luas, sedangkan HP ya...sesuai dengan ukuran HP dong pastinya. Kembali lagi pada pribadi masing-masing ini nyamannya gimana. Tapi ala bisa karena biasa, kok.

Yang pasti, jangan pernah membatasi diri kita dengan sesuatu. Pergunakan dan manfaatkan fasilitas yang kita punya untuk bereksplorasi sesuai dengan minat kita. Kita suka nulis, kita pengen ngeblog, tapi kita tahan karena kita tidak punya laptop atau komputer. Jangan. Kita tetap bisa berkreasi kok lewat smartphone yang biasa di genggaman kita. Siapa tahu, dari hasil nulis blog kita selama ini bisa ditabung-tabung buat beli laptop baru...ya, kan? Hehehe. Eits, tapi jangan berniat ngeblog untuk mencari duit ya, Gaes!

Nah...saya akan share sedikit tips dan cara ngeblog menggunakan HP android. Pertama-tama kita mulai dengan cara membuat blog menggunakan HP android, berikut langkah-langkahnya:

1. Pastikan HP kita sudah terkoneksi dengan jaringan internet, paket data sudah diisi atau sudah terhubung dengan wifi. Jangan lupa izin kalau pakei wifi tetangga, hihi.

2. Gunakan browser apapun, kalau saya biasa menggunakan "Chrome".

3. Pastikan kalau kita sudah punya akun email dari Google (gmail.com). Kalau belum, buat dulu yaaa..

4. Buka "www.blogger.com" pada browser.

5. Klik "create your blog".


6. Pilih akun gmail yang kita punya, login.


7. Ada tulisan "Welcome to Blogger" dan siap untuk merencanakan blog baru kita!




Nah, sebelum lanjut klik "continue to Blogger", sebaiknya kita punya rencana lebih dulu tentang blog yang ingin kita buat. Misalnya, kita pengen bikin blog tentang cerita sehari-hari (lifestyle), tentang parenting, tentang travelling, atau berupa kumpulan cerpen, puisi, atau tentang apapun sesuai dengan minat kita. Setelah kita tahu, barulah kita lanjut ke tahap berikutnya.

8. Isi "Display Name" atau nama yang ingin kita tampilkan di blogger. Bisa pakai nama asli atau nama pena kita. Jangan khawatir salah menulis display name, karena nanti bisa diubah, kok.

9. Klik "continue to Blogger".

10. Blog hampir jadi, lanjutkan dengan klik "create new blog".

Tulisan di dalam kotak kuning bisa di-close saja dengan klik tanda "x" di pojok kanan atas pada kotak kuningnya.

11. Isi title atau judul blog kita, misalnya "Catatan Cerita Maryam", "Cerita Umi", "Catatan Traveller", dll.


11. Bikin alamat blog kita yang diakhiri dengan dot blogspot dot com (.blogspot.com), misalnya ceritamaryamku.blogspot.com. Alamat ini bisa diubah atau customize dengan cara membeli domain sendiri, lho. Misalnya www.ceritaumi.com, www.bloggerkepri.com, dll. (ntar-ntar aja ini, mah..)

12. Pilih themes/tema yang disediakan oleh blogger. Tema ini juga bisa diubah atau diganti, biasanya kita sebut "renovasi". Bagaikan rumah, blog juga perlu direnovasi supaya jadi lebih nyaman dan enak dipandang. (ntar-ntar aja ini, mah..)

13. Lalu klik "Create Blog", dan lihat, blog kita sudah jadi!

Display name yang dilingkari.

Sampai pada langkah ini, kita sudah bisa menulis blog! Tinggal klik "new post", isi judul tulisan dan selamat menuangkan pikiran dan isi hati kaliaann... Oh ya, saran saya, lebih baik kita menulis "di luar blogger" dulu. Seperti di notes hp, setelah tulisannya fix dan siap untuk dipublish, bisa di copy paste ke blogger. Kenapa? Ya, supaya menghindari resiko tulisan hilang kalau tiba-tiba browser ter-refresh atau kepencet yang lainnya.




Tampilan blog kita sesuai tema yang sudah dipilih.


Display name bisa diubah.

Pada dasarnya, membuat sebuah blog itu mudah, yang tidak mudah itu adalah konsistensi kita dalam menulis sehingga bisa membangun blog tersebut agar terus berkembang dan banyak dijangkau dan dibaca oleh banyak orang. Kalau blog bisa menghasilkan uang, itu benar, tapi jangan jadikan uang sebagai tujuan kita menulis. Anggap saja uang adalah bonusnya, ya. Hehehe.

Yang tak kalah dari uang, blog juga bisa menjadi media kita menyebarkan informasi yang bermanfaat (mengejar amal jariyah). Rasanya bahagia tak terkira ketika banyak orang yang membaca blog kita dan mereka bisa mengambil sedikit manfaat dari tulisan-tulisan yang kita buat. Menjadi bermanfaat itu upah terbesar bagi saya.

Jadi....yuk, buat blog sekarang lewat hp android yang kita punya! Semoga bermanfaat... :)

You May Also Like

1 comments

  1. Kalo kepepet saya juga nulis blog dari android saja..enaknya bisa dimana saja asal jaringan Lancar..cuma ribet nya saat harus masukkan backlink ,kadang gak bisa, ntah saya yg kurang pandai atau hape saya masih pake program lama

    ReplyDelete