Menjadi Keluarga Multimedia, Pentingkah?

by - 4:43 AM


Menjadi Keluarga Multimedia, Pentingkah? - Perkembangan teknologi zaman sekarang sangatlah pesat. Sebagai seorang ibu, kita harus tetap melek teknologi, tidak boleh ketinggalan dan pasrah tertinggal oleh zaman. Dengan teknologi, kita bisa tetap belajar dan berkarya dimana saja, bahkan hanya lewat sebuah genggaman. Itulah teknologi.

Keluarga Multimedia, ini adalah materi terakhir kami di kelas Bunda Sayang Batch 3 Institut Ibu Profesional. Ada yang berbeda saat penyampaian materi ke 12 ini. Biasanya hanya lewat text di WA, infografis, video dan semacamnya yang tanpa tatap muka. Kali ini kami belajar bersama sambil saling bertatap muka dan saling menyapa.

Bagaimana bisa? Teman-teman sekelas saya itu berasal dari berbagai daerah, seperti Batam, Aceh, Pekanbaru dan sekitarnya. Tentu bisa, karena adanya teknologi. Kami berkumpul di sebuah ruang melalui aplikasi Zoom Clouds Meeting, di sinilah fasilitator kami menyampaikan materi, kami mendengarkan dengan baik, tidak ketinggalan pula sesi diskusi.

Pengalaman malam hari itu menyakinkan kita bahwa menjadi Keluarga Multimedia sangatlah penting. Kemajuan teknologi bisa membuat kita semakin banyak tahu, mencari ilmu tanpa terkurung waktu dan ragam aktivitas sebagai ibu. Tentunya, kita yang harus mengendalikan teknologi, bukan teknologi yang mengendalikan kita. Kita yang harus belajar memanfaatkan teknologi untuk membangun sebuah Keluarga Multimedia.

Kenapa Keluarga Multimedia?

Ketika Aal belajar menulis/mengetik di komputer.

Menjadi Keluarga Multimedia dengan memanfaatkan teknologi, kita bukan hanya bisa meningkatkan kualitas diri sendiri, namun juga kualitas keluarga. Seperti apa contohnya?

1. Teknologi untuk mendidik dan memantau perkembangan anak

Saya banyak mengenal komunitas/group parenting ya melalui teknologi, sosial media. Ya, sosial media. Saya mengetahui Institut Ibu Profesional melalui sosial media. Belajar di Institut Ibu Profesional juga menuntut kita para ibu untuk melek teknologi, secara kita belajar via online bersama ibu/calon ibu lainnya di seluruh Indonesia, bahkan luar negeri.

Memantau perkembangan anak pun bisa melalui teknologi. Terbukti, ibu-ibu millenial pasti banyak bertanya dengan Google tentang perkembangan anaknya. Pengalaman saya sejak mempunyai anak yang pertama, Google selalu menjadi ruang untuk saya bertanya. Misalnya, "perkembangan janin 32 minggu", "perkembngan bayi 3 bulan", "stimulasi bayi 3 bulan", dan banyaaak lagi.

2. Teknologi untuk belajar tentang manajemen diri, anak dan keluarga

Melalui teknologi dan sosial media pula, saya mengenal webinar (seminar online), kulwap (kuliah di Whatsapp) yang berhubungn dengan manajemen diri, anak dan keluarga. Dari sosial media, saya mengenal Family Strategic Planning, menemukan bakat anak melalui Pandu 45, dan banyak lagi.

3. Teknologi untuk meningkatkan produktivitas

Dengan teknologi, saya bisa menulis artikel ini dan artikel lainnya, berbagi isi pikiran dan hati. Saya seorang Full Time Mom (Ibu Rumah Tangga) yang tetap ingin bisa produktif dan berkarya tanpa mengorbankan tugas dan waktu utama saya. Di "rumah" inilah pilihan saya untuk meningkatkan produktivitas dan mengukir karya. Satu bukti bahwa teknologi membuat para emak-emak (seperti saya) tetap bisa berkarya adalah launchingnya sebuah buku antologi berjudul "Jungkir Balik Dunia Emak" beberapa waktu yang lalu.

4. Teknologi menambah amalan ibu agar bisa lebih bermanfaat untuk banyak orang

Saya pernah mengikuti sebuah kelas mengaji di grup Whatsapp. Kita belajar makhraj melalui voice massage, ustadzah mengkoreksi bacaan kita juga via Whatsapp. Beberapa kali kajian juga diadakan via Whatsapp (kulwap). Betap bersyukurnya kita yang terlahir di zaman ini, kita tetap bisa belajar mengaji dimana saja, saat menemani anak tidur, sambil menunggu rendaman cucian baju yang menumpuk, kita tetap bisa mengembangkan diri karena teknologi.

