Hal Seru Yang Bisa Dilakukan Anak Sebelum Kembali Bersekolah

by - 7:49 PM



Hal Seru Yang Bisa Dilakukan Anak Sebelum Kembali Bersekolah - Pandemi ini membawa pengaruh yang luas banget di kehidupan kita, terutama pendidikan anak-anak. Halaman sekolah yang tadinya diramaikan oleh anak-anak, sekarang sepi, tidak ada lagi anak-anak yang bermain lari-lari.

Ya, sistem pendidikan berubah, anak-anak diharuskan belajar dari rumah secara daring. Bagi orang tua yang punya anak balita, yang seharusnya sudah mulai memasukkan anak-anaknya ke sekolah TK atau Playgroup pun galau. Bagaimana caranya anak balita yang sekolah TK/PAUD/Playgroup belajar secara daring?? Apa yang mereka pelajari? Bisakah anak-anak ini mengikuti pelajaran bersama guru dari jarak jauh? Secara usia mereka kan masih sangat kecil-kecil, yaa..

Saya punya anak yang usianya masih berusia 4,5 tahun, saya memutuskan untuk menunda memasukkannya ke sekolah formal apapun. Meskipun belum bersekolah formal dimanapun, tapi kita bisa kok menciptakan banyak hal seru sebelum kembali bersekolah. Tentunya dengan kita, para orang tua..

Hal Seru Yang Bisa Anak Lakukan Sebelum Kembali Bersekolah

Banyak hal seru yang bisa kita lakukan bersama anak-anak di rumah selain bermain dengan mainan-mainan biasa, yaa. Diantaranya adalah:

1. Menggambar bersama

Kita cukup sediakan buku menggambar serta alat tulis atau alat mewarnai di rumah. Ayah dan Bunda bisa ikutan, nih, pasti akan lebih seru! Toh, di sekolahan TK/PAUD/Playgroup anak-anak belajar menggambar dan mewarnai, kan?

2. Membaca buku bersama

Membaca buku itu seru, lho! Dengan membacakan buku kepada anak-anak balita, diharapkan anak-anak mencintai buku. Mencintai buku bukan berarti anak harus cepat bisa membaca, tetapi agar anak suka membaca dan merasa butuh untuk membaca.

3. Memasak bersama

Ini salah satu kegiatan favorit kami! Tidak perlu masak masakan yang rumit, membuat pizza cukup simple dan pasti disukai anak-anak. Anak-anak bebas berkreasi menghias topping pizza sesuka hati mereka, kemudian memakannya bersama.

4. Olahraga

Ada banyak jenis olahraga yang bisa kita lakukan di rumah bersama anak-anak, seperti senam, jalan pagi, bersepeda, atau sekedar berlari-larian teras rumah.

5. Screen Time

Tidak dipungkiri, kemajuan teknologi cukup menolong para orang tua masa kini untuk mengisi aktivitas anak-anak di rumah. Penggunaan gadget atau screen time ini harus hati-hati yaa, karena khawatir anak-anak malah kecanduan. Kita juga harus benar-benar memperhatikan konten yang dikonsumsi anak-anak, jangan sampai kontennya berdampak buruk terhadap anak atau mungkin tidak pas dengan usianya.

Nah, membahas soal konten screen time anak-anak yang pas, saya temukan channel youtube karya anak bangsa yang isinya lagu-lagu edukatif untuk anak-anak, namanya Hoala dan Koala. Lagu-lagunya relate banget sama keadaan kita saat ini, seperti cara mencuci tangan yang benar, jalan pagi, olahraga, anak-anak di rumah saja, saling membantu dan lain sebagainya. Mendengar dan menyanyikan lagu-lagunya bersama anak-anak pun menjadi hal seru yang bisa kita lakukan bersama anak-anak di rumah.

Hadirnya Hoala dan Koala menjadi angin segar bagi para orang tua yang ingin merekomendasikan lagu-lagu yang cocok untuk anak-anaknya. Apalagi, jaman sekarang susah banget yaa cari lagu anak-anak yang cocok, malah kadang ada penyanyi cilik tapi lagunya agak kedewasa-dewasaan. Beda banget dengan jaman kita kecil dulu, banyak lagu-lagu anak yang bagus dan pas untuk anak-anak, bahkan masih teringat sampai sekarang.

Kenalan Dengan Hoala dan Koala


Hoala dan Koala adalah karakter musikal fiktif yang divisualisasikan dengan animasi 3D buatan Indonesia. Lagu-lagu yang dinyanyikan oleh Hoala dan Koala berlirik ringan dan mudah dipahami anak-anak, berisi pesan-pesan baik agar anak-anak juga bisa sekalian belajar melalui lagu. Untuk kualitas animasi 3D-nya, Hoala dan Koala cukup membanggakan dan pantas untuk go interntional!

Beberapa karakter yang ada di Hoala dan Koala:

1. Hoala: Anak perempuan berusia 3 tahun, gemar menyanyi dan menyukai susu rasa coklat dan strawberry. Hoala anak yang sangat cerdas dan pandai bernyanyi dengan merdu.
2. Koala: Koala adalah sahabat Hoala, merupakan seekor hewan yang bisa berbicara.
3. Miss Jeruk: Miss Jeruk adalah seorang peri baik hati yang berasal dari negeri di atas awan. Miss Jeruk selalu mendampingi Hoala dan kerap mewujudkan banyak keinginan Hoala.
4. Ayah & Ibu Hoala: Kedua orang tua Hoala yang sangat menyayanginya. Ayahnya adalah seorang pengusaha dan ibunya adalah seorang ibu rumah tangga yang suka menyampaikan nasihatnya dalam sebuah lagu.
5. Karakter hewan lainnya seperti Rubin, Lincul, Burhan, Bu Aya, Serigili, Om Pong, dan Om Bre.

Nah, itu dia kenalan singkatnya dengan Hoala dan Koala.. Semoga jadi nambah koleksi konten screen time-nya anak-anak yaa, Bund...

Ternyata banyak yaa hal seru yang bisa dilakukan anak sebelum kembali bersekolah, selain seru, juga bermanfaat!

Bagi Ayah dan Bunda yang anak-anaknya sudah mulai sekolah tatap muka, jangan lupa terus ingatkan anak-anak tentang cara mencuci tangan yang baik dan benar... Agar anak-anak tetap aman dan terus sehat. Ini saya kasih lagu dari Hoala dan Koala tentang mencuci tangan:


Sekian dulu yaa tulisan saya tentang hal seru yang bisa anak lakukan sebelum kembali bersekolah, semoga bermanfaat..

Terima kasih yaa, sudah membaca sampai akhir... :)

You May Also Like

0 comments