Pohon Literasi, Stimulasi Anak Suka Membaca

by - 5:04 PM

Pohon Literasi Aal


Pohon Literasi Aal


Gara-gara materi dan tantangan ke-5 Kelas Bunda Sayang IIP tentang Menstimulasi Anak Suka Membaca, saya baru mengerti apa itu pohon literasi. Sebelumnya pernah tahu, tapi belum mengerti. Mungkin karena baru kali ini membuat dan (akan) mempraktekkannya, ya.. Jadi saya cari tahu tentang pohon literasi lebih banyak.

Pohon literasi adalah pohon yang dibuat untuk mencatat history bacaan kita, ditulis di selembar daun yang berisikan tentang judul buku yang dibaca, bisa juga beserta penggalan singkat dari buku tersebut. Semakin banyak daunnya berarti semakin banyak pula bacaan kita.

Saya membuat pohon literasi dari kertas karton. Setelah melihat-lihat refrensi di google, tadinya mau bikin yang digital saja di dalam smartphone, tidak perlu tempel-tempel. Eh tapi, saya pikir kembali, malah nanti kurang berkesan menulis di atas daun dan menempelnya. Kan lumayan ada kenangan menulis di atas daun dan menempel daun di pohonnya langsung, kan? Keseruan ini juga bisa menambah semangat anak untuk membaca, mendekatkan dirinya pada buku.

Beberapa contoh kreasi pohon literasi ala bunda-bunda hebat:

Sumber Gambar: istanacinta.com

Sumber Gambar: cicifera.com

Sumber Gambar: kartika120.wordpress.com

Pohon literasi Aal simple saja. Hanya gambaran pohon sederhana ala saya yang diwarnai menggunakan krayon punya Aal. Tadinya saya minta Aal yang gambar pohonnya, tapi imajinasinya berlebihan kemana-mana sampai ada gambar mobil segala, hehee. Jadi, saya putuskan untuk pakai pohon gambaran saya dulu saja untuk pertama kali ini.

Pohon Literasi Aal Ala Saya.

Harap dimaklumi saya sama sekali tidak bakat menggambar, hehe. Walaupun hasilnya bagus alakadarnya, semoga cara ini bisa membangkitkan semangat kami untuk membaca bersama. Daunnya juga belum tumbuh, hehe, karena insyaAllah baru akan dimulai hari ini.

Silahkan dikreasikan dan praktekkan pohon literasinya bersama anak-anak, Buibu.. Semangat membersamai anak-anak, semoga bermanfaat.. 😊

You May Also Like

30 comments

  1. Ini buat kita yang dewasa bisa juga ya, soalnya ya mau memecut diri buat membaca lagi. Mdenurut saya kita bisa menulis baik kalau kita juga rajin membaca

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mbak... Bisa bgt buat kita yang dewasa.

      Delete
  2. wow Bundanya sangat kreatif ini, anaknya bakalan jadi pinter nih hihihi, oke bunda noted lah nanti kalo dah punya anak juga bisa diikutin nih caranya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dipraktekin untuk sendiri aja, Mas.. Biar makin semangat bacanya..

      Delete
  3. wah jadi malu, dah lama gak baca buku tetapi bacanya artikel yang berjibun tetapi pohon literasi sepertinya ide yang kreatif juga yang bisa dicontoh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, jaman sekarang jaman digital. Ga mesti buku, yang penting membaca ya kan, kak..hehe

      Delete
  4. Kreatif banget bunda, ntar aku Cobain deh kalo udah punya anak. Makasih infonya 😄.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Praktekin ke diri sendiri dulu coba kak, hehe. Aku mah telat taunya, prakteknya langsung ke anak. Hehe

      Delete
  5. Wah menarik nih konsepnya pohon literasi. Mau coba bikin juga ah ama Lala...

    ReplyDelete
  6. Wah boleh nih diterapkan untuk Chila di rumah. beberapa bukunya ada yang belum dibaca. Terkalahkan oleh tablet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lumayan nih mbak, pake pohon literasi bisa dijadikan seperti game. Biar dia semangat baca, tablet pelan-pelan tergeser.

      Delete
  7. noted Bunda, nanti aku saranin ke mamanya ponaan-ponaan aku biar belajar sumulasi anaka biar senang membaca dengan pohon literasi.

    ReplyDelete
  8. Baru tahu saya ttf Pohon Literasi. Kadang perlu juga hal2 yg kreasi tanngan, bukan hanya yg digital saja. Rasa dan sentuhannya beda. Semangat ya utk terus banyak2 daun2 baru

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, Pak. Tadinya mau buat digital, tapi nanti rasanya beda, tidak ada keseruan menulis bareng, gunting dan nempel bareng..

      Delete
  9. Oh begitu yang dimaksud pohon literasi. Bagus juga idenya. Bisa bikin semangat untuk nambah daun. Eh bacaan!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe iya bang... Ayoo membaca, bang.

      Delete
  10. boleh dicontoh nih
    nti klu saya ajak anak tentu dia senang
    karena dia hobi menggambar
    nti saya mau buat pohon tentang hafalan ayat pendeknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ide baguss mbakkkk.... Ikut juga ah, pohon hafalam.

      Delete
  11. Wah keren ini pohon literasi AAL, bisa jadi ide Azka untuk membuat pohon literasi dan pohon cita-cita juga...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penasaran kalau Azka buat pohon.... Bikin yuk, Kak Azka....

      Delete
  12. Wah menarik idenya. Daunnya harus buku yang baru di baca setelah pohonnya jadi ya Juli?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena ini untuk anak 4th, jadi bacaan apa aja yg dia baca hari itu dijadiin daun, kak... Makin banyak yang dia baca, daunnya makin lebat.

      Delete
  13. idenya bagus banget ini kak, untuk merangsang minat baca

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener bang, apalagi untuk kita yang dewasa ya... Sudah lama nggak baca buku.

      Delete
  14. kreatif sekali.. buat orang dewasa juga bisa ini. bikin aaaahh (kalau gak malas) hihihi

    ReplyDelete
  15. ummi, tambah daun nya yuk biar lebat...(kata anak sholeh)

    ReplyDelete
    Replies
    1. MasyaAllah Tabarakallah anak sholeh...

      Delete