Serunya Mengeksplorasi Robot-Robot Berprestasi Milik Politeknik Negeri Batam

by - 10:24 AM

Robot Politeknik Negeri Batam

Serunya Mengeksplorasi Robot-Robot Berprestasi Milik Politeknik Negeri Batam -Jumat, 30 Agustus 2019, Yayasan Gelora Madani Batam (GEMA Batam) mengadakan kegiatan Robotic Explorer bekerja sama dengan Program Studi Robotika Politeknik Negeri Batam. Wacana kegiatan ini membutuhkan persiapan yang tidak lama karena Alhamdulillah pihak Politeknik Negeri Batam juga sangat welcome menyambut rencana kegiatan yang edukatif ini.


Robotic Explorer ini awalnya hanya membuka slot untuk 20 anak saja, menargetkan anak-anak berusia sekitar 4 sampai dengan 13 tahun. Tapi melihat antusias para orang tua dan anak-anaknya yang luar biasa, akhirnya GEMA Batam menambah slot peserta yang cukup banyak, tentunya atas izin dari pihak Politeknik Negeri Batam juga. Dari yang awalnya rencana peserta 20 anak menjadi 36 anak plus pendampingnya (orang tua peserta) sekitar 26 orang. Luaar Biasa!

"Sehubungan dengan masuknya era industri 4.0 dan society 5.0, anak-anak perlu dibekali pengetahuan tentang robotika sejak dini. Apalagi, robot-robot Politeknik Negeri Batam memang sudah mempunyai segudang prestasi, baik di ranah nasional maupun internasional", ujar Fendi Hidayat selaku ketua dari GEMA Batam menjelaskan tentang latar belakang kegiatan ini diselenggarakan.

Lokasi kegiatan ini bertempat di lantai 2 gedung utama Politeknik Negeri Batam, di ruangan tim robot Politeknik Negeri Batam. Kegiatan ini dimulai pada pukul 15.00 wib dan dibuka oleh Mbak Rezka selaku staf Politeknik Negeri Batam, sambutan dari Bapak Fendi Hidayat selaku ketua Yayasan Gelora Madani Batam dan Bapak Henda sebagai Kepala Program Studi Robotika sekaligus perwakilan dari Politeknik Negeri Batam.

Ketua Yayasan Gelora Madani Batam, Bapak Fendi Hidayat.

Kepala Program Studi Robotika sekaligus menjadi perwakilan dari Politeknik Negeri Batam, Bapak Henda.

Begitu memasuki area robotika, kami takjub. Ruangan ini cukup luas karena memang dulunya ruangan ini adalah auditorium kampus. Sayangnya, ruangan ini masih sedikit berantakan karena memang masih dalam proses renovasi. Tapi peserta tidak menghiraukan hal itu, robot-robot yang ditampilkan justru lebih menyita perhatian mereka.

Peserta dan pendampingnya menyaksikan aksi robot pemadam api.

Robot-robot Politeknik Negeri Batam yang ditampilkan pada kegiatan Robotic Explorer ini antara lain robot pemain bola, robot pemadam api, robot penari jaipong, robot drone (terbang), robot pembawa barang (kuda) dan lain sebagainya. Kebayang, dong, gimana ekspresi peserta yang notabenenya adalah anak-anak? Jangankan anak-anak, emak-emaknya juga takjub!

Detik-detik robot pemain bola ini berhasil mencetak gol.

Memperhatikan seorang mahasiswa yang menjelaskan tentang robotnya.

Peserta yang penasaran dengan robot.

Dua robot penari.

Lucunya robot pemain bola yang berlari merebut bola, terjatuh lalu bangkit lagi, sampai akhirnya mereka berhasil mencetak gol dan penonton bersorak seru.Robot pemadam api juga tak kalah menggemaskan, bentuknya yang seperti laba-laba besar ini berkeliling mencari titik api yang tak juga ia temukan. Hehhe. Iya, apinya nggak ada mungkin khawatir dengan resikonya jika menyalakan api di depan anak-anak yang cukup ramai. Dan yang cantik, ada 2 robot penari yang lentur melambai mengikuti alunan musik jaipongan. Benar-benar sekeren itu robot Politeknik Negeri Batam!

Sekedar informasi, saya juga alumni Politeknik Negeri Batam tahun 2009. Robotika Polibatam dulu masih dipegang oleh Program Studi Elektronika dan sudah mempunyai robot-robot berprestasi di ajang Nasional maupun Internasional, salah satunya robot pemain bola ini. Finally, setelah sekian lama, baru kali ini saya melihat lagi perkembangan robotika di kampus tercinta ini. Ternyata...waw, masyaAllah, hebat! Dan kami bangga! #proudtobepolibatamalumny

Foto bersama anak dan para robot pemain bola.
Foto bersama peserta dan beberapa robot.

Peserta berkeliling menyaksikan aksi dari masing-masing robot. Peserta juga bisa bertanya perihal robot tersebut kepada beberapa mahasiswa jurusan robotika yang standby di sana.  Selain itu, peserta juga diberi kesempatan untuk mencoba simulasi pemograman robot yang disediakan khusus oleh pihak tim robotika Politeknik Negeri Batam.

Simulasi pemograman robot.

Kurang lebih satu jam waktu kami mengeksporasi ruangan robotika, kemudian kami lanjut ke Bangunan Laboratorium Hanggar Perawatan Pesawat Udara Politeknik Negeri Batam. Bangunan ini baru diresmikan pada bulan Juli 2019 lalu oleh Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Prof. Mohamad Nasir, Ph.D., Ak.  Ini merupakan fasilitas hanggar politeknik pertama di Indonesia, dan Batam patut bangga memiliki Politeknik Negeri Batam dengan fasilitas yang unggul.

Bangunan Hanggar Perawatan Pesawat Udara Politeknik Negeri Batam.
Berfoto di atas pesawat.

Capt. Muhammad Al Fatih. Hehe.

Di depan megahnya bangunan hanggar ini, terdapat 2 unit pesawat udara yang merupakan alat praktek mahasiswa jurusan Perawatan Pesawat Udara. Anak-anak berlarian dan bergantian untuk bisa berfoto bahkan masuk ke dalam pesawat. Sayangnya, Hanggar Perawatan Pesawat Udara ini masih dalam proses renovasi, sehingga peserta belum diizinkan masuk ke dalam hanggar. Semoga nanti akan ada kesempatan lagi untuk mengeksplorasi hanggar Politeknik Negeri Batam bersama GEMA Batam tentunya..

Hari sudah menunjukkan pukul 5, itu artinya kegiatan telah usai. Ditutup dengan penyerahan cindera mata dari masing-masing perwakilan GEMA Batam dan Politeknik Negeri Batam. Tidak ketinggalan juga foto bersama peserta Robotic Explorer sebagai kenang-kenangan yang sangat berkesan ini.

Foto bersama sebagian peserta, pendamping, perwakilan Politeknik Negeri Batam dan GEMA Batam.

Semoga kedepannya akan ada lagi kegiatan yang edukatif, inspiratif dan bermanfaat bagi generasi-generasi bangsa dari GEMA Batam. Teruslah maju untuk menebar manfaat. Dimulai dari satu kelompok kecil yang positif, terus maju dan berkembang membawa kebaikan pada peradaban. Semoga Allah memberi kemudahan dan kekuatan kepada kita yang ingin terus berjuang menjadi manusia yang bisa memberi manfaat kepada sesama. Aamiin.

“Sebaik Baik Manusia Adalah Yang Paling Bermanfaat Bagi Orang Lain”

You May Also Like

0 comments