Cobain Jadi Pilot! Family Gathering HUT Blogger Kepri ke-8 Tahun di FlyBest Flight Academy

by - 1:17 AM


Cobain Jadi Pilot! Family Gathering HUT Blogger Kepri ke-8 Tahun di FlyBest Flight Academy - Selamat Ulang Tahun Blogger Kepri yang ke-8 tahun! Senang sekali karena perayaan ulang tahun Blogger Kepri kali ini bertepatan dengan libur anak sekolah. Jadi, Blogger Kepri mengadakan Family Gathering HUT Blogger Kepri ke-8 Tahun di FlyBest Flight Academy pada tanggal 25 Juni 2023. Meskipun sebenarnya, ulang tahun Blogger Kepri itu jatuh pada tanggal 2 Juli 2023.

Kalau biasanya family gathering diadakan di pantai-pantai atau tempat rekreasi lainnya, kali ini beda. Family Gathering di FlyBest Flight Academy yang berlokasi di MTC blok AG No. 1 Nongsa, Batam. Acara ini juga didukung oleh Lebah Travel Batam, salah satu travel agent terpercaya di Kota Batam. Pastinya owner Lebah Travel Batam, Kak Febry, juga member Blogger Kepri, dong. :) 

Nah, apa sih FlyBest Flight Academy itu??
Stay tune, yaa.. :)

HUT Blogger Kepri ke-8 Tahun, Family Gathering di FlyBest Flight Academy

Nggak kerasa Blogger Kepri sudah memasuki usia 8 tahun, itu berarti aku sudah bergabung dengan komunitas Blogger Kepri selama 6 tahun. Aku tidak pernah menyesal masuk ke dalam komunitas ini, aku jadi mengenal banyak teman-teman yang mempunyai kesukaan yang sama (nulis), teman-teman yang suka berbagi informasi (khususnya info job, hehe) dan juga kenalan yang banyak banget membagikan ilmu baru.

Semoga Blogger Kepri semakin jaya dan kompak selalu sampai bertahun-tahun kemudian, terus menebar manfaat dan menjadi wadah para blogger di Kepulauan Riau untuk terus semangat nulis, terus belajar dan produktif. Aamiin.

Perayaan ulang tahun Blogger Kepri yang ke-8 tahun ini diadakan di FlyBest Flight Academy yang merupakan sekolah penerbangan. Bagi teman-teman yang ingin menjadi pilot atau ingin mengambil license pilot, boleh nihh di Flybest Flight Academy.

Begitu mengetahui perayaan HUT Blogger Kepri yang ke-8 tahun kali ini di sekolah penerbangan atau sekolah pilot, para member Blogger Kepri sangat antusias sekeluarga. Iya, sekeluarga, karena memang acara ini untuk keluarga Blogger Kepri agar dapat mencoba simulator menerbangkan pesawat menggunakan mesin Redbird MCX. Mesin ini memang digunakan untuk sekolah penerbangan mulai dari siswa pilot hingga kru profesional. Wuih, keren nggak, tuhh... 

Canggih banget mesin Redbird MCX flight simulator.

Sebelum mencoba simulator menerbangkan pesawat, para member Blogger Kepri merayakan ulang tahun dengan sederhana namun bermakna. Acara dibuka oleh sambutan dari ketua Blogger Kepri Mbak Sri Murni, menyanyikan lagu Happy Birthday, pemotongan birthday cake yang bernuansa hijau orange dan terukir logo Blogger Kepri, doa bersama dan bercengkerama sesama member sambil menikmati kue dan beberapa hidangan.

Member Blogger Kepri & keluarga fokus menyimak.

Birthday Cake

Acara selanjutnya adalah pemaparan materi singkat dari Manager Flybest Academy, Mas Donni Gunawan yang merupakan seorang pilot yang profesional dan berpengalaman menerbangkan pesawat ke berbagai daerah. Mas Donni mengedukasi para member Blogger Kepri dan keluarga, bahkan anak-anak, apa-apa saja instrument di dalam pesawat, bagaimana cara menerbangkan pesawat, dan lain sebagainya.

