Studio Renang: Sekolah Renang Terbaik di Batam

by - 10:50 AM

Sekolah renang Batam

Studio Renang: Sekolah Renang Terbaik di Batam - Bahagia rasanya ketika kita menemukan sesuatu yang memang sedang kita cari. Saya memang sedang mencari guru renang atau tempat les renang atau sekolah renang di Batam yang pas untuk anak saya. Beberapa informasi dan refrerensi tentang sekolah renang saya dapatkan, hingga akhirnya saya memilih Studio Renang sebagai tempat yang tepat untuk anak saya belajar berenang.

Saat masih dalam masa pencarian, tiba-tiba saya mendapat informasi dari adik ipar saya tentang Free Trial Class yang diadakan oleh Studio Renang. Nah, Studio Renang ini salah satu sekolah renang yang menjadi incaran saya. Kebetulan sekali ada free trial class, kesempatan saya untuk mencoba dulu, kira-kira cocok atau tidak dengan anak saya. Sayang, kan, kalau sudah bayar tapi anaknya malah nggak cocok.

Studio Renang memberikan kesempatan free trial class selama 4 kali pertemuan, seminggu sebanyak dua kali, hari Selasa dan Kamis. Anak-anak excited banget, luar biasa. Bukan cuma anaknya, emaknya juga excited. Kenapa? Karena saya penasaran dengan fasilitas yang tersedia di Studio Renang ini. Mereka punya ruangan khusus yang dijadikan sebagai kelas (kolam indoor) untuk belajar berenang. Karena kolamnya di dalam ruangan, anak-anak bisa belajar lebih nyaman, tanpa khawatir cuaca hujan, panas atau berangin. Di sinilah free trial class dilaksanakan.

Hari pertama free trial class pun dimulai, anak-anak semangat bukan main. Untuk mengikuti kelas renang ini, anak-anak harus memakai baju renang dan kaca mata berenang. Btw, mereka pakai baju renang baru, dong, karena baju renangnya sudah kecil dan sudah tidak layak pakai. Begitu juga dengan kaca mata renang, sebelumnya mereka memang belum punya kaca mata renang. Hehehe. Untung saja, ada yang jual baju renang dan kaca mata renang yang bagus dengan harga yang terjangkau di salah satu marketplace langganan saya dan langsung dikirim via ojek online.


Pertama Kali Belajar Renang di Free Trial Class hingga Akhirnya Mendaftar Sebagai Siswa di Studio Renang

Suasana free trial class di kolam indoor Studio Renang.
Mereka memang belajar renang dari nol, sama sekali belum bisa renang sebelumnya. Jangankan berenang, memasukkan  kepala ke dalam air saja belum bisa. Beberapa kali diajak ke kolam renang, mereka hanya jalan-jalan di kolam renang anak yang dangkal atau hanya main-main air di tepi kolam sampai bosan. Abinya, sih, bisa berenang, tapi anak-anak belum dapat feel untuk belajar renang dengan benar bersama abinya.

Singkat cerita, akhirnya anak-anak melewati free trial class di Studio Renang. Mereka dilatih oleh coach yang profesional dan sudah bersertifikat untuk melatih anak-anak berenang, bahkan melatih bayi sekalipun. Alat-alatnya lengkap, warna warni memancing perhatian mata anak-anak. Anak-anak belajar di kolam indoor menggunakan air hangat, nyaman dan tidak kedinginan. Waktu belajar 30 menit, setelah waktu belajar habis, mereka lanjut berenang bebas di kolam outdoor sampai puas. Untuk anak yang terdaftar di free trial class, berenang di kolam outdoor tidak lagi dipungut biaya apaun.

Banyak sekali kemajuan yang didapatkan oleh anak saya, Aal. Takjub saya, di pertemuan ketiga free trial class yang lalu, Aal sudah mulai berani memasukkan kepala ke dalam air. Dia semakin percaya diri untuk lebih berani di dalam kolam renang yang sedalam pundak sampai lehernya. Tentu saja dalam pengawasan orang dewasa (coach), ya.

Free trial class berakhir, dia nagih. Dia mendapatkan feel yang baik untuk berenang, ya, meskipun belum menggunakan gaya renang yang benar. Setidaknya, dia mulai nyaman dan percaya diri untuk mencoba berbagai gaya renang sesukanya. Dia juga semakin kuat menyelupkan kepala ke dalam air, 5-10 detik bisalah.

Selepas itu, Aal selalu meminta saya untuk membawanya ke kolam renang. Ketertarikannya terhadap olahraga renang semakin bertambah. Saya dan abinya mempertimbangkan agar Aal masuk kelas Studio Renang agar bisa terus belajar dan mengembangkan kemampuannya.

Ya...setelah beberapa lama kami mempertimbangkan, akhirnya Aal kami daftarkan di kelas pre-school Studio Renang. Tapi kami mendaftarkannya di kolam outdoor saja (yang lebih murah, cuyy), setiap Selasa jam 15.00 sore. Saat itu harganya Rp1.000.000 untuk 12 kali pertemuan, harga bulan Desember 2019. 2020 harga sudah beda, Shaay...

