Asah Kreatifitas Anak Dengan Faber-Castell Colour To Life, Ini 4 Keunggulannya Yang Harus Dicoba!

by - 1:26 AM

Wajah kegirangannya mendapatkan Faber-Castell Colour To Life.
Mewarnai adalah salah satu aktifitas yang bisa mengasah kreatifitas anak. Kegiatan menggambar dan mewarnai ini adalah favorit kami rumah, secara Aal memang suka berkegiatan yang melibatkan buku dan alat tulis sejak usianya kurang lebih 2 tahunan. Betapa berbinar matanya ketika ia melihat produk baru dari Faber-Castell yang diberi nama Colour To Life ini di salah satu toko buku favorit kami.

Colour To Life ini adalah inovasi terbaru dari Faber-Castell yang memadukan kegiatan menggambar dan mewarnai secara konvensional dengan penggunaan teknologi Augemented Reality (AR). Dengan adanya teknologi AR tersebut, gambar yang diwarnai akan terlihat nyata. Waahh, keren... Bukan hanya anak-anak saja lho yang excited, Umi Abinya juga excited! Maklum, belum ada mainan sekeren dan secanggih ini dizaman kami kecil, hehehe.

Langsung saja, saya akan deretkan 4 keunggulan Faber-Castell Colour To Life yang bikin kami sekeluarga excited dan rebutan untuk mencobanya. 

1. 20 Connector pens

Connector pens, bisa disambungkan menjadi lingkaran. Mudah disimpan, rapi, dan lucu juga sebagai hiasan meja belajar Aal.
Di dalam set box Faber-Castell Colour To Life ini sudah termasuk 20 connector pens sejenis spidol yang warnanya cantik-cantik banget. Sesuai namanya, alat mewarnai ini bisa disambung-sambungkan pada bagian tutupnya. Kita bisa menyimpannya dengan rapi dan bisa juga dikreasikan menjadi mainan. Aal suka menyambung-nyambungkan conenector pens ini menjadi roket, bahkan senjata om tentara.

Ada 5 teknik penggunaan connector pens agar kita bisa berkreasi lebih maksimal, bisa dibaca di kertas petunjuk yang diselipkan di dalam set box Faber Castell Colour To Life. Diantaranya teknik patterning, pointilsm, squiggling, shading, dan contouring.

2. Colouring book berisi 15 halaman dengan 5 karakter game yang berbeda.

Salah satu karakter yang ada di colouring book, yang nantinya bisa terlihat nyata dan hidup.
Sudah disediakan pen/spidolnya, sudah disediakan pula buku mewarnainya. Karakter-karakter yang ada di dalam buku mewarnainya disesuaikan dengan karakter game yang nanti bisa kita mainkan. Colouring book ini dilengkai dengan frame yang berfungsi sebagai barcode agar gambar bisa di-scan dan masuk ke aplikasi yang sudah disediakan. Asyiik, bisa mewarnai karakter game sesuai kreasi sendiri!

3. Teknologi Augemented Reality (AR) yang menarik

Kuda berkaki belang Aal terlihat nyata dan hidup!
Nah, ini dia yang seru! Dengan adanya teknologi AR ini, gambar yang sudah kita warnai bisa terlihat hidup dan nyata persis sesuai apa yang kita kreasikan. Anak-anak menjadi semakin tertantang untuk berkreasi lagi dan lagi, bahagianya dia ketika hasil karyanya terlihat nyata, bisa dimainkan, dan bisa juga diajak selfie. Ini juga bisa meningkatkan rasa percaya dirinya, lhoo..

Ini karakter dari game Balance Your Brain, peris sesuai apa yang kita warnai.
Oh ya, saya mau bercerita sedikit. Sebelum mengetahui adanya Faber-Castell Colour To Life ini, Aal memang mempunyai keinginan untuk membuat game atau film kartun animasi suatu saat nanti. Dia memang suka menggambar, tiap gambarnya punya cerita, kadang juga dia bisa membuat sebuah permainan untuk Umi dan Abinya dari gambaran yang ia buat. 

Bayangkan, betapa bahagianya dia ketika ia mewarnai seorang prajurit berkuda, lalu gambar tersebut bisa terlihat hidup dan nyata, bisa juga ia mainkan dalam sebuah game. Betapa bahagia dan berbinar matanya, semakin dia membayangkan jika suatu saat nanti dia bisa menciptakan game buatannya sendiri. Bagi anak usia 4 tahun ini "wow" banget!

4. Aplikasi Faber Castell Color To Life

Tampilan aplikasi Faber-Castell Colour To Life.
Namanya menggabungkan kegiatan menggambar konvensional dengan teknologi AR, pastinya berhubungan dengan dunia digital. Untuk itu, kita harus unduh/install aplikasi Color To Life yang bisa kita dapatkan di Play Store dan Apps Store pada smartphone kita, hubungkan dengan colouring book, lalu siap untuk dimainkan.


