Seperti Inilah Ciri-ciri Psikopat Pada Seseorang Yang Harus kalian Ketahui

by - 1:17 PM


Seperti Inilah Ciri-ciri Psikopat Pada Seseorang Yang Harus kalian Ketahui - Sebagian besar dari masyarakat kita memang belum terlalu familiar dengan isitilah psikopat. Perlu kalian ketahui, bahwa psikopat ini adalah sebuah gangguan kepribadian. Lantas, seperti apakah ciri-ciri psikopat?

Menurut kabar yang beredar, seseorang yang mengalami piskopat ini bisa dilihat dari beberapa ciri-ciri seperti tempramen yang tidak bisa diprediksi, tidak memiliki empati, dan perilaku anti sosial. Benarkah seperti itu?

Kenali Penyebab Psikopat!

Sejatinya, penyebab psikopat itu tidak bisa di identifikasi dengan pasti. Gangguan kepribadian ini diprediksi akan muncul karena adanya pengaruh genetik dan pengalaman traumatis semasa kecilnya. Dengan kata lain, penyebab kuat dari munculnya psikopat ini dikarenakan latar belakang keluarga yang tidak harmonis. Ya, ketidakharmonisan tersebut bisa dalam bentuk adanya penelantaran anak, kebiasanaan orangtua yang meminum minuman alcohol, pelecehan, hingga pertengkaran orangtua. Menurut informasi yang didapat, kebanyakan yang mengalami psikopat itu adalah kaum pria lho. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi tentang ciri-ciri psikopat pada seseorang, mari sama-sama kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini :

1. Yang membedakan psikopat dari manusia normal merupakan dasar moral, atau hati nurani. Psikopat lebih dikenal sebagai orang yang tidak memiliki hati nurani dan empati, sehingga tindakan serta perilakunya kerap merugikan orang lain.

2. Tidak akan merasa bersalah, meski telah melakukan kesalahan.

3. Tidak pernah menunjukan sikap emosional, terutama emosi social seperti rasa malu atau bersalah.

4. Tidak akan mau bertanggung jawab, dan justru akan menyalahkan orang lain atas kesalahannya sendiri.

5. Percaya diri yang berlebihan.

6. Kata-kata yang diucapkannya seperti tidak tulus.

7. Tidak mengerti pada ucapan yang abstrak atau ber-metafora.

8. Tidak memiliki rencana pada masa depan.

9. Tidak mawas diri.

10. Selalu berbohong.

11. Memiliki sifat ego yang begitu tinggi.

12. Mereka memiliki kemampuan untuk meng-eksploitasi orang lain dengan penipuan atau kebohongan yang konsisten.

13. Saat memanipulasi oranglain, biasanya para psikopat akan menggunakan pesona atau kecerdasan yang dimilikinya.

14. Psikopat juga kerap berurusan dengan hukum karena tindakan manipulatifnya.

15. Mereka juga kerap berulang kali melanggar hak orang lain seperti mengintimidasi, tidak jujur, dan sering salah dalam mengartikan kejadian disekitarnya.

16. Para psikopat akan bertindak dengan spontan tanpa memikirkan perasaan orang lain, serta memiliki rasa bahwa dirinyalah yang paling unggul.

17. Gejala gangguan kepribadian antisocial ini bisa timbul sejak masih anak-anak, dan akan semakin telihat jelas ketika mereka sudah menginjak usia 20 – 30 tahunan. Pada anak-anak, gejala yang muncul bisa berupa perilaku yang kejam terhadap hewan, marah yang meledak-ledak, tidak mau bergaul, serta sering melakukan tindakan bullying terhadap teman-temannya.

Seorang psikopat cenderung mempunyai pemahaman diri yang rendah dalam menggambarkan keluhan yang dirasakannya. Orang dengan gangguan kepribadian antisocial seperti psikopat ini hampir tidak pernah merasa perlu untuk berkonsultasi ke dokter. Mereka baru akan berkonsultasi ke dokter setelah melakukan pelanggaran hukum, ataupun perilaku apa saja yang telah merugikan dirinya dan orang lain. Dibutuhkan serangkaian pemeriksaan dalam menentukan pada seseorang yang benar-benar memiliki psikopat.

Pemeriksaan pada seorang psikopat itu diantaranya akan meliputi beberapa tahap berikut => penelusuran riwayat hidupnya serta tipe kepribadian, evaluasi psikolog, dan pemeriksaan yang terkait dengan gangguan kesehatan mental.

Demikianlah ulasan singkat mengenai ciri-ciri dan pengertian tentang psikopat. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita tentang psikopat.

You May Also Like

0 comments