Cara Seru Memperkenalkan Berbagai Profesi Kepada Anak

by - 2:20 PM


Cara seru memperkenalkan berbagai profesi kepada anak. Anak-anak usia balita biasanya sudah mulai dikenalkan dengan berbagai macam profesi. Kita bisa lihat di dalam buku-buku pelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) pasti banyak sekali gambar atau cerita tentang berbagai profesi.

Dengan dikenalkannya anak dengan berbagai profesi sejak dini, diharapkan anak-anak mengetahui berbagai peran manusia yang ada di muka bumi. Hingga akhirnya ia menemukan sebuah peran yang ia sukai dan minati, lalu muncul keinginan untuk mempelajarinya lebih dalam lagi. Dengan begitu, diharapkan anak-anak bisa mengenali potensi kekuatan yang ada di dalam dirinya dan memahami arti hidupnya di muka bumi ini.

Baca juga: Cara Mengetahui Potensi Kekuatan Anak

Ada beberapa cara seru untuk memperkenalkan profesi kepada anak. Berikut ini diantaranya:

1. Ajak anak berjalan-jalan

Berkesan banget ketika dia bisa jalan-jalan melihat kendaraan pemadam kebakaran secara langsung
Jalan-jalan dan berlibur sekalian belajar, asyik banget ini. Sesekali kita bisa membawa anak-anak ke tempat dimana kita bisa mengenalkan sebuah profesi. Misalnya, kantor pemadam kebakaran, kantor polisi, rumah sakit, sekolahan, dan lain sebagainya.

Pengalaman saya pernah membawa Aal jalan-jalan ke kantor pemadam kebakaran Bandara Hang Nadim Batam. Untuk memasuki area tersebut memang membutuhkan izin lebih dulu, saya minta waktu sekitar 15 menit kepada security yang bertugas untuk mengajak anak saya melihat mobil pemadam kebakaran. Alhamdulillah diiizinkan, Aal senang dan excited sekali.

Bisa juga izinkan anak sesekali ikut ayahnya bekerja, kenalkan profesi ayahnya. Pengalaman Aal juga, ia beberapa kali ikut Abinya bekerja di kampus. Ia melihat bagaimana karyawan bekerja dan dosen yang mengajar mahasiswa.

2. Melalui aplikasi / permainan digital (screen time)

Tampilan depan Marbel Belajar Profesi
Mayoritas anak-anak sekarang pasti pernah memegang smartphone. Smartphone ini bisa dimanfaatkan sebagai media belajar yang bagus, asal kita bisa mengatur waktu dan kesepakatan yang jelas bersama anak. Nah, melalui smartphone pula kita bisa memperkenalkan berbagai profesi kepada anak melalui aplikasi atau permainan digital dari Educa Studio yaitu Marbel Belajar Profesi.

30 jenis profesi di Marbel Belajar Profesi
Aplikasi Marbel Belajar Profesi ini bisa kita dapatkan di Play Store secara gratis. Tapi ingat, sebelum memberikan izin untuk anak belajar dan bermain di smartphone (screen time), jangan lupa sepakati aturan main bersama. Misal, boleh main selama 20 menit saja. Kalau perlu, atur alarm sebagai tanda waktu screen timenya berakhir.

3. Melalui buku "Aku Ingin Menjadi"

2 buku Aku Ingin Menjadi pilihan Aal
Ah, ini buku favorit! Saya menemukan buku ini pertama kali sekitar sebulan yang lalu di Gramedia. Kesan pertama yang saya dapatkan adalah buku ini isinya bagus, harganya juga nggak mahal, sekitar Rp38.000. Dari sekian banyak tema profesi yang ada, Aal memilih Aku Ingin Menjadi Arsitek dan Aku Ingin Menjadi Pemadam Kebakaran.

Isi buku Aku Ingin Menjadi Arsitek
Arsitek, ini karena dia melihat isi bukunya banyak tentang konstruksi, pembangunan menggunakan alat-alat berat seperti crane, excavator, dan lainnya. Dari kecil dia memang suka dengan alat-alat ini. Dan Pemadam Kebakaran, dia memang lagi suka bikin kendaraan pemadam kebakaran dari lego-lego kecilnya, misanya fire truck dan helicopter fire brigade.

