Ketika Rasa Bosan Melanda, Inilah 7 Ide Kreatif Yang Bisa Dilakukan Bersama Keluarga Di Rumah #dirumahaja #bersamalawabcovid19

by - 5:07 AM


Ketika Rasa Bosan Melanda, Inilah 7 Ide Kreatif Yang Bisa Dilakukan Bersama Keluarga Di Rumah - Hampir sebulan lamanya kita di rumah saja sesuai dengan anjuran pemerintah demi memutus rantai penyebaran virus corona (COVID-19). Jangan tanya bagaimana rasanya ketika kita hanya diminta untuk stay at home everyday.

Bosan, pasti. Tapi bosan lebih baik dari pada nakal tetap berkeliaran dan berujung jatuh sakit.

Kita yang dewasa saja, sudah mulai gelisah menghadapi kebosanan. Apalagi anak-anak. Biasanya mereka pergi bermain ke taman, berkumpul bersama teman-teman, pergi sekolah, bermain dengan teman-teman, jalan-jalan, dan banyak lagi aktivitas menyenangkan yang dilakukan di luar rumah.

Mereka rindu itu.

Setiap hari, pasti ada kalimat yang mereka utarakan tentang harapannya terhadap bumi agar bisa kembali normal lagi.

"Umi, kalau corona sudah hilang, kita ke playground, ya?"

"Umi, kalau corona sudah hilang, kita ke pantai sama Papa Mama, ya?" (Papa Mama = Kakek Neneknya)

"Umi, kenapa sih corona itu ada? Kan Aal jadi nggak bisa main keluar.."

"Umi, Aal sedih, ulang tahun Aal nggak jadi adain lomba dan piknik di pantai karena corona."

Dan banyaaaaaak lagi.

Saya hanya bisa menyimpan rasa sedih di dalam hati, kasihan pada mereka yang mau nggak mau ikut kena imbas pandemi.

Saya selalu berusaha mencari cara untuk membuat mereka lupa dengan situasi ini, saya selalu ingin membuat mereka nyaman dan tetap bahagia di dalam rumah sampai badai pandemi ini berakhir. Meskipun saat ini, kadang saya juga suka stuck sendiri.

Tapi, saya punya beberapa ide kreatif yang bisa dilakukan di rumah saja bersama keluarga untuk mengusir rasa bosan yang melanda, semoga bisa menginspirasi.

1. Main bersama
Yuk, kita duduk melingkar bersama mereka. Perhatikan apa yang mereka mainkan dan ikut bermain bersama. Entah itu bermain peran, bermain boneka, menyusun balok, puzzle, mobil-mobilan dan sebagainya.

Khususnya untuk para Ayah yang saat ini lebih banyak di rumah, nih. Ini kesempatan bapak-bapak untuk turut serta bermain bersama mereka karena mungkin selama ini Anda punya waktu yang terbatas di tengah-tengah mereka.

2. Bikin prakarya
Buka youtube bukan cuma untuk nonton doang, kita bisa cari ide untuk membuat sebuah prakarya yang menarik. Bikin rumah dari kardus, melukis, membuat gelang manik-manik, dan bebikinan lainnya. Selain mengasah kreatifitas, kegiatan ini juga akan menjadi kegiatan yang berkesan bagi anak.

3. Masak dan makan bersama
Mungkin selama ini kita selalu sibuk, yang satu sibuk kerja, yang satu sibuk sekolah, les dan serentet kegiatan lainnya di luar. Karena adanya pandemi, kita dipaksa untuk selalu di rumah saja. Bahkan urusan makan pun, sebaiknya kita makan makanan rumah alias masak sendiri.

Memasak dan makan bersama bisa menjadi salah satu rutinitas baru yang akan lebih mengeratkan hubungan keluarga. Tidak masalah jika selama ini kita tidak pandai memasak, banyak video masak di youtube, banyak resep-resep baru di aplikasi atau website. Mencobanya bersama keluarga pasti menyenangkan.

4. Beberes rumah bersama
Gotong royong keluarga, seru! Jika selama ini ibu-ibu saja yang sibuk beberes rumah, coba sekarang semua anggota keluarga turut terlibat. Ibu menyapu lantai, bapak membersihkan teras, anak-anak membersihkan kaca, atau mengubah dekorasi rumah. Tidak perlu mengeluarkan uang, cukup geser-geser sofa atau memindahkan meja makan saja sudah cukup membawa suasana baru di rumah, kok.

5. Berkebun
Pandemi juga membawa efek yang cukup berat dalam hal ekonomi. Harga-harga bahan makanan pun perlahan mulai naik. Berkebun bisa menjadi salah satu aktivitas baru untuk keluarga. Cobalah menanam cabe, kangkung, terong dan sayur-sayuran lain yang nantinya bisa dikonsumsi. Lumayan, kan, kalau panen, bisalah menghemat rupiah.

6. Nonton bareng
Sulap kamar tidur atau ruang keluarga menjadi bioskop mini. Cari film-film seru yang bisa ditonton oleh semua anggota keluarga. Nonton bareng dan pelajari pesan baik yang terkandung di dalam film. Pastikan kita memilih tontonan yang benar-benar layak dan pantas untuk anak-anak, ya.

Tapi, kalau anak-anak sudah pada terlelap tidur, bolehlah nonton midnight berdua dengan pasangan. Anggap saja sedang nostalgia sambil nonton film romantis. Eaakk!

7. Olahraga bersama
Kalau dulu, kita olahraganya di luar seperti gym, club senam atau zumba, saat ini kita bisa berolahraga di rumah saja. Ajak anak-anak untuk mengikuti gerakan olahraga sederhana. Bisa juga mengikuti gerakan olahraga dari youtube lalu dipraktekkan bersama sekeluarga. Pasti seru!

Itu dia 7 ide kreatif yang bisa kita lakukan di rumah bersama keluarga, kalau teman-teman punya ide kreatif lainnya, bolehlah berbagi di kolom komentar.

Harapan saya, semoga pandemi ini segera berakhir, kita bisa menjalani kehidupan dengan normal lagi. Namun yang terpenting, kita semua sehat, dijauhkan dari segala macam penyakit dan musibah. AAMIIN.

Tetap semangat, ya! Bersabarlah, percayalah bahwa awan tidak akan selamanya mendung, pasti akan ada terang, dan ada pelangi setelah hujan.

You May Also Like

0 comments