Aliran Rasa: Melatih Kemandirian Anak

by - 4:27 PM



Aliran Rasa: Melatih Kemandirian Anak
(Level 2 Kelas Bunda Sayang)

KEMANDIRIAN sangat erat hubungannya dengan KONSISTENSI. Seberapa konsisten kita untuk melatih kemandirian anak, akan berdampak pada hasil akhir. Tentu tidak akan baik jika kita sendiri belum bisa konsisten dalam melatihnya. Jadi? Periksa kembali konsistensi kita, orang tuanya.

Melatih anak, artinya kita siap untuk melatih diri kita terlebih dahulu. Karena kita adalah teladannya, pribadi yang sangat dekat dengannya dan menjadi role model bagi mereka. Pembelajaran paling tinggi adalah ketika kita berhasil menjadi TELADAN. Bagaimana bisa anak membuang sampah tissu ke tempat sampah, kalau kita masih meletakkan sampah tissu di lantai dengan sembarang. Pantaskah kita mengajarinya untuk membuang sampah di tempat sampah?

Mudah bagi anak untuk membangun kebiasaan baiknya, namun sulit untuk kita (orang tua) untuk mengubah kebiasaan buruk yang sudah ada. Sulit bukan berarti tidak bisa. Bisa. Belajarlah bersama anak, tumbuhlah bersama anak. Mendampinginya...kadang menghadirkan ruang kelas untuk diri kita belajar dan dialah yang menjadi pendidiknya.

Terima kasih, anakku, guru kecilku..

#aliranrasa
#level2
#kuliahbunsayIIP
#MelatihKemandirian

Juli Yastuti

Badge Game Level 2

You May Also Like

4 comments

  1. Bener banget. Konsisten untuk mencapai kemandirian itu, ibarat peribahasa ala bisa karena biasa kali yak? membiasakan yang sulit dilakukan jadinya menjadi sebuah kewajiban. hehe

    ReplyDelete
  2. ikut menyimak tumbuh kembang anaknya yang lucu-lucu.

    ReplyDelete