Review & Tips Gendongan Ring Sling

by - 4:40 PM

Maryam di dalam gendongan ring sling

Gendongan adalah salah satu barang yang sangat penting bagi saya. Lebih baik saya ketinggalan bedak dan lipstik dari pada ketinggalan gendongan. Dari sekian banyak jenis gendongan, ring sling adalah pilihan ternyaman bagi saya. Sejak Aal bayi, sampai Maryam usia 1 tahun sekarang, hanya ring sling yang cocok buat saya. Dan, ring sling saya hanya itu satu-satunya, tidak ada ring sling yang lainnya.

Saya berkerudung hitam dengan Maryam di gendongan.

Memangnya jenis gendongan ada apa aja sih? Banyak, baiklah, saya coba jabarkan satu per satu. Berikut adalah jenis-jenis gendongan yang saya ketahui:

1. Jarik/selendang
Nah, ini gendongan tradisional yang menggunakan ikatan atau simpul. Biasanya sih pakai kain panjang yang bermotif batik ya, tapi sekarang sudah banyak yang menjual jarik bermotif lebih modern. Saya menggunakan jarik beberapa hari ketika Aal lahir, saya menyerah karena tidak berhasil mengikat gendongannya di bagian punggung dan membuat bayi saya suka melorot. Anehnya, suami saya lebih jago menggendong dengan jarik, meskipun harus saya yang mengikat di bagian punggungnya. Dan ternyata cara itu adalah cara yang sudah old, pelajari menyimpul kain jarik disini agar lebih mudah dan nyaman.

2. SSC
Ini gendongan masa kini yang bentuknya seperti ransel dan bersabuk pinggang. Ada juga yang tersedia dudukan bayinya (hipseat), ini direkomendasikan untuk bayi sekitar 3-4 bulanan. Gendongan ini banyak diminati para ayah, mungkin karena modelnya yang seperti ransel ya, jadi terlihat lebih keren. Saya pernah mencoba gendongan model ini, nyaman, tapi agak sulit ketika ingin menyusui. Kalau yang pakai hipseat bagi saya kurang nyaman, panggul dan perut bagian bawah saya terasa agak tertekan oleh berat badan bayi. Ah, mungkin saya yang belum terbiasa dan tidak minat untuk membiasakannya.

3. Ring sling
Gendongan ini seperti jarik, berupa kain panjang tapi menggunakan ring sebagai pengunci. Ring ini juga mempermudah kita untuk mengencangkan atau melonggarkan gendongan. Ini dia gendongan andalan saya. Nyaman banget dipakai untuk berbagai posisi gendong, dan yang terpenting nyaman untuk menyusui.

4. Onbuhimo
Gendongan ini mirip ransel juga, tapi cenderung tidak bersabuk seperti SSC. Biasanya nyaman untuk dipakai gendong belakang. Kelihatannya nyaman, saya belum pernah coba, tapi saya selalu mempertimbangkan kemudahan akses menyusui dalam memilih gendongan. Mungkin gendongan ini nyaman digunakan di rumah sambil beraktifitas kegiatan rumah tangga, si kecil digendong di belakang sambil menemani. Ah, so sweet.

5. Wrap (stretchy wrap & woven wrap)
Gendongan yang cara pakainya dililitkan di tubuh dengan teknik tertentu. Ada bahan yang stretchy/melar, ada juga yang bahan tenun. Gendongan ini menjadi hadiah yang diberikan saudara saya saat kelahiran Aal. Selama memakainya nyaman, cuma saya kurang cocok dengan lilit-lilitannya yang menurut saya ribet. Apalagi kalau harus gantian menggendong, duh kainnya panjang bisa sampai ke lantai. Tapi untuk menggendong sambil jalan-jalan sore, ya boleh juga.

6. Meh Dai
Gendongan yang modelnya seperti SSC tapi tidak bersabuk, tapi mempunyai 2 panel bagian pinggang dan 2 panel bagian bahu untuk diikat/simpul. Gendongan ini bisa dipakai menyusui juga dengan cara melonggarkan ikatan pada bagian bahu. Saya belum pernah coba sih, tapi kelihatannya nyaman, namum tetap terlihat ribet bagi saya kalau sistemnya ikat mengikat, hehe.