---

Tidak ada habisanya jika kita membahas tentang manfaat teknologi. Menjadi Keluarga Multimedia adalah ketika kita membuka diri untuk menerima perkembangan zaman, memanfaatkannya untuk hal-hal positif untuk meningkatkan kualitas diri dan keluarga.

Lalu, apakah teknologi juga kita kenalkan kepada anak? Tentu. Mengenalkan teknologi kepada anak bukan berarti memberikan kebebasan anak untuk bermain game di hp atau menonton video Youtube dengan leluasa, bukan itu. Mengenalkan ya hanya sekedar mengenalkan. Ini lho, kamu bisa menulis di hp/laptop, kamu bisa menggambar juga, robot itu dibuat karena teknologi, kartun-kartun yang kamu tonton itu bisa kamu buat sendiri karena teknologi, kita bisa melihat kakek nenek yang jauh di sana lewat video call karena teknologi, kita bisa pesan makanan online karena teknologi, dan masiih banyak lagi.

Memberi pemahaman bahwa robot Transformer yang di film-film itu bukanlah nyata, Aal juga bisa membuatnya kalau Aal belajar dengan baik dan tekun suatu hari nanti.
Kembali lagi, kita yang mengendalikan teknologi. Bukan teknologi yang mengendalikan kita.

Menjadi Keluarga Multimedia...mencari manfaat, membawa manfaat dan menebar manfaat untuk kita, keluarga dan semua orang di sekitar kita.

You May Also Like

12 comments

  1. Memang untuk menghadapi zaman sekarang ini keluarga, utamanya orang tua juga harus melek teknologi ya mbak. Gunanya untuk mendampingi anak-anak yang terus tumbuh di zamans serba modern. Sepakat, meskipun teknologi udah keren banget sekarang ini, tapi tetap harus kita yang mengendalikannya. Bukan kita yang dikendalikan oleh teknologi.

    ReplyDelete
  2. masyaaAllah. tanpa saya sadari, banyak juga manfaat teknologi dalam aktivitas setiap hari.
    menurut saya, penting juga menjadi keluarga multimedia. Sebab sekarang saja teknologi sudah secanggih ini, apalagi besok kalau anak-anak sudah besar? maka ia harus dikenalkan pula dengan teknologi.

    ReplyDelete
  3. Menjadi keluarga multimedia, ya penting banget. Karena kita memang hidup di zaman multimedia. We connected globally. Hal-hal baru berbau teknologi muncul begitu cepat. Mau tidak mau kita harus menyesuaikan diri dengan zaman. Kalau tidak, kita akan tergilas.

    ReplyDelete
  4. Keren ya bisa meeting melalui aplikasi Zoom Clouds Meeting. Baru tau soal itu. Tapi emang seharusnya gitu, secara teknologi semakin maju.

    ReplyDelete
  5. Belajar teknologi itu penting supaya tetep up to date jadi suatu saat ditanya anak kita masih bisa jawab.. Hehehe...

    ReplyDelete
  6. Teknologi punya banyak manfaat yes. Apalagi utk anak2,, apalagi anak2 kita ini adl generasi z, di mana begitu lahir mereka sudah kenal teknologi

    ReplyDelete
  7. Semua bidang sekarang tak jauh dari penggunaan multimedia. Tinggal kita bagaimana memanfaatkannya dengan sungguh-sungguh.

    ReplyDelete
  8. Keluarga multimedia bagus, tapi jika terlalu sering menggunakan teknologi mudahan kebersamaan tak terabaikan.

    ReplyDelete
  9. Keluarga multimedia menurutku penting banget apalagi kita sekarang berada di zaman multimedia, banyak hal-hala bari di dapat dari media

    ReplyDelete
  10. Bener sekali, aku juga banyak belajar dari teknologi... Wah, Makin seru kalau semua memahami teknologi untuk keluarga ya kak.... Bener2 beruntung dapat hadir event kece

    ReplyDelete
  11. Waaah keren niih meetingnya pake Zoom Clouds Meeting. Sudah seharusnya kita melek ama yang namanya teknologi ya, biar gak tergilas zaman. Tapi ya tetep harus bijak menggunakannya

    ReplyDelete
  12. Sepakat ini, multimedia memang sangat penting untuk keluarga dengan catatan bisa memanfaatkannya secara positif, sehingga gunanya sangat maksimal. Emak-emak zaman now kalau tidak tahu multimedia seperti hidup di gua...hahaha dan repot harus ke sana-sini untuk melakukannya secara manual..Dengan multimedia, tinggal duduk manis di rumah selagi ditemani internet...

    ReplyDelete