Is buku Aku Ingin Mejadi Pemadam Kebakaran
Buku Aku Ingin Menjadi ini mempunyai 20 seri profesi yang berbeda-beda, diantaranya: Pilot, Astronout, Advokat, Guru, Dokter, Koki, Desainer Grafis, Perancang Busana, Arsitek, Desainer Interior, Aktor & Aktris, Penyiar, Pemadam Kebakaran, Polisi, Desainer Web, Akuntan, Youtuber (waww, profesi masa kini! hehehe), Wartawan, Seniman dan Tentara.

***

Itu dia 3 cara seru memperkenalkan profesi kepada anak. Kita bisa menyaksikan, profesi mana yang membuat mata anak kita berbinar saat melihat atau membacanya.

Adakah yang mau mencoba salah satu atau ketiga cara serunya? Komentar di bawah kalau ada cara yang nggak kalah seru lainnya untuk memperkenalkan anak tentang profesi, ya..

Selamat mendampingi si buah hati dan smoga tulisan ini bermanfaat! :)

You May Also Like

30 comments

  1. baru tahu Marbel Belajar Profesi mba mau cobain ah, anakku kalau ditanya pengen jadi pemanah mba xixixi

    ReplyDelete
  2. Wah aplikasinya kece ya jul. Buku itu sudah pernah juga intip di gramed tapi menurut akuh mahal hahaha soalnya gak boardbook jadi aku gak yakin tahan lama. Padahal lengkap banget ya penjelasannya

    ReplyDelete
  3. Bukunya full colour ya, anak2 pasti suka nih. Aku mauncoba install apps nya dulu deh, selama ini suka MarBel tp yg buat belajar solat.

    ReplyDelete
  4. kalau Faraz beberapa bulan sekali itu ada kunjungan ke Kantor Pemadam, Kantor Polisi, kemarin terakhir ke Pizza Hut, salah satunya ya mengenalkan anak-anak tentang profesi ini juga.

    eiits, kemarin waktu ada temannya main ke rumah, tiba-tiba dia bilang ingin jadi dokter. padahal belum pernah visit ke Rumah sakit bareng teman-temannya. mungkin udah diajarin di sekolah kali ya :D

    bukunya keren ya Mbak, mau cari juga aah nanti klo ke Gramed :)

    ReplyDelete
  5. Aku insya Allah akan jadi ayah tahun depan.
    Insya ALlah akan terapkan juga tips2 ini ke anakku kelak. hhe
    Aamiin Allahumma Aamiiin.

    Trims sharingnya.

    ReplyDelete
  6. Masa anak-anak memang masa menyerap pengetahuan ya, jadi kita bisa memberikan informasi dan pengetahuan positif melalui buku, permainan digital, dn jalan-jalan, kalau saya sih nggak pernah khusus memperkenalkan profesi, paling kalau lagi jalan-jalan, lihat sebuh profesi terus dikasih tahu ke anak-anak

    ReplyDelete
  7. anakku udah gede jadi youtuber aja deh, enakeeuun duitnya ngalah ngalahin direktur hihi tapi apapun itu, kembalikan kepada anak aja deh kali ya

    ReplyDelete
  8. Cara aku memperkenalkan profesi ke anak2 juga kurang lebih seperti ini mba.
    Trus ditambah ajak anak kenalan sama teman2 ortunya yang punya profesi beda2 yang hampir jarang disebut anak2 waktu TK �� Jadi mereka makin tau ada banyak profesi yang bisa dipilih saat mereka besar nanti

    ReplyDelete
  9. Mengenalkan profesi kepada anak memang harus rajin.
    Rajin emaknya, juga rajin anaknya.

    Aku yang dulu...memikirkan untuk ber-HS saja ketika anak-anak masih batita.
    Namun sekarang mikir lagi...hahaa~
    Rempong cyiin.

    Jadi lebih seneng ikut play date seru saat weekend.
    Yang pasti, anak-anak selalu bersosialisasi di lingkungan baru.

    ReplyDelete
  10. Iya penting ini memberikan pengetahuan tentang profesi kepada anak sejak dini... Cuma profesi yang diberitahukan kudu lebih bervariasi Bunda.... hihihi... kalau saya lihat dari buku-buku anak, profesi yang banyak dibahas yang sudah tenar-tenar... mungkin perlu ni profesi blogger, youtuber, influencer juga dimasukkan... hihihihi

    ReplyDelete
  11. Saat menerima kunjungan dr siswa PAUD, TK atau SD di kantor kami, selain memperkenalkan tentang pertanian & peternakan kami juga memperkenalkan ttg profesi dokter hewan, penyuluh, petani, peternak dll..

