Cerita Di Balik Seminar Parenting GEMA Batam x Rumah Inspirasi: Panitia Cuma Berdua?

by - 9:45 PM


Cerita Di Balik Seminar Parenting GEMA Batam x Rumah Inspirasi: Panitia Cuma Berdua? - Seminar Parenting bersama Rumah Inspirasi beberapa hari yang lalu adalah event yang cukup besar pertama kali diadakan oleh Gelora Madani Batam (GEMA Batam). Dengan mengangkat tema "Meningkatkan Minat Belajar dan Prestasi Anak: Mempersiapkan Anak Menjadi Pembelajar Mandiri  dengan Memanfaatkan Keseharian Untuk Proses Belajar", seminar tersebut sukses dilaksanakan. Alhamdulillah.

Baca juga: Review Materi Seminar Parenting Bersama Rumah Inspirasi

Tapi tahukah pemirsa, kalau panitia pelaksana seminar tersebut hanya 2 orang? Hehe.

Inilah Cerita Di Balik Seminar Parenting GEMA Batam X Rumah Inspirasi


Bermula dari obrolan berdua, akhirnya kami mulai membahas kegiatan baru yang akan dilaksanakan beberapa waktu ke depan. Rumah Inspirasi dan Mbak Mira Julia (Lala) pun akhirnya menjadi topik pembahasan kami. Hmm, sebelum lanjut, "berdua" itu siapa saja, sih?

Tentang GEMA Batam bisa dibaca atau cek kategori/label blog ini tentang "Gelora Madani Batam".

Singkatnya, saya dan suami membangun sebuah Yayasan bernama Gelora Madani Batam atau yang biasa disingkat GEMA Batam. Awalnya, kegiatan GEMA Batam dimulai dengan membuka sebuah ruang baca gratis untuk semua kalangan, baik anak-anak, remaja, dan dewasa. Selain itu, kami juga bertekad untuk mengadakan kegiatan sebulan satu kali. Baik itu kegiatan untuk anak-anak, maupun para orang tuanya.

Seminar parenting ini adalah kegiatan kedua, setelah kegiatan pertama Robotic Explorer untuk anak-anak yang ingin melihat dan menyaksikan robot-robot milik Politeknik Negeri Batam. Akhirnya, membuat kegiatan-kegiatan seperti itu membuat kami ketagihan. Apalagi ketika mendapat feedback positif dari peserta yang mendapatkan kesan dan manfaat dari serangkaian kegiatan yang kami buat.

Percaya, nggak, kalau kami mengerjakan semua ini hanya berdua? Saya dan suami.

Mau nggak mau ya harus percaya, karena itulah faktanya. Kenapa tidak melibatkan orang lain? Bukannya tidak mau, tapi kami belum punya masa. Untuk saat ini, kami berdua masih terus membranding GEMA Batam agar bisa lebih dikenal orang. Tidak menutup kemungkinan kelak kita akan membentuk sebuah Team untuk mengerjakan program-program GEMA Batam bersama. Kuy, lah, bagi yang berminat bisa contact sayah..hehe.

Persiapan Seminar Parenting GEMA Batam Bersama Rumah Inspirasi

Sekitar 2 bulanan sebelum seminar parenting ini dilaksanakan, tepatnya tanggal 21 Agustus 2019, saya menghubungi Mbak Lala via Whatsapp. Tidak lama saya menunggu jawaban, Alhamdulillah Mbak Lala menjawab dengan ramahnya. Bersedia. Saya pun mengajukan beberapa pilihan tanggal untuk diadakannya seminar parenting di Batam. Wah, ini pertama kalinya Mbak Lala akan mengisi seminar di Batam!

Singkat cerita, terpilihlah tanggal 19 Oktober 2019 untuk dilaksanakannya seminar parenting bersama Mbak Lala, Rumah Inspirasi. Segala persiapan kami obrolin berdua, biasanya di tengah malam sambil pillow talk gitu. Hehe. Semua persiapan kami garap sesuai kebisaan dan kemampuan masing-masing, suami yang membuat flyer, edit flyer, membuat proposal, menyusun konsep acara dan lain-lain. Saya lebih ke sosial, promosi di media sosial, membuat tulisan di blog sebagai salah satu sarana promosi, membuat form pendaftaran, mengurus pendaftaran peserta, mengurus uang masuk dan keluar, dan banyak lagi. Sedangkan untuk media partner dan sponsor, kami cari bersama-sama, mengajak beberapa teman, kenalan dan rekan untuk bekerja sama.

Huhhhh (ambil nafas)...pokoknya semua kami kerjakan berdua.

Bisa dibayangkan bagaimana riwehnya kami saat itu. Suami yang pekerjaan utamanya di kampus dari pagi sampai malam hari, saya yang kegiatan utamanya sebagai ibu rumah tangga, kami berdua juga harus mengurus acara ini bersama-sama. Berdua saja. Tak jarang kami pun tidur larut, mencuri waktu kerja dan menyambi waktu masak untuk mengerjakan persiapan seminar ini.

Saya tidak mengeluh, tidak. Saya menuliskannya di blog ini supaya kelak bisa kami kenang kembali masa-masa ini. Masa-masa awal kami merintis GEMA Batam bersama-sama.

Terima Kasih Kepada Para Relawan...

Mendekati hari H, kami mulai mencari beberapa orang yang bisa membantu kami untuk meng-handle acara di hari H. Kami membutuhkan beberapa orang yang bisa membantu kami di ruang seminar dan di ruang Kids Zone yang kami sediakan untuk anak-anak bermain dan berkegiatan selama orang tuanya mengikuti seminar.

Alhamdulillah, kami mendapatkan beberapa orang baik yang sedia membantu di hari H. Bukan orang asing, kok, mereka adalah beberapa mahasiswa-mahasiswa yang dekat dengan suami saya dari satu organisasi kemahasiswaan di kampus dan juga beberapa teman dekat kami.

Tidak banyak waktu terbuang untuk briefing acara dan berbagi tugas masing-masingnya, secara mayoritas mereka sudah biasa meng-handle acara organisasi di kampusnya. Kami berkumpul di satu Group Whatsapp yang kami gunakan untuk menyampaikan instruksi atau memberikan arahan saat acara. Sampai akhirnya seminar ini pun selesai dan berakhir dengan baik dan sesuai dengan rencana.

Alhamdulillah... Kami sangat amat merasa terbantu dengan adanya mereka. Terima kasih, teman-teman Relawan!

Mbak Rahma, partner setia yang menemani saya mengantar-jemput dan menjamu Mbak Lala selama di Batam (narasumber). Oh ya, sekalian jadi fotografer saat acara.

Best volunteer! Thank you, Gaes..

---

Alhamdulillah, feedback dari beberapa peserta seminar sangat baik. Ada juga yang puas dengan konsep Kids Zonenya, mereka bisa tenang mengikuti seminar karena anak-anaknya betah dan aman bermain serta berkegitan bersama kakak-kakak Relawannya.

Seperti yang saya ceritakan tadi di atas, membuat kegiatan-kegiatan seperti ini akhirnya bikin ketagihan! Nah, untuk berikutnya...kira-kira kegiatan apa lagi yang harus dibuat oleh GEMA Batam, ya....?

Silahkan sarannya boleh ditulis di kolom komentar, biar sama-sama kita wujudkan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat, baik untuk anak-anak maupun para orang tua.

   

You May Also Like

1 comments