Olahraga Di Rumah Aja, Bisa Kok!

by - 10:48 AM




Olahraga Di Rumah Aja, Bisa Kok! - Haii, semuanyaa.. Kali ini saya mau bahas tentang olahraga, nih.. Ibu-ibu pada olahraga nggak, Bund?

"Nggak, soalnya ngerjain kerjaan rumah udah banyak gerak dan nguras keringett, nggak perlu lagi olahraga." Hayooo, siapa yang berpendapat begini?

Jadi, olahraga itu sebenarnya berbeda dengan kerjaan rumah tangga yaa, Buibu... Olahraga itu adalah aktivitas fisik yang gerakannya teratur, terncana, cenderung berulang atau repetitif. Sedangkan pekerjaan rumah itu gerakannya cenderung tidak teratur, meskipun sama-sama aktitas fisik, namun tetap saja makna dan manfaatnya berbeda.

So, kita tetap harus menyempatkan diri untuk olahraga, setidaknya 10 menit sehari. Olahraga itu sekarang nggak mesti ke pusat kebugaran khusus yang butuh waktu dan biaya yang khusus pula, di rumah aja kita bisa olahraga. kok.

Gimana caranya? Nah, terus dibaca sampai akhir yaa,,,

Jadi, saya mau cerita dulu asal mula pertama kali saya jadi suka olahraga di rumah. Pada saat itu sekitar akhir-akhir tahun 2019, saya mulai resah dengan perut yang lama-lama kok engap. Badan saya kurus, tapi begitu berat badan sedikit naik itu tebelnya pada ke perut. Kayak cacingan ya, Bund, padahal enggak! Hehehe.

Lalu saya mulai search di youtube "Olahraga Untuk Mengecilkan Perut", video pertama yang saya lihat itu videonya SKWAD Fitness dengan judul "10 Menit Workout Basmi Lemak Perut." Ehh, saya malah ketagihan nonton. Nonton loh, ya, bukan praktekin. Hihihi. Nggak apa-apa, berawal dari nontonin dulu, lihat-lihat dulu, insyaAllah nanti ada aja dorongan untuk gerak.

Satu per satu video workout di SKWAD Fitness saya tonton, kemudian ketemu channel lain lagi, salah satunya Chloe Ting. Ini youtuber luar negeri yang kontennya tentang olahraga yang mayoritas bisa banget dilakukan di rumah, tanpa alat, cukup bermodal matras. Sama juga dengan SKWAD Fitness.

Sebenarnya banyak channel youtube lain yang saya ikuti workoutnya, nggak hanya SKWAD Fitness dan Chloe Ting, ada juga channel Eh Olahraga, Yuk!, Emi Wong, dan banyak lagi, saya nggak hafal nama semua nama channelnya. Hihi.

Rekomendasi saya, buat teman-teman yang pemula, boleh ikuti workout di SKWAD Fitness. Gerakannya lebih 'aman', lebih ramah, dan yang bikin saya suka tuh, coachnya berinteraksi dengan penontonnya. Jadi berasa olahraga bareng.. Coach kesukaan saya di SKWAD Fitness namanya Salsa, beliau juga banyak share gerakan olahraga yang aman untuk para ibu hamil. Nah, kalau yang Chloe Ting ini gerakannya agak berat, ngos-ngosan dan pedes parah. Cuma ya, hasilnya bisa lebih cepat terlihat. Kalau teman-teman udah merasa enteng dengan gerakan workout pemula di SKWAD Fitness, boleh tuh praktekin gerakan yang di video Chloe Ting.

Tuh kan, bisa kan olahraga di rumah hanya bermodal mengikuti video youtube? Nggak perlu spend waktu dan biaya untuk ke pusat kebugaran. Mending uangnya dialokasikan untuk facial, Bund, biar kerutan-kerutan nggak cepat muncul ke permukaan..Hehehe.

Selain video youtube, kita juga bisa olahraga di rumah menggunakan aplikasi. Saya pakai beberapa aplikasi fitness dan yoga untuk menjadi pemandu olahraga saya di rumah. Teman-teman bisa search aja di Play Store "Leap Fitness Group". Nah, Leap Fitness Group ini tuh punya beberapa aplikasi olahraga di rumah yang bisa kita pakai sesuai kebutuhan, ada yang khusus untuk wanita dan juga pria.