Pemaparan materi dari Mas Donni, seorang pilot dan manager FlyBest Flight Academy (Photo by menixnews.com)


Basic Flight Maneuver oleh Mas Donni Gunawan

Menyenangkan ya menjadi seorang pilot, duduk di dalam cockpit, menerbangkan pesawat di saat senja sembari menikmati jingganya semesta. Untuk belajar menjadi pilot dan mendapatkan license pilot di FlyBest Flight Academy, tidak harus untuk bekerja sebagai pilot, tetapi juga bisa untuk teman-teman yang ingin menjadi pilot sebagai hobby (Private Pilot License). Menarik banget ya, FlyBest Flight Academy!

Sebelum menjelaskan tentang 4 dasar flight manuver secara umum, Mas Donni menjelaskan instrument yang ada di dalam pesawat yang disebut juga sebagai "Six Pack" dan juga flight control utama untuk menggerakkan pesawat yang disebut sebagai yuke dan rudder. Sebagai pemula, pastinya bingung ya, tapi akan lebih mudah dimengerti jika tidak hanya sekedar teori, tetapi juga praktek secara langsung. 



4 Basic Flight Maneuver:
  1. Straight and Level adalah manuver untuk mempertahankan posisi pesawat agar selalu dalam ketinggian yang sama dan selalu mengarah ke arah yang sama. Karena pasti sulit jika kita berbeda arah, kita tidak akan pernah menyatu. Apasiih.
  2. Climb adalah manuver untuk menambah ketinggian pesawat. Setelah melakukan climbing, kita bisa kembali ke posisi straight and level flight dengan menurunkan nose pesawat untuk mulai level-off. Level off dilakukan beberapa feet sebelum mencapai ketinggian yang diinginkan agar ketinggian tidak lewat.
  3. Turn adalah manuver untuk mengubah arah pesawat. Setelah melakukan turns, kita juga bisa kembali di posisi straight and level, ini disebut roll-out.
  4. Descents adalah posisi dimana pesawat menurunkan ketinggian secara terkendali. Descents dilakukan pada saaat sedang melakukan approach hingga landing, pada saat gliding, dan pada saat masih dalam perjalanan namun harus mulai turun dari ketinggian semula.
4 Basic Flight Maneuver


Pengalaman Serunya Simulasi Menjadi Pilot, Digital Flight Adventure

Setelah mendenganrkan pemaparan materi dan teori dari Mas Donni Gunawan, sekarang saatnya kita praktek! Dewasa dan anak-anak mulai dari usia 4 tahun sudah bisa mencoba menjadi pilot, menerbangkan pesawat flight simulator jenis Cessna 172 yang tedapat di FlyBest Academy ini, ya. Luar biasa antusias anak-anak, mereka pun antre menunggu giliran. Jangankan anak-anak, aku pun juga nggak sabar ingin mencoba menerbangkan pesawat.

Anak-anakku, Aal dan Maryam ikut mencoba. Meskipun awalnya Maryam sempat takut, tapi akhirnya dia berani mencoba setelah melihat beberapa anak-anak yang kelihatan happy setelah mencoba menerbangkan pesawat. "Seruu! Kayak beneran, loh.. Stirnya agak berat, sih.." Aal menanggapi. "Seru, lohh rupanya, tadi awalnya aku takut, sih. Hehehe." Maryam pun menambahkan.



Setelah sesi praktek anak-anak, tibalah waktunya member Blogger Kepri yang mencoba. Tidak kalah dengan anak-anak, kami pun mengantre sambil bergantian mendokumentasikan kesempatan ini. Sebelum memulai terbang, pilot yang mendampingi kita kembali menjelaskan kembali apa-apa saja instrumen di dalam cockpit seperti yang dijelaskan sebelumnya. Pelan-pelan, pesawatpun mulai bergerak maju dan take off. Wahh, luar biasa sekali sensasinya, benar-benar terasa nyata. Flight simulator yang menggunakan mesin Redbird MCX ini benar-benar bergerak, terasa nyata seperti benar-benar terbang, berbelok, hingga mendarat.