    ReplyDelete
  12. Aku pun begitu. Mengenalkan profesi pada anak-anak melalui buku. Dan ternyata keponakan makin banyak tahu tentang beberapa profesi yang ada di sekitarnya. Pas di sekolah juga dikenalkan dengan profesi juga sih waktu itu.

    ReplyDelete
  13. Aku juga gitu mba aku kenalkan aneka profesi pada anak itu lewat buku nah setelah itu bermain deh di KidZania untuk melihat dan menjalankan aktifitas dari berbagai profesi disana.

    ReplyDelete
  14. Seru jugaaa ya perkenalkannya lewat buku mba! Penuh warna dan cerita

    ReplyDelete
  15. Aku juga nih baru ngenalin banyak profesi ke keponakan biar dia bisa pilih bidang apa yang dia suka. Profesi skrg kan lbh beragam

    ReplyDelete
  16. anakku selama ini belajarnya dari youtube gitu, soalnya kan masih jarang liat langsung hehehe...

    ReplyDelete
  17. Aku baru tahu ada plikasi Marbel Belajar Profesi ini. Mungkin anak-anak udah besar jadi nggak tahu ada aplikasi ini. Tapi bagus nih, bisa untuk rekomendasi ponakan yang masih balita

    ReplyDelete
  18. Selain jalan-jalan juga ceritain profesi saudara-saudara kita kali ya. Sekalian mengenalkan anak pada saudara secara lebih dekat. Misal itu tuh paman A yang rumahnya di sana profesinya ini, kerjaannya gini-gini. Ntar kalo ketemu bisa tanya-tanya lebih lanjut ke pamannya. Hehehe..

    ReplyDelete
  19. Lebih sering ajak anak jalan sama baca buku soal profesi. Bahkan sampai sekarang dia nanya profesi ayah ibunya apa karena di rumah terus haha

    ReplyDelete
  20. Biasanya anak diajarkan mengenai berbagai profesi saat TK atau PAUD gitu ya, Mba. Malah mungkin sebelum masuk sekolah ya. Anak-anak taunya lewat berbagai media atau melihat langsung dari sekitar lingkungannya. Kek Polisi, Dokter, dan Guru gitu

    ReplyDelete
  21. Dari games juga anak-anak bisa belajar mengenal profesi ya dan mereka tertarik mau jadi apa nantinya.

    ReplyDelete
  22. Suamiku suka pakai cara lewat buku bacaan untuk mengenalkan ponakan ku pada profesi, lewat buku bergambar, ingatannya bagus banget.

    ReplyDelete
  23. Mulai usia berapa ya Mbak kira-kira anak mudeng dengan profesi? Anakku mau dua tahun dua bulan lagi ni :)

    ReplyDelete
  24. Gemes Umiii, aku belum bisa mempraktikan ke anak, doakan segera dikaruniai anak ya Umi.

    ReplyDelete
  25. Dulu, waktu ditanya kelak mau jadi apa saat besar nanti? Anakku menjawab mau jadi pilot, kini udah berubah lagi, katanya mau jadi polisi aja biar bisa nangkap penjahat 😁

    ReplyDelete
  26. Seru mbak. Mempelajari profesi bisa dikenalkan sejak dini ya, mulai dr baca buku, liat tipi, dan pengamatan langsung :D

    ReplyDelete
  27. Satu lagi Mba. Ajak anak ke Kidzania wkwk... Banyak pengenalan profesinya di sana.

    ReplyDelete
  28. Kalau pengenalan profesi melalui screen time, anakku paling suka Kiki and Miumiu Mba. Cobain deh, seru banget buat si kecil. Bahkan anakku tau cara penanganan bencana atau tindakan apa yang harus dilakukan saat bencana terjadi ya dari Kiki and Miumiu ini. Hihi.

    ReplyDelete
  29. Setuju banget sama konsep ini.

    Jadi ingat pas ikut Kelas Inspirasi, kami juga diminta berbagi pengalaman tentang profesi.
    Banyak anak-anak SD yang belum tahu betapa ada banya profesi terutama zaman now ini.

    Jadi, tugas kita sebagai orang tua mensosialisasikannya ya.

    ReplyDelete
  30. Salah satu cara mengenalkan profesi pada anakku dulu aku suka ngajak jalan-jalan mbak..Biasanya pas ketemu pak polisi di jalan langsung sekalian diceritain tugasnya apa. Biasanya anak-anak lebih suka nyimaknya karena melihat langsung.

    ReplyDelete