Pesona Indah Taman Nasional Bali Barat, Yakin Mau Melewatkannya?

by - 4:30 PM


Pesona Indah Taman Nasional Bali Barat, Yakin Mau Melewatkannya?


Bali seakan nggak kehabisan destinasi wisata untuk dieksplorasi, baik wisata budaya hingga alamnya yang indah. Selain mengunjungi pantai-pantainya yang indah atau kawasan persawahan yang asri, sempatkan juga untuk berpetualang di ujung barat Pulau Bali.

Taman Nasional Bali Barat tepatnya, dikenal sebagai kawasan pelestarian alam dan habitat burung jalak bali yang mulai langka. Baru saja masuk ke dalam Best Top 100 Destination di Internationale Tourismus Borse di Berlin pada Maret 2018 yang lalu, TBNN ini wajib dijajal pada agenda liburanmu tahun ini, coba dilihat-lihat harga tiket pesawat kesana, siapa tahu kamu beruntung mendapatkan promo tiket pesawat ke Bali.

Bird Watching di Teluk Brumbun


Sumber: iffocus
Jika dilihat dari sejarahnya, burung jalak bali merupakan salah satu alasan dibentuknya TNBB. Lokasinya yang meliputi Kecamatan Gerokgak, Buleleng dan kecamatan melaya, Jembrana, Bali ini menjadi rumah terakhir untuk spesies endemik Pulau Dewata ini.

Untuk dapat menyaksikan langsung burung yang mulai langka ini kamu bisa membawa teropong ke Teluk Brumbun. Selain melewati perjalanan darat, kamu bisa mempersingkat waktu dengan menggunakan kapal selama 45 menit dari Dermaga Labuhan Lalang. Disarankan pengunjung datang di awal musim hujan, sekitar antara bulan Agustus hingga akhir Desember. Jadi jangan sampai ketinggalan promo tiket pesawat ke Bali, di bulan-bulan tersebut ya!

Berpetualang di Hutan Bali

Sumber: balibaratsptn2
Hanya 10 persen dari TNBB yang dapat diakses oleh pengunjung. Kamu bisa memilih berbagai rute yang nantinya akan didampingi oleh pemandu berpengalaman. Kamu dapat menjajal Gunung Klatakan Trail, menempuh 5 jam perjalanan melalui hutan hujan Bali yang masih alami. Di sini, kamu bisa melihat berbagai satwa liar mulai dari rusa, kerbau liar, monyet, kura-kura hingga 175 spesies tanaman yang berbeda.

Diving dan Snorkeling

Sumber: Viva
Taman Nasional Bali Barat juga punya beberapa lokasi menyelam yang unik, seperti Pulau Menjangan. Bisa dibilang spot ini merupakan surga menyelam yang sejati dengan arus lembut yang mengalir di antara Coral Garden, tembok karang sepanjang 40 meter, hingga rumah bagi satwa laut seperti gurita, kuda laut, dan ikan warna-warni. Selain bisa menjelajahi keindahan bawah laut di pagi dan siang hari, temukan tantangan baru saat melakukan night diving.

Pura Teluk Terima

Sumber: punapibali.tumblr
Bukan hanya menikmati keindahan alamnya saja, buat yang ingin memperdalam sisi spritualnya bisa mendatangi Pura Teluk Terima. Tepat berada di kawasan hutan Teluk Terima, Desa Sumber Klampok, Gerokgak, Singaraja ini memang perlu usaha untuk mencapainya. 

Setelah menempuh perjalanan darat selama 4-5 jam, kamu masih harus menaiki anak tangga sejauh satu kilometer. Namun rasa lelah seakan hilang saat melihat asrinya pepohonan yang mengantarkanmu menuju pura yang punya nama lain Pura Jaya Prana atau Pura Bhatara Sakti Wawu Rawuh ini.

Ayo, coba cek kembali jadwal liburan kamu tahun ini, jangan lupa jatah cuti bisa jadi tambahan waktu berliibur untuk menikmati Taman Nasional Bali Barat ini sekalian puas jalan-jalan di Pulau Bali-nya. 

Untuk kamu yang tinggal di Jakarta, ada banyak tiket Jakarta ke Bali dari berbagai maskapai yang memberikan promo tiket pesawat ke Bali. Terus yang tinggal di kota-kota lainnya bagaimana? Tenang saja, kamu juga bisa kok berlibur ke Taman Nasional ini. Kalo diperhatikan, Bali selalu punya daya tarik wisata baru yang menarik untuk dikunjungi, semoga semakin dikenal di seluruh dunia terutama bagi kita warga negara Indonesia.

Semoga bermanfaat, ya.... Selamat liburan! :)

You May Also Like

2 comments