Kita juga mempraktekkan 4 dasar flight manuver yang sudah kita pelajari secara teori sebelumnya, yaitu straight and level, climb, turn, dan descents. View dari dalam cockpit sungguh realistic, view Kota Batam yang terlihat juga seperti nyata. Sayangnya view dari dalam cockpit bukan di senja, ya.. Hehehe.

"Bagaimana kalau kita gagal menerbangkan pesawatnya? Mungkinkah pesawat jatuh atau gagal take off/landing?" Jangan khawatir, pilot yang memandu juga dapat memegang kendali sehingga tidak akan membuat kita gagal bahkan sampai pesawatnya jatuh.

Sungguh pengalaman yang luas biasa, bisa coba duduk di dalam cockpit dan mencoba menerbangkan pesawat dipandu dengan pilot profesional. Flight simulator di FlyBest Flight Academy ini bisa menjadi salah satu wisata edukatif di kota Batam yang bisa dicoba oleh masyarakat umum. Tertarik?

Foto bersama member Blogger Kepri setelah selesai nyobain flight simulator.


Digital Flight Adventure, It's An Educational Adventure!

Sekarang siapapun boleh loh mencoba menerbangkan pesawat sendiri menggunakan full-motion flight simulator Cessna 172 yang ada di FlyBest Flight Academy untuk mempraktekkan 4 basic manuver yang sudah dibahas di atas. Pemandangan dari dalam cockpit juga realistic Kota Batam dengan 200° wrap-around full HD View.

Flybest Flight Academy membuka untuk umum bagi masyarakat yang ingin mencoba menjadi pilot selama 60 menit dengan biaya Rp 500.000. Kita juga akan dipandu oleh pilot dari Flybest Academy sampai akhir.

Digital Flight Adventure buka setiap hari,
Weekdays mulai pukul 16.00 WIB
Weekend mulai pukul 09.00 WIB

Bagi yang berminat, silahkan hubungi:
Donni Gunawan at donni@flybest.co.id / +62 812 6697 8692 (WA)

FlyBest Flight Academy
Lokasi: Ruko MTC blok AG No. 1 Nongsa, Batam.
Instagram: @flybestflightacademy & @wisatabatam.flightsimulator

---

Family Gathering dalam rangka HUT Blogger Kepri yang ke-8 tahun kali ini benar-benar mengesankan, terima kasih kepada FlyBest Flight Academy, Blogger Kepri dan Lebah Travel Batam yang sudah mendukung acara ini sehingga terlaksana dengan baik dan lancar hingga akhir, Alhamdulillah, kami dan anak-anak bahagia! Hehehe.

Berikut adalah video keseruan kami mencoba flight simulator FlyBest Flight Academy:




Terima kasih sudah membaca sampai akhir, semoga bermanfaat.. :)

You May Also Like

7 comments

  1. keren kk bisa jadi pilot dadakan, hehe...

    ReplyDelete
  2. Makasih infonya.Laila Nurhayati

    ReplyDelete
  3. udah ngk penasaran lagi ya mbk duduk di ruang Pilot itu kek mana sih, yang jelas seru dan menantang 🤗

    ReplyDelete
  4. aku yang di batam bertahun tahun baru tahu kalau ada sekolah pilot di batam

    ReplyDelete
  5. Selamat ultah blogger kepri, sayang saya tak bisa dtang. Tapi saya senang hutnya dirayakan ditempat yang kece. Bahkan pertama kali ada kue. Smga kita makin solid ya.

    ReplyDelete
  6. Selamat milad blogger kepri... Aku baru join juli kemarin, duh kalo aku join sblmnya bisa ikut acaranya nih, dekat rumah.. Hehe... Keren yaa mbak acaranya bisa dadakan jadi pilot

    ReplyDelete
  7. Pengin coba lagi nerbangkan pesawat ah dan selanjutnya bisa ikut nerbangkan pesawat benerN... Seru bgts pastinya

    ReplyDelete