Ini Dia, Masjid Laksamana Muhammad Cheng Ho, Salah Satu Destinasi Wisata Favorit Di Kota Batam.

by - 5:35 AM

Masjid Laksamana Muhammad Cheng Ho di sore hari.

Masjid Laksamana Muhammad Cheng Ho Batam. Ini adalah kunjungan yang kedua saya dan keluarga ke Masjid Laksamana Muhammad Cheng Ho di Kota Batam. Awalnya saya tahu dari Instagram, banyak foto-foto liburan para warga Batam maupun luar Batam di masjid ini. Ternyata benar, Masjid yang memiliki gaya arsitektur China ini memang menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Kota Batam.

Masjid Laksamana Muhammad Cheng Ho ini terletak di Bengkong Laut, Kecamatan Bengkong (masih kawasan Golden City, tidak jauh dari Golden Prawn). Setiap harinya, masjid ini selalu didatangi para wisatawan, baik itu berkunjung untuk sholat atau hanya sekedar untuk berfoto.

Jalan memasuki area masjid melalui pintu samping.

Pertama kali memasuki area masjid, kita bisa melihat halaman yang cukup luas. Halaman ini dimanfaatkan pengunjung untuk berfoto. Masjid ini tidak memiliki kubah layaknya msjid pada umumnya, melainkan adanya atap segi 8 yang bentuknya menyerupai pagoda dengan tulisan lafaz "Allah" di puncaknya.

Di sebelah kiri masjid, ada bangunan semacam teras yang bisa dipakai untuk bersantai dan beristirahat. Ada juga yang menggunakan area tersebut untuk kumpul dan sharing soal keagamaan, atau sekedar duduk-duduk santai sambil memandang ke arah masjid.

Bangunan di sebelah kiri masjid untuk duduk bersantai dan beristirahat.

Masjid yang diresmikan pada tanggal 21 Februari 2015 lalu oleh Menteri Pariwisata dan Menteri Bidang Kemaritiman ini memang unik dan menarik. Meskipun ukurannya tidak terlalu besar, kira-kira hanya muat menampung sekitar 180 jamaah saja.

Bagian dalam masjid yang cantik.

Ternyata, Masjid Laksamana Muhammad Cheng Ho di Batam ini adalah replika dari Masjid Laksamana Muhammad Cheng Ho yang berada di Surabaya. Tidak hanya itu, di sekitar masjid juga terdapat replika kapal Golden Cheng Ho yang tak kalah menarik perhatian para wisatawan.

Masjid Laksamana Muhammad Cheng Ho di Surabaya.

Kapal Cheng Ho. Sumber foto: batamnews.co.id.

Sejarah Singkat Laksamana Muhammd Cheng Ho

Laksamana Muhammad Cheng Ho adalah seorang muslim dan laksamana laut yang datang dari negeri Tiongkok. Dengan membawa lebih kurang 27 ribu anak buah dalam 317 kapal menuju Indonesia. Kedatangan beliau menjelajah ke Indonesia untuk menyebarkan agama Islam.

Masjid ini dibangun oleh pengusaha Batam yang memang mengembangkan kawasan tersebut untuk mengenang sejarah Laksamana Muhammad Cheng Ho. Menurut sejarah, Laksamana Muhammad Cheng Ho juga pernah singgah ke beberapa daerah lain di Indonesia, yaitu Aceh, Palembang, Belitung, Jakarta, Surabaya, Semarang, Cirebon, dan Denpasar. Hal tersebut diperkuat dengan adanya Masjid atau peninggalan Laksamana Muhammad Cheng Ho yang ada di daerah-daerah tersebut.

Nah, bagi warga Batam atau yang mau berlibur ke Batam, jangan lupa singgah ke Masjid Laksamana Muhammad Cheng Ho ini, ya.. :)

You May Also Like

4 comments

  1. aku belum pernah ke sini padahal deket banget kan di bengkong

    ReplyDelete
  2. Tulisan ku tentang kunjungan kemari blm release...si emak udah duluan aja keluar tulisan nya . Mnatab mak

    ReplyDelete
  3. Aku belum pernah kesini
    Padahal hampir tiap minggu ke bengkong. Wkwkwkw

    ReplyDelete
  4. Wah luar biasa sekali sejarahnya.... Suka deh sama warna masjidnya yang stand out banget warna merah.... Baru tahu juga tentang sejarahnya... Thanks for share

    ReplyDelete