Aliran Rasa: SEMUA ANAK ADALAH BINTANG

by - 6:39 AM


Materi kelas bunda sayang sesi #7 kali ini bertema "Semua Anak Adalah Bintang". (Baca: Review Materi Semua Anak Adalah Bintang). Materi ini sangat bermanfaat bagi saya. Membuka kembali mata para emak-emak untuk melihat cahaya bintang yang indah di dalam diri masing-masing anaknya.

Tidak bisa dibandingkan, karena tiap anak tidak harus sama. Mereka terlahir berserta keunggulannya masing-masing. Lalu tugas kita apa? Membantu mereka untuk terus menyinari cahayanya, bukan malah meredupkannya.

Ada satu bahasan yang saya suka di materi sesi #7 ini, berikut saya tuliskan sedikit, ya!

"Anak-anak bukanlah milik kita, dia adalah milik zamannya. Maka didiklah mereka sesuai zamannya. Mereka akan belajar mengapa mereka dilahirkan di zaman sekarang ini, dan apa saja tantangan yang harus mereka hadapi. Bantu anak untuk mempersiapkan dirinya sehingga percaya diri menghadapi zamannya."

Di masa sekarang, teknologi dan sosial media menjadi juara. Bahkan anak kecil sudah punya akun sosial media, sampai-sampai anak kecil sudah punya akun youtube segala. Salahkah? Tidak, kok. Justru buatlah mereka harus menaklukkan teknologi, bukan mereka yang diperalat oleh teknologi.

Saya tidak melarang Aal memakai gadget, tapi saya hanya membatasi porsinya. Di gadget, Aal menggunakan aplikasi untuk belajar anak sesusianya, tapi kadang tak sengaja dia bisa melihat iklan game yang tidak pernah saya izinkan untuk dia mainkan.

Dia penasaran dan bertanya, tapi saya selalu bilang, "itu gamenya kurang bermanfaat, lah, nggak ada pelajarannya untuk usia Aal. Kan Aal suka menggambar, bagus-bagus banget gambarnya. Nanti Aal bisa buat game yang bagus dan bermanfaat untuk teman-teman Aal. Ada waktunya nanti Aal boleh pakai laptop dan menggambar di laptop, biar bisa jadi game, buku, atau film gambarnya. Keren, kan?" Matanya pun berbinar..

Saya melihat ada cahaya di wajahnya saat ia menggambar dan menceritakan gambarnya. Saya berusaha agar ia percaya pada dirinya, bahwa Allah sudah menitipkan suatu kelebihan pada dirinya, dan saya ingin membantunya menemukan jawaban mengapa ia dilahirkan di muka bumi.

Jangan lupa bekali mereka dengan iman dan akhlak yang baik pula. Agar mereka tidak keluar jalur dan tidak mudah terpengaruh oleh kejamnya dunia.

Sayang sekali, di materi yang bermanfaat ini saya gagal lagi menyelesaikan tantangan 10 hari. Sedih. Entah kenapa, waktu yang biasa saya sisihkan untuk menulis  malah selalu terpakai untuk tidur. Masa' bulan puasa yang saya jadikan alasan? Mungkin saya yang belum bisa konsisten mengatur waktu, masih harus belajar lagi.

Ini adalah kali kedua saya gagal menyelesaikan tantangan 10 hari. Jika saya gagal lagi nanti, siap-siaplah dikeluarkan dari kelas. Hiks... Jangan sampai, Ya Allah. Perjuangan sudah lebih dari setengah jalan.

Semoga di materi dan tantangan sesi 8 nanti saya bisa menyelesaikan tantangan 10 hari. Semoga lulus bersama-sama dengan teman-teman yang juga berjuang dari awal. Bismillah, semangat, Juli!

#AliranRasa
#SemuaAnakAdalahBintang

You May Also Like

0 comments