Melatih Kemandirian Anak Yang Menyenangkan Menggunakan Star Chart

by - 2:49 PM


Melatih kemandirian anak memang susah susah gampang. Kadang untuk mengajaknya mandi saja butuh drama. Ya begitulah pergulatan para emaks setiap harinya, sabar mak, insyaAllah semua ini akan berlalu dan kelak akan dirindukan.

Memutar otak sembari berselancar cantik di Google dan akhirnya kami mengenal Star Chart untuk mencatat berbagai prestasi anak setiap harinya dengan stiker bintang atau lainnya. Papan Star Chart ada yang jual, sih. Tapi kami lebih memilih untuk membuatnya sendiri agar bisa disesuaikan dengan kebutuhan Aal. Bintang-bintang yang dikumpulkan akan ditukarkan sebagai reward. Bisa berupa uang, makanan/jajanan kesukaannya, pergi ke tempat favoritnya, dan lain sebagainya dengan kesepakatan bersama keluarga tentunya (Ayah, Ibu dan Anak yang bersangkutan).

Hari ini adalah hari ke 6 kami menerapkan Star Chart untuk Aal di usianya 3 tahun 8 bulan. Hasilnya Alhamdulillah sangat baik, tidak perlu "boros kata-kata" (baca: ngomel), loh Maks. Hehehe. Sekarang cukup bilang, "Sayang, yuk buruan mandi.. Biar bersih, segar, dapat bintang lagi..",
"Sayang, ayo sholat, sudah adzan Dzhuhur, loh. Dapat pahala dari Allah, dapat bintang dari Umi, nanti kita tempel sama-sama.". Alhamdulillah, anak lebih semangat beraktifitas sehari-hari sesuai jadwal yang disepakati bersama. Contohnya aktifitas Aal: mandi, gosok gigi, berpakaian, sarapan, sholat, murojaah (mengulang-ulang hafalan), menyayangi adiknya dan lain-lain.

Lembar pertama saat memulai Star Chart Aal

Selain melatih kemandirian anak dalam beraktifitas, Star Chart bisa menjadi ladang usaha buat Aal. Untuk sekarang ini, bintang ditukarkan dengan nominal uang dan kami beri istilah gajian. Jadi Aal gajian dari hasil bintang-bintang yang dikumpulkannya selama satu minggu dan dihitung bersama setiap hari Sabtu. Kadang terasa seperti Aal sedang main game, dia melakukan aktifitas, mengumpulkan bintang, bintang-bintang yang terkumpul bisa menjadi reward. Semakin banyak bintang, semakin banyak pula reward yang ia dapatkan.

 Video Aal sat gajian pertama dari Star Chart

Menurut kami, cara ini bisa membuat dia fun menjalankan hari-harinya. Ya, seperti layaknya dia bermain sebuah game yang menyenangkan. Tujuan utama tetaplah melatih kemandirian, membangun kebiasaan dan karakter baik, berusaha atau bekerja keras dan menabung (kalau reward berupa uang). Nah, untuk Uminya, bertujuan untuk meminimalisir pemborosan kata-kata (ngomel), mempertahankan kewarasan dan kestabilan emosi. Hehehe.

Semoga bermanfaat ya, Maks. InsyaAllah akan di-review kembali Star Chart-nya Aal setelah beberapa lama berjalan.

Mainan optimus prime yang sudah lama dia incar, didapat dari uang gajinya
Terima kasih.. 😊

Batam, 17 Desember 2017
Juli Yastuti

You May Also Like

1 comments