Ini sudah dalam minggu ke-4 pertemuan, coach selalu lapor kemajuan, perkembangan, maupun kendala selama Aal belajar renang bersama beliau. Saya semakin bangga dengan kemajuan dan keberanian Aal yang insyaAllah semakin melesat. Setidaknya, renang bisa menjadi salah satu olahraga andalannya saat ini, karena renang sangat baik untuk tubuh dan pernafasannya.

Pertama kali belajar ngapung di free trial class, masih tegang.

Setelah mengikuti kelas dan sudah beberapa kali pertemuan, lebih santai dan sudah bisa mengapung sendiri.

Studio Renang, Sekolah Renang Terbaik di Batam.

Itu pendapat saya secara personal. Tiap orang tua pasti punya pertimbangan yang berbeda-beda dalam memilih tempat belajar renang yang terbaik untuk anak-anaknya. Soal kebisaan anak, menurut saya itu tergantung anaknya. Belajar renang di Studio Renang tidak menjamin anak pasti akan segera langsung bisa renang. Tentu banyak faktor lain yang harus mendukung anak agar bisa berenang dengan baik. Termasuk bagaimana latar belakang anak terhadap air? Pernah trauma, kah? Atau tidak biasa mandi berguyur (langsung siram dari atas kepala) dan lain sebagainya.


Saya berpendapat bahwa Studio Renang adalah sekolah atau tempat belajar renang terbaik baik di Batam karena beberapa fasilitasnya yang unggul, diantaranya:

1. Studio Renang sendiri lebih memfokuskan diri pada pendidikan akuatik dimana keterampilan anak dalam menyelamatkan diri sendiri di dalam air. Di beberapa negera luar, pendidikan akuatik ini sudah dijadikan salah satu kurikulum wajib untuk dipelajari anak-anak sejak dini.

2. Kolam indoor berair hangat yang menggunakan Sinar UV dan Ozone untuk memastikan kualitas air tetap Higienis dan bebas dari bakteri bakteri jahat yang tidak bisa di atasi oleh sistem filtrasi kolam konvensional tanpa menggunakan banyak bahan kimia. Itu membuat anak belajar renang lebih nyaman, bahkan bisa diikuti oleh anak bayi mulai dari usia 6 bulan. Tanpa takut dingin, angin kencang atau hujan deras.


3. Kolam outdoor pun tidak kalah bagusnya. Lokasi kolam renang selalu bersih, air jernih dan nyaman menjadi tempat belajar renang anak-anak. Biasanya anak-anak pre school ke atas yang belajar di kolam outdoor, tentunya mereka sudah lebih tahan dengan suhu air sejuk dan angin-angin yang lalu lalang di sekitar kolam.


4. Coach profesional dan bersertifikasi. Coach-nya sudah terdidik untuk melatih anak mulai dari bayi hingga usia sekolah. Mereka melatih anak berenang dengan cara yang fun dan tidak membosankan. Misalnya dengan mengajak anak bermain, tertawa, bernyanyi dan lain sebagainya.

5. Tersedia ruang tunggu full AC. Ruangan ini khusus untuk orang tua yang menunggu anaknya belajar. Ruangannya cukup luas, tersedia 3 sofa untuk duduk dan menunggu. Tersedia juga 1 meja bundar untuk anak beserta kursi-kursi kecilnya, bisa dipakai untuk anak-anak yang sedang menunggu jadwalnya, atau adik-adik yang menunggu kakaknya sedang belajar renang. Oh ya, ruang tunggu ini mempunyai jendela besar yang menghadap langsung ke arah kolam renang, jadi orang tua tetap bisa memantau anaknya yang sedang belajar renang.




6. Kamar mandi dan toilet yang memadai dan bersih. Ini penting. Saya suka ilfeel dengan tempat umum yang toiletnya 'nggak banget', entah itu karena kotor, bau, apalagi kalau nggak ada airnya. Di sini tersedia 4 kamar mandi, 2 toilet, 1 westafel dan cerminnya, airnya dijaga agar selalu full seember besar dan ada shower juga untuk kamar mandinya.

6. Lifeguard yang selalu stanby memantau di area kolam renang, tatapannya seperti siap meloncat ke dalam air untuk menolong anak-anak yang tenggelam atau mengalami masalah di dalam air. Ya, semoga tidak pernah terjadi apa-apa, ya. Tapi setidaknya, kita tahu harus minta tolong ke siapa jika terjadi masalah di dalam air.


Itu dia beberapa fasilitas Studio Renang yang menurut saya menjadikan Studio Renang terbaik di Batam. Semoga tulisan ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi teman-teman yang sedang mencari tempat les atau sekolah renang untuk anak-anaknya, ya.

Tonton juga video di youtube Cerita Umi tentang Studio Renang di bawah ini untuk tahu lokasi Studio Renang dan pengalaman anak saya belajar renang di sana, ya!



You May Also Like

2 comments

  1. Free trial ini untuk semua umur ya mbk? kl mau ikutan trial daftar dl kesana?

    Btw anakku termasuk yg kalo mandi gak mau diguyur dari kepala. Diusap mukanya pake air aja gelagapan ��

    kl aal enggak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah nggak mba, emg dibiasain guyur dr bayi. Maryam juga sama. Coba DM ke IGnya @studiorenang mba, nanyain ttg info free trial..

      Delete