Homeschooling: Belajar Bersama, Tumbuh Bersama

by - 4:36 PM


"Homeschooling is not to educate our children only but to educate parents mostly.." - Ayu Cinthya Hadi -

Alhamdulillah, Allah mempertemukan saya dengan orang-orang luar biasa yang menginspirasi.  Kata-kata di dalam tanda kutip di atas sangat menempel di dalam kepala saya. Yaa, mengajari anak akan suatu ilmu, apakah kita hanya sebatas mengajari? Ataukah hanya lebih pada menyuruh?? Adakah teladan yang kita ciptakan sehingga si anak bisa jadikan panutan. Misalnya, mengaji setiap hari.. Apakah kita sudah mengaji setiap hari? Bukankah lebih baik kita yang mengaji lebih dulu, lalu mengajak, lalu mengaji bersama setiap hari? Apakah bisa dengan hanya menyuruh atau mengajari, tetapi kita sendiri tidak meneladani. Nah loh..

Saya sebagai ibu yang insyaAllah akan memilih jalur homeschooling sebagai jalur pendidikan anak-anak, sering sekali tertampol dengan hal ini. Banyak hal yang ternyata harus saya pelajari lebih dulu untuk diri saya sebelum saya mengajari anak saya. Ya, itulah indahnya homeschooling. Kita belajar dan tumbuh bersama-sama.

Seperti yang kita ketahui, anak-anak itu peniru ulung. Jadilah role model bagi anak jika kita menginginkan anak tumbuh baik seperti yang kita idamkan. So, jadikan diri kita lebih dulu menjadi sosok yang bisa ia tiru, bukan hanya menuntut mereka untuk menjadi begini begitu baiknya sesuai keinginan kita. Belajarlah untuk diri sendiri dulu, baru kemudian merangkul mereka untuk ikut. Ah, memang sulit ya.. Ya jelas, menjadi ibu itu sulit, makanya Allah menghadiahi Surga. Kalau gampang mah, hadiahnya piring, gelas atau payung cantik, mak!

Lingkungan adalah salah satu faktor yang berpengaruh dalam hal ini. Peluklah teman-teman yang bisa memberi motivasi dan menjadi pengingat dikala kita terlupa atau lengah. Banyaklah berdiskusi dengan yang menurut kita bisa kita percaya. Saling berceritalah, sesungguhnya kita sedang berada di jalan yang sama, sama-sama mendidik anak menjadi anak soleh/sholehah. Berjalanlah bersama..belajarlah bersama.

Tulisan ini adalah bentuk pengingat diri, evaluasi diri dan bahan memperbaiki diri saya pribadi. Bagi saya memang lebih baik saya memperbaiki diri saya lebih dulu, suami, anak-anak dan keluarga lebih dulu. Kuatkan pipa-pipa di dalam rumah, agar bisa tercapai impian "Indonesia Strong From Home", kata Ayah Edy. Tulisan ini juga sebagai sarana saya berbagi dan melayani, untuk kita bisa menuntut ilmu bersama di Universitas Kehidupan yang panjang ini. Kembali lagi saya mengingat apa tujuan hidup saya berada di muka bumi.

Terima kasih kepada anak-anak umi, Aal dan Maryam yang selalu sabar dalam mendidik umi untuk menjadi lebih baik lagi. Kalian itu manusia-manusia kecil yang mampu membuka cakrawala umi tentang makna kehidupan ini.

Batam, 8 Desember 217.
Juli Yastuti

You May Also Like

0 comments