Itu dia deretan 4 keunggulan Faber-Castell Colour To Life yang sangat menarik untuk dicoba bersama anak-anak dan keluarga. Ini tidak hanya menarik untuk anak-anak, ya.. Saya juga tertariiik sekali untuk mewarnainya, ikut kegirangan juga ketika gambar yang saya warnai bisa terlihat nyata dan hidup. Duh, maafkan emak-emak katrok ini!

Cara Mendownload Colour To Life:

Aplikasi Colour To Life ini memiliki kapasitas sebesar 59MB, jangan lupa pastikan smartphone Anda mempunyai ruang yang cukup untuk menampung aplikasi Colour To Life ini. Ada 2 cara untuk mendownload dan menginstall aplikasi ini agar terpasang di smartphone Anda:

1. Scan barcode yang tercantum di cover Faber-Castell Colour To Life, download dan install, aplikasi siap untuk dimainkan.

Barcode untuk mendownload aplikasi Faber-Castell Colour To Life yang terletak di cover.

2. Buka Play Store atau App Store, ketik "Colour To Life" di kolom search, lalu enter atau klik gambar kaca pembesar untuk mencari aplikasi, install aplikasi, lalu siap untuk dimainkan.

Tampilan di Play Store.


Cara Menggunakan Faber Castel Colour To Life:

1. Warnai gambar yang tersedia di colouring book menggunakan connector pens, silahkan berkreasi. Jangan warnai frame, ada tulisan "please do not colour the frame" karena frame ini berfungsi sebagai barcode untuk scan gambar ke aplikasi.

Lagi serius, nggak boleh ada yang ganggu!

2. Setelah mendownload dan menginstall aplikasinya, buka dan scan gambar. Perhatikan jarak saat scan, kurang lebih 30 cm dengan posisi lurus sampai keluar sistem AR yang menjadikan gambar 3 dimensi dan tampak hidup dan nyata. Coba disentuh karakternya, dia merespon, lho!

Perhatikan jarak saat scan. Sumber gambar: Faber-Castel.

3. Mainkan gamenya yang seru dan menyenangkan. Ada 5 game berbeda yang ada di Faber Castell Colour To Life, diantaranya Giddy Up!, Pogo Boy, Dress-Up Challenge, Balance Your Brain, dan Safe Flight!. Bukan hanya sekedar game untuk kesenangan biasa, game ini juga berfungsi untuk menstimulasi otak dan melatih konsentrasi anak. Tentunya ini juga bermanfaat, asalkan tidak berlebihan karena ini berpaparan dengan gadget. Seperti yang kita ketahui, memberikan gadget dengan waktu yang berlebihan untuk anak juga berdampak tidak baik. Nanti juga akan saya bahas tentang gadget time, ya..

Giddy Up! Melatih konsentrasi mata dan motorik. 

Balance Your Brain. Melatih keseimbangan otak kiri dan kanan
4. Selfie atau berfoto bersama karakter yang sudah kita warnai. Karakter bisa kita arahkan ke kiri, ke kanan, diperbesar atau diperkecil hanya dengan sentuhan di layar smartphone. Pose dengan gaya terbaik agar hasil foto juga maksimal. Setelah itu jangan lupa upload ke sosmed, hehehe.

Selfie gaya OK.

Selfie gaya absurd.


Nah, bagi Anda yang tertarik dan penasaran mencobanya, Faber-Castell Colour To Life ini bisa kita dapatkan di Tokopedia, Gramedia atau toko-toko buku terdekat seharga kurang lebih Rp103.500. Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan menggunakan Faber Castell Colour To Life. Selain mengasah kreatifitas dan menyenangkan, kita juga bisa memberikan anak sedikit pengetahuan tentang teknologi dan kemajuan dunia digital. Seperti Aal yang memang sangat tertarik di dunia digital, dia jadi semakin excited. Saya memberi pemahaman kepadanya, bahwa dengan belajar yang tekun, kita bisa membuat game, kartun, atau apapun di dunia digital dan teknologi sesuai dengan apa yang kita inginkan. Tentunya kita harus membuat sesuatu yang baik dan bermanfaat bagi teman-teman, agar kita bisa menebar manfaat melalui karya yang kita ciptakan.


Perhatian! Pemakaian Gadget Untuk Anak Usia Dini

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, menyaksikan teknologi AR harus menggunakan smartphone/gadget. Untuk itu, kita harus tahu bahwa sangat banyak dampak buruk penggunaan gadget pada anak. Tidak akan saya bahas disini, silahkan googling untuk mendapatkan informasi lengkapnya. Tapi untuk anak kami, Aal kami beri waktu untuk bergadget kurang lebih sekitar usianya 3 tahunan. Di keluarga kami, sebelum menggunakan gadget, tentunya diberlakukan kesepakatan bersama yang kami sebut Gadget Time.

Awalnya kami galau, sempat mentiadakan gadget sama sekali untuk Aal. Tapi, kami orang tuanya bergadget. Abinya yang bekerja menggunakan laptop, komputer, dan smartphone. Saya juga punya banyak aktifitas yang harus menggunakan smartphone dan juga komputer. Rasanya kurang pas jika kami sama sekali meniadakan gadget untuk Aal. Akhirnya, kami sepakat dengan adanya gadget time.