Di dalam aplikasinya juga sudah lengkap banget, olahraga untuk seluruh tubuh, atau mau fokus perut, bokong, lengan, stretching, bahkan yoga. Kita juga bisa men-chalange diri sendiri untuk ikut program 30 hari, sudah terjadwal otomatis dari aplikasinya. Asyik, kan? Pokoknya nggak ada kata susah lagi untuk olahraga di rumah aja..

"Terus...olahraga di rumah butuh alat-alat apa aja, sih? Ribet, ahh, harus ada alat-alat..."

Pertama kali saya (mau) gerak untuk workout itu saya benar-benar nggak pakai alat apapun. Matras tidak ada, baju olahraga nggak punya (kaos dan celana legging doang), sepatu olahraga belum ada, apalagi alat lainnya. Tapi, saya bawa gerak aja, Bund. Semakin sering saya workout di rumah, lama-lama semakin merasa butuh alat, nih. Mulai, deh, saya cari-cari alat yang kira-kira bisa mendukung kualitas olahraga saya di rumah (nggak mau yang mahal-mahal pokoknya!).

Nahh, ini dia 3 alat yang saya pakai untuk olahraga di rumah:

1. Alat pertama yang saya beli yaitu matras. Sebelum pakai matras, , saya di lantai aja, paling saya lipat handuk kecil sebagai alas. Matras ini bermanfaat banget kalau kita workout sambil baring. Sakit, Bund, kalau di lantai..hehe. Matras olahraga ini nggak mahal, kok. Rp100.000 aja sudah dapet.

2. Alat kedua yang saya miliki untuk olahraga adalah sepatu olahraga. Biarpun di dalam rumah aja, olahraga pakai sepatu tuh terasa lebih nyaman dan minim terkena cidera di bagian kaki. Harga sepatu olahraga bervariasi, ada yang murah, ada juga yang mahal (branded). Kalau saya, mah, yang under Rp200.000 aja, Bund.

3. Waktu itu saya pengen level up dengan mengangkat beban ringan, saya pilih dumble yang beratnya 1 kiloan. Kalau bisa, angkat bebannya bertahap, yaa..jangan langsung yang terlalu berat. Biar tubuh dan otot-otot kita terlatih dari beban yang kecil dulu. Dumble ini fungsinya bukan cuma untuk nimbulin otot, yaa, tapi bisa juga berfungsi untuk membentuk body shape khususnya di bagian lengan atau bahu, juga bisa membantu otot seluruh tubuh, tidak cuma tubuh bagian atas..


Itu dia 3 alat yang saya pakai untuk olahraga di rumah sampai saat ini, semoga bisa menjadi referensi teman-teman yang juga mau olahraga di rumah aja.

Ingat, loh... Untuk memulai, nggak harus 'maksa' harus punya alat dulu. Gerak aja dulu..alat-alat bisa menyusul kemudian.

Olahraga karena kita butuh, kemudian ada bonus jadi kurus. Olahraga juga bisa menjadi salah satu bentuk rasa cinta kita kepada diri sendiri, bukan hanya soal timbangan, tapi juga soal kesehatan.

Ngos-ngosan saat olahraga itu juga bisa bikin kita lebih tenang, loh.. Kita jadi sering tarik nafas dalam-dalam dan hembuskan dengan kuat. Dari pada ngos-ngosan karena nahan emosi, kemudian meledak-ledak...lebih baik ngos-ngosannya dikeluarkan saat olahraga kan, Bund? Hehehe.

Segitu aja cerita saya tentang olahraga, semoga tulisan ini bermanfaat yaa, Bund...
Yuk, lah, kita saling menyemangati untuk semakin rajin berolahraga!

Terima kasih sudah membaca sampai akhir... :)

You May Also Like

2 comments

  1. Walaupun kadang pekerjaan rumah juga adalah gerakan teratur, tapi niatnya dah beda jadi membuat kinerja otak pun beda. Walaupun "terkadang" memiliki efek yang sama. Tapi olah raga lebih fokus teratur dan terukur. Begitu ya Kak

    ReplyDelete