Membaca Buku Bersama, Cara Asyik Mengenalkan Allah Kepada Anak

by - 4:55 PM

Membaca(kan) buku bersama Aal di sore hari.

Seperti biasa, setiap harinya saya bertanya kepada Aal, "Aal mau baca buku yang mana, sayang?", dia mencari dan memilih satu buku. Kali ini tentang Seri Cerita Balita: Aku Sayang Binatang, masih satu seri dengan buku yang kemarin.

Buku ini juga bermanfaat untuk Maryam, banyak gambar binatang yang menarik perhatiannya, apalagi kucing, Maryam suka sekali kucing. Jadi, kadang Aal memilih buku ini karena adiknya yang juga suka buku ini. MasyaAllah..



Sore itu, kami duduk di teras rumah, Maryam sedang tidur. Aal minta saya bacakan buku ini, akhirnya saya membacakan buku ini untuk Aal di teras rumah dengan ditemani semeriwing angin sore di waktu 'we time' kami. Buku ini bercerita tentang Sali yang sayang dengan binatang, misalnya sapi yang bisa menghasilkan susu yang enak dan bergizi, lebah yang menghasilkan madu penuh khasiat, kucing teman bermain yang seru, burung yang berkicau, dan banyak lagi.

Dari buku ini, saya mengenalkan anak-anak bahwa binatang ini juga makhluk ciptaan Allah. Allah hebat bisa menciptakan makhluk yang sangat bermanfaat bagi kita. Hal ini juga menjadi salah satu cara mengembangkan fitrah keimanannya dan untuk membuatnya lebih mengenal Allah dan makhlukNya dengan cara yang asyik lewat buku ini.

Malam harinya, Aal minta dibacakan buku ini lagi, kali ini juga bersama Maryam. Senangnya membacakan buku untuk mereka, Maryam perhatiannya selalu heboh kalau sudah melihat gambar kucing, hehehe.

Membaca(kan) buku bersama Aal dan Maryam sebelum tidur.


Daun Kedua di Pohon Literasi Aal

Sejak awal, Aal sudah request agar ada burung-burung yang hinggap di pohonnya. Akhirnya saya cetak dan gunting gambar burung yang saya dapat dari google.

Pohon literasi Aal dihinggapi burung.

Tadaa! Jadilah pohon literasi Aal dihiasi burung-burung. Maryam pun excited melihat pohonnya, riang sekali dia tertawa sambil belajar bicara "bu..bu..bu..", 'burung' maksudnya.

Daun kedua.

Daun literasi yang kedua ini berbeda dari daun sebelumnya yang ditulis sendiri oleh Aal. Kali ini Aal meminta saya yang menuliskannya, tapi dia sendiri yang mengguntingnya. It's OK, namanya juga Aal lagi belajar ya, Nak.

Juli Yastuti

#harike2
#gamelevel5
#kuliahbunsayIIP

You May Also Like

0 comments