Sharing Gadge Time Aal (4yo)

1. Fungsi gadget time untuk Aal adalah sebagai media belajar. Aplikasi kami sediakan yang sudah lulus sensor Umi dan Abi sebagai alat belajar yang juga sambil bermain tentunya. Aal anak yang mempunyai gaya belajar audio visual, jadi belajar menggunakan video dan audio itu sangat cepat diserap otaknya. Baca juga: memahami gaya belajar anak.

2. Sepakati waktu gadget. Aal bergadget maksimal 30 menit sehari. Itu bisa dibagi-bagi per 10 menit atau per 15 menit tergantung kondisi. Tapi sepertinya jarang dia sampai 30 menit sehari, ya.. Karena bermain bersama saya dan adiknya lebih menyenangkan dari pada gadget. Cmiw!

3. Gadget time kesempatan untuk anak mengenal teknologi. Sulit dipungkiri, kemajuan teknologi zaman sekarang tidak bisa kita hindari. Tidak ada yang salah, kita hanya harus mendampinginya. Yang salah itu jika kita membebaskan balita bergadget tanpa kontrol yang jelas dari kita (orang tuanya). Karena selain berdampak buruk, banyak juga kok manfaat gadget, hanya saja bagaimana kita menyajikannya ke anak agar tidak kecanduan dan membawanya ke arah yang negatif. Peran kita sebagai orang tuanya yang sangat diuji, khususnya ibu yang lebih sering mendampingi si kecil. Semangat, mak!


Itu dia cerita tentang pengalaman kami berkreasi dengan Faber-Castell Colour To Life dengan 4 keunggulannya, cara mendownload aplikasi dan cara menggunakannya, plus bonus tips bergadget untuk anak dan sharing bergadget ala Umi Abi untuk Aal. Semoga bermanfaat, yaa..

Nonton juga video Unboxing Faber-Castell Colouring To Life yang dipersembahkan oleh Aal, ya.. :) Terima kasih..



You May Also Like

15 comments

  1. Gadget buat anak2 memang ada sisi positifnya jika digunakan dgn baik, seperti pemakaian aplikasi faber castle colour to life ini, bikin anak2 lebih kreatif, fokus & bs mengembangkan imajinasi anak2 ��

    ReplyDelete
  2. Keren ya kakak, teknologi AR nya bikin anak2 (dan emaknya) makin semangat mewarnai.

    ReplyDelete
  3. Wuuih.
    Udah rapi ya mewarnainya mas Aal.
    Khalid klo mewarnai malah gambarnya ilang ketutup warna dia.
    wkwkwkkw

    Ciyee..
    ada aplikasi baru.
    Bikin Aal makin hepi !

    ReplyDelete
  4. gadget ada baik dan buruknya sih, cuma kalo pantai bisa seperti aplikasi faber castle colour to life ini, bikin anak2 lebih kreatif, fokus & bs mengembangkan imajinasi anak2

    ReplyDelete
  5. Faber Castell makin canggih aja. Bikin anak-anak makin senang menggambar dan mewarnai.

    ReplyDelete
  6. Dari kemaren liat postingan temen-temen tentang Faber Castell Colour to Life kayaknya seru banget ya. Jadi penasaran pengen beliin buat Lala

    ReplyDelete
  7. Kualitaxnya tidak diragukan nih. Adik saya punya koleksi pensilnya buat gambar sketsa. Hasilnya keren-keren...

    ReplyDelete
  8. Nggak hanya buat anak-anak, Faber-castell colour to life ini juga bermanfaat buat rang dewasa kaya akoeh.. pulang kantor, cape. eh ada keasyikan mewarnai ampe lupa waktu. Ngerefresh and ngecharge body and mind banget. wkwkwk

    ReplyDelete
  9. wah ... ada juga keunggulan yang bisa dijadikan referensi untuk anak anak di rumah
    terima kasih kakak juli cerita umi

    ReplyDelete
  10. Wah Aal sudah sukses ni bikin karya dari Faber Castle ya.... Kk Azka gak kebagian ni jobnya... hehehe... gambarnya so beautiful and lively ya.... Ntar pinjam ya Al...

    ReplyDelete
  11. Keren banget ya Faber Castell. Bisa bikin inovasi gambar yang kita warna keluar di apps gitu!

    ReplyDelete
  12. wah jadi teringat masi kecil nih kalo dah mewarnai gini hehe

    ReplyDelete
  13. Jangankan anak-anak, orang dewasa juga jadi semangat mau buru-buru beli Faber Castel wkkkk. Keren banget soalnya, jadi kelihatan nyata gitu hasilnya dengan aplikasi. Mau beliin ah buat ponakan.

    ReplyDelete
  14. hwuidih bisa dibuat selfi juga yaa kudanya. penasaran ni mau coba. sekarang ini dah makin canggih mainan anak-anak..

    ReplyDelete
  15. seru ya merangsang imajinasi anak2, bikin emangat yang punya hobi gambar karena bisa jadi animator

    ReplyDelete