7. Pouch
Gendongan sling instan, biasa berbahan katun atau kaos yang biasa dikenal geos (gendongan kaos). Saya punya gendongan model, nyaman sih, tapi tidak bisa diatur ketat-longgarnya. Membeli gendongan ini menikuti size yang disesuaikan dengan berat badan ibu.

Cara simple menyimpan gendongan, sumpel di tas. Foto saat Aal masih 1 tahun lebih dengan gendongan yang sama.

Jadi, saat itu ring sling adalah solusi ketika saya kesulitan menggunakan jarik. Saya membaca dan mencari refrensi tentang gendongan dan pilihan jatuh ke ring sling. Kenapa? Karena pemakaiannya simple, akses menyusui mudah, gampang mengatur ketat-longgar gendongan dan bisa berbagai posisi gendong (depan, samping, belakang). Ring sling saya merk "Kekhan", saat ini sudah tidak produksi lagi. Sayang, padahal menurut saya produknya bagus loh. Buktinya awet saya pakai sejak Aal bayi 2014 hingga Aal berusia 2 tahun kurang, dan terpakai lagi untuk menggendong Maryam adiknya sampai saat ini ia berusia 1 tahun. Ringnya kokoh, berbahan nylon. Bahannya katun yang sejuk dan lembut karena semakin sering dicuci. Terdapat bantalan busa dibagian bahu untuk mengurangi sakit ketika menggendong lama. Kainnya panjang bisa berfungsi sebagai apron (penutup menyusui) saat menggendong dan juga sebagai penutup kepala bayi ketika panas terik dan hujan, atau kadang dililit saja kebagian ring agar terlihat lebih pendek. Minusnya, karena ring sling hanya tertumpu pada 1 bahu, pakai bergantian bahu jika menggendong dalam waktu yang lama.


Tips memilih ring sling:


Inti dari gendongan ring sling ada pada ring-nya, yang berfungsi sebagai pengganti simpul pada jarik. Dengan adanya ring, gendongan bisa diatur ketat-longgarnya sesuai kebutuhan. Jadi, teliti memilih ring pada ring sling. Bahan ring biasanya nylon dan besi. Nah, untuk ring berbahan besi, jangan memilih ring yang terdapat celah besinya. Ring yang terdapat celah besi tidak kuat menopang berat badan bayi yang bertambah berat. Alhasil, besi menjadi melebar, celah besi terbuka, ring sling harus digudangkan.

Ring nylon yang super kuat.

Ring nylon.


Selain jenis gendongan, pelajari juga ilmu gendong menggendong yang kini bisa kita dapatkan dengan mudah melalui internet, komunitas menggendong yang biasanya sudah ada di setiap wilayah (Untuk wilayah Kepri). Pelajari dan pilih gendongan yang ternyaman menurut ibu dan bayi ya.. Perhatikan posisi tubuh bayi di dalam gendongan dan beberapa rumus seperti TICKS atau menggendong dengan CINTA.




Selamat menggendong.. Karena kelak kita akan rindukan ia yang melekat dalam pelukan. Tenang ibu, masa ini tidaklah lama, nikmati tiap detak jantung dan aliran nafas yang seirama antara kita dan si buah hati.

Juli Yastuti

You May Also Like

5 comments

  1. Kalo aku ngerasa lebih nyaman pake gendongan SSC. Buatku, gendongan model ini paling nyaman dipake kalo gendong bayi sambil naik motor, hehehe

    ReplyDelete
  2. hehe saya juga sama, terbantu sekali dengan adanya gendongan... bisa selalu bawa si kecil ikut aktivitas saya :)

    ReplyDelete
  3. Saya masih roaming hehehe...tapi Keren nih infonya, tambah ilmu baru lagi

    ReplyDelete
  4. Gendongan ringsling emang paling enak, tp kalo beli suka ga pas dipake sama kita. Kadang kurang tick pas dipake ato kurang lebar kainnya. Klo sy sukanya buat ringsling pk jarik mba jul, lbh fleksible. Pk vowenwrap jg bisa dimodif sm ring. Ah kangen gendong bayik kemana mana

    ReplyDelete
  5. Dulu anak saya kecil, pale gendongan SSC deh, lebih Aman sih menurut saya.

    ReplyDelete